Merokok Lebih Berbahaya Bagi Wanita Dibanding Pria

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 9 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Terdapat 1,5 juta wanita meninggal dunia akibat merokok. Diperkirakan pada tahun 2030, ada 8 juta jiwa yang meninggal karena merokok dan 2,5 juta jiwa dari angka tersebut merupakan perokok wanita. Sekarang ini telah banyak produk rokok yang menyatakan produknya lebih aman dikonsumsi atau memiliki kadar tembakau yang lebih rendah, dan banyak wanita yang tertarik untuk mencoba produk rokok yang katanya ‘lebih aman’ dikonsumsi. Namun tentu saja pernyataan itu salah. Rokok tetap saja memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan, terutama untuk wanita.

Apa perbedaan perokok wanita dengan perokok laki-laki?

Merokok merupakan pengalaman tersendiri untuk seorang wanita. Beberapa perbedaan spesifik ditemukan antara perokok laki-laki dan wanita yaitu:

1. Alasan merokok

Nikotin yang terdapat pada rokok tampaknya memberikan efek yang berbeda pada laki-laki dan wanita. Sebuah penelitian menemukan bahwa laki-laki yang merokok akan merasa lebih bersemangat dan waspada, sehingga mereka menikmati perasaan positif yang muncul karena merokok. Sedangkan pada wanita, mereka beranggapan bahwa rokok dapat menimbulkan rasa relaks dan mengurangi stress. Selain itu, banyak wanita yang beranggapan bahwa dengan merokok, mereka dapat mengontrol berat badannya.

2. Ketergantungan

Secara keseluruhan, wanita mungkin merasa jauh lebih susah untuk melepaskan diri dari rokok dari pada laki-laki.  Kedua kelompok gender ini menjadikan alasan kesehatan untuk berhenti merokok. Menurut U.S. Centers for Disease Control and Prevention, diketahui bahwa wanita 3 kali lebih mudah gagal dalam usahanya untuk berhenti merokok dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini diakibatkan wanita cenderung mengalami perubahan emosional yang lebih sering dibandingkan dengan laki-laki, terutama ketika memasuki masa menstruasi. Dengan merokok, mereka beranggapan dapat mengontrol emosinya dan menghindarkan diri dari depresi.

Merokok lebih berbahaya bagi wanita, apakah benar?

1. Risiko serangan jantung

Wanita yang merokok berisiko 50% lebih tinggi mengalami serangan jantung dibandingkan dengan laki-laki yang merokok. Penelitian ini menyatakan bahwa ini berhubungan dengan interaksi antara tembakau yang ada di dalam rokok dengan hormon estrogen. British Medical Journal juga menyatakan bahwa wanita yang merokok lebih berbahaya dibandingkan dengan laki-laki yang merokok. Data penelitian dari University of Copenhagen yang melibatkan sebanyak 25.000 laki-laki dan wanita, menyatakan bahwa perempuan memiliki risiko 2,24 kali lebih tinggi terkena infark miokardium dibandingkan dengan  perokok laki-laki.

2. Risiko kanker paru-paru

Selain itu, Journal of the American Medical Association dalam penelitiannya menyatakan bahwa merokok lebih berbahaya untuk wanita karena dapat meningkatkan risiko kematian akibat kanker paru-paru. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa peningkatan risiko kematian akibat kanker paru-paru pada wanita yang merokok mencapai hingga 600%. Antara 1959 dan 2010, kanker paru-paru akibat merokok meningkat secara drastis. Peningkatan risiko kanker paru-paru pada laki-laki meningkat dua kali lipat, sedangkan pada wanita meningkat hingga sepuluh kali lipat. Diketahui bahwa saat ini, lebih banyak wanita yang meninggal akibat kanker paru-paru dari pada kanker payudara.

Infeksi virus human papillomavirus (HPV) yang sering terjadi pada wanita ternyata juga dapat meningkatkan risiko wanita yang merokok terkena kanker paru-paru lebih tinggi. Namun pada laki-laki tidak ditemukan hubungan antara virus HPV dengan kejadian kanker paru-paru. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa hormon estrogen disebut-sebut memiliki peran penting dalam kejadian kanker paru-paru pada wanita. Penelitian tersebut membuktikan bahwa terapi estrogen pada wanita yang menopause dapat meningkatkan risiko kejadian kanker paru-paru.

3. Kerusakan DNA

Fakta lain yang menyebabkan merokok lebih berbahaya pada wanita, yaitu DNA pada wanita tidak dapat pulih ketika mengalami kerusakan, tidak seperti laki-laki yang memiliki kemampuan memperbaiki DNA yang rusak lebih baik. Padahal, salah satu dampak merokok adalah kerusakan DNA yang dapat menimbulkan berbagai penyakit kanker.

Perbedaan dampak yang terjadi antara perokok wanita dan laki-laki mungkin disebabkan karena perbedaan fisiologis masing-masing gender. Namun hal tersebut tidak mengurangi nilai negatif yang sudah melekat pada rokok. Merokok tetap saja akan menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan seperti berbagai penyakit kanker, penyakit jantung, dan bahkan kematian.

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Psoriasis pada Kulit Kepala

    Selain menyebabkan kepala terasa sangat gatal, psoriasis kulit kepala juga bisa bikin rambut Anda jadi cepat rontok dari biasanya. Kenapa begitu, ya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

    Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Psoriasis pada Kuku

    Semua bagian tubuh bisa saja terserang psoriasis, termasuk kuku Anda. Simak ulasan lengkap tentang gejala dan perawatan psoriasis kuku dalam artikel ini.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Penyakit Kulit, Psoriasis 28 September 2020 . Waktu baca 7 menit

    Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

    Hati-hati jika punya riwayat penyakit ginjal kronis atau akut. Komplikasinya bisa merambat sampai otak, disebut dengan ensefalopati uremikum.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Urologi, Ginjal 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit

    3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

    Lama-lama, seks bisa jadi membosankan. Apakah artinya sudah tak saling cinta lagi? Bisakah hubungan suami istri terasa nikmat seperti dulu lagi?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Hidup Sehat, Seks & Asmara 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    Waktu Efektif Minum Kopi

    Waktu Paling Sehat untuk Minum Kopi Ternyata Bukan Pagi Hari

    Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
    Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    kebugaran jantung

    Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
    Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    pasangan malu berhubungan intim

    6 Tips Membantu Pasangan yang Malu Berhubungan Intim

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    cedera kaki pakai tongkat kruk

    Begini Cara Menggunakan Tongkat Kruk yang Benar Saat Sedang Cedera Kaki

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 4 menit