15 Manfaat Garam Selain untuk Masakan (Bisa Buat Bersih-Bersih, Lho!)

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/08/2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Salah satu bumbu pelengkap yang hampir tidak pernah lepas dari masakan adalah garam. Tapi, siapa sangka manfaat garam ternyata juga bisa jadi pembersih rumah tangga yang serba bisa!

Apa saja manfaat garam sebagai pembersih rumah tangga?

Berikut adalah beberapa manfaat garam untuk membersihkan perabotan sekitar rumah.

1. Membersihkan vas bunga

Setelah rangkaian bunga layu, kadang bekas air endapan bunga bisa meninggalkan jejak bekas kusam di dasar vas yang tidak sedap dipandang mata. Caranya: Gosokkan garam ke seluruh dinding bagian dalam vas, lalu cuci dengan air sabun. Jika tangan Anda tidak muat untuk masuk ke dalam, penuhi vas dengan air garam, kocok bersih atau gosok dengan sikat botol, kemudian bilas bersih.

2. Membersihkan mebel

Furnitur anyaman rotan bisa lapuk dan menguning jika dibiarkan tahunan di bawah sinar matahari dan polusi. Untuk menjaga keawetan mebel anyaman Anda, gosok dengan sikat kaku yang sudah dicelupkan terlebih dulu ke air garam hangat. Kemudian, keringkan di bawah sinar matahari. Lakukan ini setahun sekali atau dua tahun sekali.

Cara di atas juga bisa Anda terapkan untuk memelihara umur mebel kayu yang ketumpahan kuah atau air panas. Untuk mengangkat bekas embun gelas di permukaan mebel kayu, racik pasta dari 1 sdt garam dan setetes-dua tetes air. Gosok permukaan mebel kayu yang bernoda di sekeliling cetakan lingkaran bekas gelas dengan waslap lembut atau spons cuci piring hingga bekasnya menghilang. Lapisi mebel kayu Anda dengan polish baru.

3. Membersihkan karpet

Kadang, noda makanan seperti kuah, kopi, atau red wine, bisa tertinggal membandel di karpet tak peduli seberapa keras kita sudah menggosoknya. Begini cara membersihkan noda di karpet dengan garam:

  • Tumpahan kuah sup atau semur: Tutupi tumpahan noda dengan garam. Ini berfungsi untuk mencegah noda merembes ke segala arah. Kemudian, ikuti petunjuk membersihkan karpet sesuai instruksi.
  • Tumpahan minyak: Racik larutan garam dan alkohol dengan perbandingan 1:4. Celupkan kain bersih ke dalam larutan dan gosok noda bekas minyak kuat-kuat dengan mengikuti arah alur bulu karpet. Kemudian bilas dengan air.
  • Tumpahan red wine: Cepat-cepat seka dan keringkan sisa red wine yang masih menggenang di atas karpet, dan taburi area karpet yang bernoda dengan garam. Diamkan 15 menit. Garam kemudian akan berubah warna menjadi pink, karena menyerap sisa cairan yang ada dalam serat karpet. Setelahnya, gosok sisa noda dengan larutan 1/3 cangkir cuka putih dan 2/3 air.

4. Membersihkan noda kopi dan teh di cangkir

Cangkir kopi kesayangan akan cepat kusam berubah warna, dan bisa jadi permanen, jika Anda tak tahu cara merawatnya. Coba bersihkan cangkir dengan trik satu ini: Buat ramuan pasta dari setetes sabun cuci piring yang dicampur garam. Cuci gelas seperti biasa, dan keringkan. Jika noda membandel, campur cuka putih dengan garam dengan perbandingan 1:1, dan gosok cangkir dengan spons.

5. Menyingkirkan bau apek dalam sepatu

Sepatu kets dan kanvas lama-lama bisa mengeluarkan aroma tidak sedap jika terus-terusan dipakai tanpa pernah dicuci sekalipun, terutama jika Anda tidak pernah pakai kaos kaki saat memakainya. Singkirkan Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap (dan Cara Mengusirnya) memalukan tersebut dengan menaburkan sedikit garam di sol dalam sepatu Anda.

7. Membersihkan teflon (skillet cast-iron)

Teflon besi akan mudah karatan jika Anda mencucuinya dengan air. Begini cara membersihkan teflon besi yang benar: Sesudah selesai masak, tuangkan ¼ cangkir garam ke dalam wajan yang masih panas dan gosok dengan sikat kawat kaku. Lap dengan bersih, kemudian lapisi wajan dengan minyak mijek atau minyak sayur sebelum disimpan kembali. Tapi, jangan membersihkan penggorengan antilengket dengan cara ini karena sikat kawat bisa menggores lapisannya.

8. Membersihkan kulkas

Manfaat garam bukan cuma untuk membumbui bahan makanan yang Anda simpan di dalam kulkas, tapi juga bisa untuk membersihkan lemari pendingin itu sendiri. Setelah mengeluarkan seisi kulkas, campur segenggam garam dalam 3,5 liter air hangat. Gunakan spons yang dicelup air garam untuk membersihkan bagian dalam kulkas. Larutan air garam ini tidak bersifat keras, sehingga tidak akan menggores lapisan kulkas.

