9 Aturan Penting Dalam Memilih, Memakai, dan Menyimpan Bra

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/03/2020 . 4 mins read
Bagikan sekarang

Banyak perempuan yang sering kali salah dalam memilih dan memakai bra, padahal bra adalah pakaian yang dipakai sehari-hari. Kesalahan dalam memilih dan memakai bra ternyata dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Berikut adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh perempuan dalam hal pemilihan dan pemakaian bra.

1. Memilih bra hanya berdasarkan ukuran cup

Mungkin Anda membeli dan memilih bra sesuai dengan ukuran payudara, sehingga Anda kemudian menentukan bra berdasarkan ukuran cup-nya. Namun sebenarnya, ukuran lingkar dada juga penting. Ada bra yang ukuran cup-nya cocok dengan Anda namun tidak pas pada lingkar dada, entah itu kebesaran atau kekecilan. Contohnya, ada bra yang berukuran B namun lingkar dadanya berukuran A.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memilih bra yang sesuai dengan lingkar dada Anda, sehingga membuat Anda nyaman memakainya dan menghindarkan dari iritasi yang dapat terjadi jika memakai bra yang lingkar dadanya lebih kecil daripada lingkar dada Anda.

2. Saat mencoba bra, kaitkan dengan ketat

Ketika Anda mengukur lingkar dada dengan bra yang ingin dibeli, maka sebaiknya Anda mencoba mengaitkannya pada kaitan yang paling luar. Hal ini disebabkan karena bra akan memelar kira-kira 3 inci selama Anda memakainya. Ketika bra sudah memelar, maka barulah Anda mengaitkan bra pada kaitan yang paling terdalam.

3. Menentukan cup yang sesuai

Jika Anda memakai bra dan kemudian ada bagian payudara Anda yang terlihat menyembul, maka cup tersebut masih tergolong kecil untuk Anda. Pilihlah cup yang tepat, sehingga ketika dipakai terasa penuh tanpa ada bagian yang terlihat menyembul.

4. Sesuaikan tali bra ketika memakainya

Jika tali bra ketika dipakai malah jatuh ke lengan dan tidak pas dengan ukuran bahu, maka bra tersebut masih terlalu besar untuk Anda. Hindari juga tali bra yang mengikat sangat kencang, karena akan menimbulkan iritasi pada kulit dan menyebabkan nyeri pada punggung.

5. Payudara kecil? Hindari bra berkawat

Kalau bra Anda berukuran kecil, maka lebih baik untuk tidak memilih model bra yang berkawat. Bra berkawat akan tidak nyaman jika dikenakan karena payudara yang disangga berukuran kecil. Sebaliknya, jika Anda memiliki ukuran payudara yang cukup besar, sebaiknya justru memilih bra dengan kawat, karena akan menjaga bentuk payudara Anda.

6. Menyesuaikan model bra dengan pakaian yang akan digunakan

Tentunya pakaian yang akan Anda gunakan menentukan model bra yang akan dipakai. Ketika Anda sedang ingin menghadiri pertemuan penting dan mengharuskan Anda memakai gaun, maka gunakanlah model bra yang tepat sesuai dengan model gaun yang akan digunakan. Jika gaun yang digunakan memiliki model pundak terbuka, sebaiknya Anda memakai model bra tanpa tali. Sedangkan jika Anda menggunakan kaos atau kemeja tipis berwarna putih, maka Anda dapat memilih bra yang berwarna senada dengan baju dan nyaman untuk digunakan.

7. Ganti bra setiap hari

Bra biasanya mudah melar karena bahannya yang elastis. Sehingga, memakai bra berturut-turut akan menyebabkan bra memelar dalam waktu yang singkat sehingga tidak nyaman untuk dipakai. Anda dapat mencuci bra dengan air dingin, untuk membantu bra kembali elastis dan menghindarkan bra memelar dalam waktu yang cepat. Setidaknya Anda harus mempunyai enam atau tujuh buah bra yang dapat Anda pakai bergantian setiap harinya.

8. Hindari memasukkan bra ke pengering (dryer)

Bra yang dicuci kemudian dimasukkan ke dalam pengering, akan cepat rusak dan memelar. Hal ini disebabkan karena bahan bra yang lembut dan elastis tidak tahan panas.

9. Bra dengan busa? Gantung, jangan lipat

Jika Anda memiliki bra yang cup-nya terbuat dari busa, maka lebih baik jika Anda menyimpannya dengan menggunakan gantungan dibandingkan dengan melipatnya menjadi satu, karena akan merusak cup­ bra tersebut.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Khasiat Mujarab Kacang Almond untuk Penderita Hipertensi

    Camilan yang gurih memang menggoda. Namun, sebaiknya mulai ganti camilan Anda dengan kacang almond, terutama untuk penderita hipertensi.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hipertensi, Health Centers 25/06/2020 . 5 mins read

    Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

    Cuci tangan bukan sekadar gosok, bilas, dan keringkan. Ada cara cuci tangan yang baik untuk benar-benar efektif bunuh kuman.

    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 4 mins read

    Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

    Selama ini Anda sudah mahir menjaga kebersihan diri atau belum? Ini dia tips-tips supaya tubuh selalu bersih dan bebas dari penyakit.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Hidup Sehat, Tips Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

    7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

    Kadar kolesterol tinggi bisa menghantui siapa pun. Pelajari sekarang juga apa itu kolesterol dan semua pertanyaan seputar kolesterol yang sering diajukan.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Nutrisi, Hidup Sehat 22/06/2020 . 5 mins read

    Direkomendasikan untuk Anda

    anak disunat

    Umur Berapakah Sebaiknya Anak Laki-laki Disunat?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 07/07/2020 . 4 mins read
    gejala penyakit yang diacuhkan

    8 Gejala Penyakit Berbahaya yang Sering Anda Abaikan

    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 03/07/2020 . 4 mins read
    mengatasi mimpi buruk

    Sering Mimpi Buruk? Ini Cara Mengatasinya

    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 02/07/2020 . 5 mins read
    mitos fakta cacingan

    Mengungkap Mitos dan Fakta Seputar Masalah Cacingan

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Willyson Eveiro
    Dipublikasikan tanggal: 29/06/2020 . 5 mins read