Apakah Jari Tangan yang Putus Bisa Disambung Kembali?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Jari tangan termasuk salah satu bagian tubuh yang kerap mengalami cedera baik ringan maupun berat. Biasanya cedera paling parah terjadi ketika jari tangan putus saat mengalami kecelakaan kerja. Pertanyaannya, bisakah jari tangan yang putus disambung kembali? Berikut ulasannya.

Apakah jari tangan putus bisa disambung kembali?

penyebab jari bengkak

Semua orang pasti merasa panik saat mengalami cedera yang mengakibatkan jari tangan putus. Namun, jangan dulu khawatir  berlebihan. Pasalnya, jari yang terputus ternyata masih ada kesempatan untuk bisa disambung kembali. Bagian jari masih bisa disambung, asalkan Anda segera bertindak dan tak lebih dari 12 jam setelah jari terputus. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu bilas luka Anda dengan air atau larutan garam steril. Selanjutnya menghentikan perdarahan pada jari yang terpotong. Caranya dengan mengangkat jari atau tangan dalam posisi berdiri. Letakkan sejajar atau lebih atas dari jantung agar perdarahan berkurang dan meminimalkan pembengkakan.

Kemudian, hentikan perdarahan dengan memerban bagian jari yang terpotong. Hati-hati, jangan mengikatnya terlalu kencang. Setelah itu, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan ialah mengambil potongan jari yang putus dan menaruhnya dalam kain kassa yang lembap.

Jika tidak ada kain kassa, Anda bisa menggunakan handuk dengan bahan yang lembut. Ingat, handuk harus dalam keadaan lembap, tidak benar-benar basah hingga menampung air di dalamnya.

Setelah itu, yang perlu dilakukan ialah membungkus potongan jari tadi dengan kantong plastik atau wadah steril. Kemudian, letakkan potongan es batu yang telah dimasukkan ke dalam plastik pada wadah berisi potongan jari yang telah dibalut handuk.

Ingat, jangan sampai potongan jari tersebut bersentuhan langsung dengan es. Oleh karena itu, Anda wajib membungkusnya dengan handuk yang lembap. Jangan gunakan dry ice karena justru bisa merusak jaringan jari yang terputus secara permanen. Jika hal itu terjadi, potongan jari tersebut tidak bisa disambungkan kembali ke tempat asalnya.

Tidak semua jari putus bisa disambung kembali

jari sindaktili

Ternyata tidak semua cedera jari bisa disambung kembali. Selain karena terlalu lama, ada beberapa kondisi yang biasanya membuat jari tidak boleh disambungkan kembali, seperti:

Jari yang hancur atau terkontaminasi

Jika Anda mengalami cedera yang membuat jari hancur, dokter biasanya akan mengambil tindakan amputasi, bukan disambungkan kembali. Pasalnya, ketika jari hancur maka jaringannya pun otomatis akan hancur. Kerusakan jaringan yang terlalu banyak membuat jari tak bisa dan tak boleh disambungkan kembali.

Tak hanya itu, jika cedera Anda cenderung telah terkontaminasi dan kotor biasanya dokter juga tidak menyarankan untuk melakukan prosedur penyambungan. Ini karena potongan jari yang terputus dan dalam keadaan kotor akan menimbulkan banyak masalah jika disambung kembali.

Cedera satu jari

Jika Anda mengalami cedera satu jari, dokter biasanya lebih menyarankan Anda untuk mengamputasinya. Mengapa begitu? Hal ini karena menanamnya kembali cenderung menimbulkan lebih banyak masalah dibandingkan dengan mengamputasinya.

Cedera ujung jari

Sama seperti cedera satu jari, memasang kembali bagian ujung jari yang terputus cenderung menimbulkan lebih banyak masalah. Oleh karena itu, dokter biasanya hanya akan memberikan perawatan tertentu untuk membantunya lekas sembuh. Pasalnya, cedera di bagian ujung jari cenderung sembuh dengan cukup cepat, mudah pulih, dan tidak terlalu menganggu tampilan serta fungsinya secara keseluruhan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca