6 Manfaat Seledri yang Mengejutkan Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Siapa yang tidak tahu seledri? Sayuran ini sering dijadikan tambahan untuk mempercantik makanan atau teman bawang kering dalam kuah bakso. Siapa sangka daun hijau keriting kecil ini memiliki kandunga manfaat yang mengejutkan bagi tubuh? Seledri, yang memiliki nama ilmiah apium graveolens, merupakan sayuran dalam keluarga tanaman jenis apiaceae. Manfaat daun seledri antara lain menjadi sumber zat baik dari zat antioksidan dan beberapa vitamin lainnya, contohnya vitamin dan mineral seperti vitamin K, vitamin C, kalium, asam folat dan vitamin B6.

Penasaran manfaat apa lagi yang ada pada daun seledri? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat seledri bagi kesehatan

1. Menurunkan kadar kolesterol tubuh

Manfaat daun seledri yang tidak disangka adalah memiliki kandungan zat yang dapat menurunkan kolesterol, pastinya setelah itu berdampak baik bagi kesehatan jantung. Ekstrak daun seledri dapat menurunkan kolesterol, trigliserida, dan lipoprotein densitas rendah (low-density lipoprotein) pada penelitian yang dilakukan pada hewan coba tikus yang menjalani diet tinggi lemak. 

2. Mengandung anti oksidan dan anti inflamasi

Manfaat daun seledri yang satu ini sangat berguna bagi kesehatan. Ya, seledri mengandung zat antioksidan. Daun seledri mengandung banyak senyawa fenolik yang dapat memiliki sifat sebagai antioksidan dan aktif melawan radikal bebas. Daun seledri juga mengandung apiin dan apiuman yang dapat menekan proses peradangan.

3. Melindungi hati

Ekstrak metanol dari biji seledri ternyata mampu melindungi hati dari kerusakan akibat paracetamol dan karbon tetra klorida yang dilakukan di sebuah studi. Pada saat hati mengalami kerusakan, pemeriksaan laboratorium dapat menunjukkan hasil yang abnormal seperti peningkatan albumin, SGOT, SGPT, dan total protein. Namun ternyata dalam sebuah studi, ekstrak dari daun seledri dapat menurunkan hasil-hasil abnormal tersebut. Ketika jaringan hati dilihat di bawah mikroskop, ternyata terlihat adanya perbaikan struktur jaringan hati setelah pemberian ekstrak daun seledri.

4. Melindungi lapisan lambung

Studi pada tikus menunjukkan bahwa kstrak ethanol dari biji seledri ternyata dapat melindungi lapisan lambung dan menekan produksi asam lambung. Efek ini diduga merupakan hasil dari antioksidan-antioksidan yang ditemukan pada ekstrak ini seperti flavonoid dan tannin.

5. Pengusir nyamuk dan pembunuh larva

Minyak biji seledri dapat digunakan untuk membunuh larva Aedes Aegypti, yang merupakan nyamuk yang mengakibatkan demam berdarah dengue. Suatu penelitian juga mengatakan minyak seledri dengan campuran 5% vanillin dapat mengusir nyamuk dan bahkan lebih baik dari beberapa pengusir nyamuk komersil.

6. Menurunkan tekanan darah

Seledri memiliki n-butylphthalide yang memiliki efek menurunkan tekanan darah. N-butylphthalide dan sedanolide adalah zat-zat yang terdapat pada minyak seledri yang menimbulkan aroma khas seledri. Pada suatu studi pada tikus hewan coba, ekstrak biji seledri dapat menurunkan tekanan darah pada tikus yang mengalami hipertensi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waktu Paling Sehat untuk Minum Kopi Ternyata Bukan Pagi Hari

Anda penggemar kopi? Kapan Anda biasanya minum kopi? Jika jawabannya pagi hari, Anda salah waktu. Cari tahu waktu efektif minum kopi di artikel ini.

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

Cepat lelah dan kehabisan napas bisa jadi tanda kebugaran jantung dan paru-paru Anda kurang baik. Tapi bagaimana cara mengukurnya? Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Kebugaran, Hidup Sehat 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

Mau coba hal-hal baru di ranjang, tapi pasangan Anda malu berhubungan intim? Tenang, Anda bisa membangkitkan kehidupan seks Anda dengan beragam cara ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

Ketika Ada mengalami cedera kaki, mungkin Anda akan diminta untuk menggunakan tongkat penyangga (kruk) untuk berjalan. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kepribadian introvert ekstrovert kesehatan

Apakah Kepribadian Anda Introvert atau Ekstrovert? Ini Pengaruhnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 4 menit
gangguan pencernaan anak

Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Bayi dan Anak-Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 30 September 2020 . Waktu baca 10 menit
Seks dengan Lampu Menyala

6 Alasan Seks Lebih Menyenangkan dengan Lampu Menyala

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
teh tanpa kafein

3 Jenis Teh yang Tidak Mengandung Kafein

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit