Siapa yang tidak tahu seledri? Sayuran ini sering dijadikan tambahan untuk mempercantik makanan atau teman bawang kering dalam kuah bakso. Siapa sangka daun hijau keriting kecil ini memiliki kandunga manfaat yang mengejutkan bagi tubuh? Seledri, yang memiliki nama ilmiah apium graveolens, merupakan sayuran dalam keluarga tanaman jenis apiaceae. Manfaat daun seledri antara lain menjadi sumber zat baik dari zat antioksidan dan beberapa vitamin lainnya, contohnya vitamin dan mineral seperti vitamin K, vitamin C, kalium, asam folat dan vitamin B6.

Penasaran manfaat apa lagi yang ada pada daun seledri? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat seledri bagi kesehatan

1. Menurunkan kadar kolesterol tubuh

Manfaat daun seledri yang tidak disangka adalah memiliki kandungan zat yang dapat menurunkan kolesterol, pastinya setelah itu berdampak baik bagi kesehatan jantung. Ekstrak daun seledri dapat menurunkan kolesterol, trigliserida, dan lipoprotein densitas rendah (low-density lipoprotein) pada penelitian yang dilakukan pada hewan coba tikus yang menjalani diet tinggi lemak. 

2. Mengandung anti oksidan dan anti inflamasi

Manfaat daun seledri yang satu ini sangat berguna bagi kesehatan. Ya, seledri mengandung zat antioksidan. Daun seledri mengandung banyak senyawa fenolik yang dapat memiliki sifat sebagai antioksidan dan aktif melawan radikal bebas. Daun seledri juga mengandung apiin dan apiuman yang dapat menekan proses peradangan.

3. Melindungi hati

Ekstrak metanol dari biji seledri ternyata mampu melindungi hati dari kerusakan akibat paracetamol dan karbon tetra klorida yang dilakukan di sebuah studi. Pada saat hati mengalami kerusakan, pemeriksaan laboratorium dapat menunjukkan hasil yang abnormal seperti peningkatan albumin, SGOT, SGPT, dan total protein. Namun ternyata dalam sebuah studi, ekstrak dari daun seledri dapat menurunkan hasil-hasil abnormal tersebut. Ketika jaringan hati dilihat di bawah mikroskop, ternyata terlihat adanya perbaikan struktur jaringan hati setelah pemberian ekstrak daun seledri.

4. Melindungi lapisan lambung

Studi pada tikus menunjukkan bahwa kstrak ethanol dari biji seledri ternyata dapat melindungi lapisan lambung dan menekan produksi asam lambung. Efek ini diduga merupakan hasil dari antioksidan-antioksidan yang ditemukan pada ekstrak ini seperti flavonoid dan tannin.

5. Pengusir nyamuk dan pembunuh larva

Minyak biji seledri dapat digunakan untuk membunuh larva Aedes Aegypti, yang merupakan nyamuk yang mengakibatkan demam berdarah dengue. Suatu penelitian juga mengatakan minyak seledri dengan campuran 5% vanillin dapat mengusir nyamuk dan bahkan lebih baik dari beberapa pengusir nyamuk komersil.

6. Menurunkan tekanan baru

Seledri memiliki n-butylphthalide yang memiliki efek menurunkan tekanan darah. N-butylphthalide dan sedanolide adalah zat-zat yang terdapat pada minyak seledri yang menimbulkan aroma khas seledri. Pada suatu studi pada tikus hewan coba, ekstrak biji seledri dapat menurunkan tekanan darah pada tikus yang mengalami hipertensi.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca