Menguak Potensi Ekstrak Cranberry untuk Menjaga Kesehatan Saluran Kemih

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 29/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Cranberry, buah kecil berwarna merah ini disebut-sebut mampu mencegah infeksi saluran kemih (ISK). Hal ini lantaran kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu menangkal penyebaran infeksi bakteri pada dinding kemih. Benarkah demikian?

Apa itu ISK dan siapa saja yang berisiko?

Cranberry disebut-sebut dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, terutama pada perempuan. Hal ini memang benar adanya.

Kandungan antioksidan di dalamnyalah yang membuat cranberry dapat mencegah ISK. Sebelum membahas soal ini lebih jauh, ada baiknya kita pahami lebih dulu soal infeksi saluran kemih atau yang orang lebih kenal dengan anyang-anyangan.

Dibandingkan pria, perempuan memiliki risiko yang lebih besar terkena infeksi saluran kemih (ISK) atau anyang-anyangan.

Hal ini disebabkan oleh letak anus perempuan yang lebih dekat dengan uretra (saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh) dibandingkan laki-laki. Akibatnya, bakteri bakteri dari anus dapat mencapai uretra lebih mudah.

Apakah infeksi saluran kemih hanya memengaruhi kesehatan kandung kemih saja? Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa infeksi saluran kemih dibagi menjadi dua, yakni infeksi saluran atas dan infeksi saluran bawah.

Pada infeksi saluran bawah, penyebab infeksi disebabkan oleh bakteri menyebar dari anus ke uretra dan kandung kemih. Di sinilah bakteri dapat menyerang jaringan dan menyebabkan infeksi.

Infeksi kandung kemih yang terjadi pada infeksi saluran bawah disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E. coli). Bakteri ini biasanya ditemukan dalam saluran pencernaan.

Sementara, infeksi pada saluran atas, infeksi menjalar ke ureter dan ginjal. Infeksi saluran kemih bagian atas disebabkan bakteri yang berada di kandung kemih menyebar naik ke ginjal. Bahkan, bakteri dapat berjalan melalui aliran darah dan menetap di ginjal.

Jika dibiarkan, komplikasi ISK bisa berlanjut. Selain mengalami ISK berulang, Anda juga berisiko mengalami kerusakan ginjal permanen jika tak diobati.

Meski ISK rata-rata dialami oleh perempuan, laki-laki juga dapat mengalaminya. Sebelum mengalaminya, tentu lebih baik mencegah terjadinya, salah satunya dengan mengonsumsi cranberry.

Bagaimana cranberry mencegah infeksi saluran kemih?

Kandungan antioksidan dalam cranberry terbukti dapat mencegah masalah infeksi saluran kemih. Cranberry mengandung fitonutrien, antioksidan unik yang disebut Proanthocyanidins tipe-A.

Proanthocyanidins tipe-A dapat mencegah E. coli menempel pada lapisan kandung kemih dan saluran kemih. Ketika bakteri tidak dapat menempel, tentu bakteri tidak berkembang biak di sana. Dengan demikian, infeksi pada saluran kemih bisa dicegah.

Selain dalam bentuk buahnya, kini Anda dapat menemukan ekstrak cranberry berupa suplemen. Konsumsi Proanthocyanidins tipe-A yang ada pada ekstrak cranberry, dipercaya mampu mencegah dan menekan risiko infeksi saluran kemih.

Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa cranberry dapat menghambat bakteri Proteus mirabilis. Bakteri ini juga ditemukan pada infeksi saluran kemih.

Studi yang diteliti oleh para ilmuwan teknik kimia di Montreal’s McGill University menunjukkan bahwa cranberry mampu mengurangi bakteri untuk memproduksi urease, enzim yang membantu penyebaran infeksi.

Studi McGill sebelumnya juga menemukan bahwa ekstrak cranberry dapat membatasi pergerakan bakteri yang ditemukan dalam ISK.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa cranberry terbukti dapat mencegah infeksi saluran kemih dan memelihara kesehatan kandung kemih Anda.

Setiap orang memang memiliki risiko terkena infeksi saluran kemih, terutama perempuan. Meski ada obatnya, tentu akan lebih mudah jika Anda bisa mencegahnya, bukan?

Selain menghindari berbagai kebiasaan yang bisa menyebabkan ISK, konsumsi ekstrak cranberry juga dapat menjadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan kandung kemih dan mencegah ISK.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Mungkin Anda kaget saat tahu kalau kelopak mata bengkak tiba-tiba. Ada banyak hal yang bisa bikin kelopak mata Anda bengkak. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit

5 Manfaat Vitamin D untuk Wanita Menopause yang Harus Diketahui

Tak hanya membantu menjaga kesehatan tulang, sejumlah khasiat dari vitamin D ini akan sangat bermanfaat untuk wanita menopause.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Nutrisi, Hidup Sehat 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit

Tips Mencegah Penumpukan Asam Penyebab Gigi Berlubang di Mulut selama Pandemi

Mencegah asam penyebab gigi berlubang di mulut dapat membantu menjaga kesehatan mulut selama pandemi. Simak tips mudahnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 07/07/2020 . Waktu baca 5 menit

4 Manfaat Cordyceps Militaris, Jamur yang Berkhasiat bagi Kesehatan Terutama untuk Pernapasan

Mari mengenal jamur cordyceps yang sejak dulu digunakan sebagai pengobatan tradisional Cina dan berbagai manfaatnya bagi kesehatan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Hidup Sehat, Fakta Unik 07/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makan malam lebih awal

Jangan Takut Makan Malam, Lebih Awal Justru Lebih Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
manfaat bersepeda

Yuk, Ketahui Beragam Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
penyebab cantengan; kuku cantengan

Mengapa Kuku Bisa Cantengan dan Bagaimana Mengobatinya?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 5 menit
anak perfeksionis

Memahami Anak Perfeksionis dan Cara Menghadapinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 7 menit