9. Mencegah cipratan minyak goreng

Bagi kebanyakan rumah tangga, tak ada situasi yang lebih menyeramkan dari zona perang selain bertarung menghindari cipratan minyak saat menggoreng makanan. Dan kadang, cipratan bukti perang ini tercetak jelas di dinding dapur dan permukaan kompor. Lain kali, tambahkan sedikit taburan garam ke dalam minyak goreng di wajan sebelum mulai menggoreng makanan yang rentan nyiprat.

10. Mengikis karat

Barang-barang yang terbuat dari besi tak luput dari karat mengganngu. Untuk mengatasinya, celupkan waslap bersih ke dalam larutan perasan jeruk nipis dan sejumput garam, kemudian gosok tepat di area yang berkarat.

11. Membersihkan piringan besi alat setrika

Tak peduli seberapa telatennya Anda menyetrika baju, kadang ada residu pakaian yang meleleh dan menempel bandel di permukaan besinya. Di sini Anda bisa memanen satu lagi manfaat garam sebagai pembersih perkakas rumah tangga. Pertama, panaskan setrikaan. Gelar potongan kertas koran di atas papan setrika dan taburkan garam di atasnya. Kemudian, gosok setrikaan panas di atas garam tersebut sampai kotoran yang menempel di besinya terkikis habis.

12. Membersihkan noda makanan di baju

Noda minyak atau saus di baju kadang bisa sulit untuk dihilangkan. Solusinya, taburkan garam di atas noda untuk menyerap minyak sisa dan mencegah noda semakin merembes ke segala arah. Sesampainya di rumah, cuci baju seperti biasa.

13. Menghilangkan noda keringat kuning di ketiak

Noda keringat kuning di ketiak baju bukan pemandangan yang sedap dipandang mata. Untuk mengatasi ini, larutkan 4 sdm garam dalam 1 liter air panas. Rendam pakaian dalam air garam dan biarkan sejenak sampai nodanya terangkat.

14. Mencegah benalu tumbuh makin liar

Benalu rumput yang tumbuh liar di pekarangan rumah bisa sangat sulit untuk dibasmi. Tapi Anda bisa memanfaatkan garam untuk mengatasi hal ini. Larutkan 1 cangkir garam dalam 1 cangkir air, dan rebus. Kemudian tuang air garam panas tersebut tepat di atas benalu untuk membasminya. Alternatif lain, cukup taburkan garam tepat di atas benalu atau rumput liar yang tumbuh di sela-sela batu atau patio pekarangan Anda. Siram dengan air atau tunggu hujan turun.

15. Membersihkan drainase air yang tersumbat rambut

Saluran air yang tersumbat bekas busa sampo, sabun, dan rambut rontok bukan hanya menjijikan, namun lama kelamaan bisa menggenangi kamar mandi Anda jika tidak dibersihkan dengan baik. Solusinya, larutkan 1 cangkir garam dan 1 cangkir baking soda dalam 1/2 cangkir cuka, kemudian tuang larutan tersebut tepat di atas gumpalan sampah tersebut. Tunggu 10 menit, setelahnya siram dengan 2 liter air panas. Buka keran air sampai air bisa mengalir dengan bebas.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

Apa Akibat Anak Sering Dibentak? Orangtua Perlu Tahu Ini

Membentak anak dapat memberikan dampak yang buruk. Apa akibat dari anak terlalu sering dibentak dan apa yang harus dilakukan orangtua?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Parenting, Tips Parenting 22/06/2020 . Waktu baca 8 menit

6 Sumber Stres Utama dalam Pernikahan

Tanpa Anda sadari, pernikahan mungkin menjadi penyebab Anda stres dan tertekan. Ayo cari tahu berbagai sumber stres dalam pernikahan dan cegah dampaknya.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 19/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Cara Membedakan Stres, Depresi, dan Gangguan Kecemasan

Setiap orang pernah mengalami stres. Tapi tidak semua orang mengalami depresi atau gangguan kecemasan. Lalu, apa bedanya stres dan depresi serta kecemasan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Psikologi 09/06/2020 . Waktu baca 6 menit

Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam Himalaya

Bahaya dapat mengintai Anda jika terlalu banyak mengonsumsi garam, termasuk garam Himalaya yang kini populer di sejumlah kalangan masyarakat.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Hidup Sehat, Fakta Unik 03/06/2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat prostat

Obat-obatan yang Bisa Digunakan untuk Mengatasi Penyakit Prostat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 05/08/2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
cara cuci tangan dengan benar

Sudah Benarkah Cara Cuci Tangan Anda?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 4 menit
menjaga kebersihan diri

Apakah Anda Termasuk Orang yang Cukup Bersih? Cek Dulu di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit