6 Manfaat Seledri yang Mengejutkan Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 07/02/2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Siapa yang tidak tahu seledri? Sayuran ini sering dijadikan tambahan untuk mempercantik makanan atau teman bawang kering dalam kuah bakso. Siapa sangka daun hijau keriting kecil ini memiliki kandunga manfaat yang mengejutkan bagi tubuh? Seledri, yang memiliki nama ilmiah apium graveolens, merupakan sayuran dalam keluarga tanaman jenis apiaceae. Manfaat daun seledri antara lain menjadi sumber zat baik dari zat antioksidan dan beberapa vitamin lainnya, contohnya vitamin dan mineral seperti vitamin K, vitamin C, kalium, asam folat dan vitamin B6.

Penasaran manfaat apa lagi yang ada pada daun seledri? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat seledri bagi kesehatan

1. Menurunkan kadar kolesterol tubuh

Manfaat daun seledri yang tidak disangka adalah memiliki kandungan zat yang dapat menurunkan kolesterol, pastinya setelah itu berdampak baik bagi kesehatan jantung. Ekstrak daun seledri dapat menurunkan kolesterol, trigliserida, dan lipoprotein densitas rendah (low-density lipoprotein) pada penelitian yang dilakukan pada hewan coba tikus yang menjalani diet tinggi lemak. 

2. Mengandung anti oksidan dan anti inflamasi

Manfaat daun seledri yang satu ini sangat berguna bagi kesehatan. Ya, seledri mengandung zat antioksidan. Daun seledri mengandung banyak senyawa fenolik yang dapat memiliki sifat sebagai antioksidan dan aktif melawan radikal bebas. Daun seledri juga mengandung apiin dan apiuman yang dapat menekan proses peradangan.

3. Melindungi hati

Ekstrak metanol dari biji seledri ternyata mampu melindungi hati dari kerusakan akibat paracetamol dan karbon tetra klorida yang dilakukan di sebuah studi. Pada saat hati mengalami kerusakan, pemeriksaan laboratorium dapat menunjukkan hasil yang abnormal seperti peningkatan albumin, SGOT, SGPT, dan total protein. Namun ternyata dalam sebuah studi, ekstrak dari daun seledri dapat menurunkan hasil-hasil abnormal tersebut. Ketika jaringan hati dilihat di bawah mikroskop, ternyata terlihat adanya perbaikan struktur jaringan hati setelah pemberian ekstrak daun seledri.

4. Melindungi lapisan lambung

Studi pada tikus menunjukkan bahwa kstrak ethanol dari biji seledri ternyata dapat melindungi lapisan lambung dan menekan produksi asam lambung. Efek ini diduga merupakan hasil dari antioksidan-antioksidan yang ditemukan pada ekstrak ini seperti flavonoid dan tannin.

5. Pengusir nyamuk dan pembunuh larva

Minyak biji seledri dapat digunakan untuk membunuh larva Aedes Aegypti, yang merupakan nyamuk yang mengakibatkan demam berdarah dengue. Suatu penelitian juga mengatakan minyak seledri dengan campuran 5% vanillin dapat mengusir nyamuk dan bahkan lebih baik dari beberapa pengusir nyamuk komersil.

6. Menurunkan tekanan darah

Seledri memiliki n-butylphthalide yang memiliki efek menurunkan tekanan darah. N-butylphthalide dan sedanolide adalah zat-zat yang terdapat pada minyak seledri yang menimbulkan aroma khas seledri. Pada suatu studi pada tikus hewan coba, ekstrak biji seledri dapat menurunkan tekanan darah pada tikus yang mengalami hipertensi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apakah Wadah Plastik untuk Makanan Anda Aman Bagi Kesehatan? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Saat ini hampir semua tempat makanan atau minuman terbuat dari wadah plastik. Namun, sebelum menggunakannya, ketahui dulu kode dari masing-masing wadah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

4 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tanggal Kedaluwarsa

Setiap produk makanan kemasan pasti mencantumkan tanggal kedaluwarsa. Tapi, apa Anda sudah benar-benar memahami yang dimaksud dengan tanggal kedaluwarsa?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Amankah Minum Air dari Botol Plastik yang Sudah Hangat?

Ada yang bilang kita sudah tak boleh minum air yang disimpan dalam botol plastik hangat. Misalnya karena ditinggal di mobil seharian. Benarkah demikian?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 10/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Anda pasti tahu mengayuh sepeda tentunya lebih sehat dibanding naik mobil. Tapi, apa sebenarnya manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh kita?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

orgasme tanpa disentuh

3 Hal yang Bisa Membuat Anda Orgasme Tanpa Disentuh

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
pasien koma masih sadar atau tidak

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
tidak puas dengan pekerjaan berbahaya bagi kesehatan

Tidak Menikmati Pekerjaan di Masa Muda, Bisa Membahayakan Kesehatan di Masa Depan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 4 menit
resep pasta gandum

3 Resep Pasta Gandum Rendah Kalori yang Mudah Dimasak

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 14/07/2020 . Waktu baca 3 menit