Benarkah Obat Bupropion Bisa Membantu Berhenti Merokok?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 25 September 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Bupropion adalah sejenis obat yang dijual di pasaran dalam beberapa merek seperti Zyban®, Wellbutrin®, atau Aplenzin®. Ini adalah obat resep anti-depresan dalam bentuk extended-release yang mengurangi gejala sakau nikotin.

Bupropion tidak mengandung nikotin. Obat ini bekerja pada bahan kimia di otak yang berkaitan dengan keinginan menggunakan nikotin. Bupropion sering diresepkan sebagai obat untuk berhenti merokok, dan bekerja paling baik jika obat ini dimulai 1 atau 2 minggu sebelum Anda berhenti merokok. Dosis bupropion yang sering digunakan adalah satu atau dua tablet 150 mg per hari.

Cara kerja Bupropion sebagai obat untuk berhenti merokok

Bupropion adalah pil yang Anda minum untuk mengurangi keinginan Anda untuk menggunakan tembakau. Cara kerjanya tidak sepenuhnya diketahui. Bupropion tidak mengandung nikotin dan tidak membantu Anda berhenti merokok dengan cara yang sama seperti terapi pengganti nikotin. Namun seperti obat lainnya, Bupropion mengurangi dorongan dan gejala putus nikotin (sakau nikotin).

Dokter juga meresepkan Bupropion untuk mengobati depresi. Namun, kemampuan Bupropion untuk membantu orang berhenti merokok tidaklah berkaitan dengan tindakan antidepresan. Obat ini dapat membantu Anda berhenti merokok meskipun Anda tidak mengalami depresi.

Anda harus meminum Bupropion setiap hari, mulai 1 atau 2 minggu sebelum berhenti merokok. Ini akan menumpuk kadar obat di dalam tubuh. Anda harus meminum Bupropion selama 7 sampai 12 minggu setelah berhenti menggunakan tembakau. Anda dapat meminumnya hingga selama 6 bulan sampai 1 tahun.

Siapa saja yang tidak boleh menggunakan Bupropion?

Bupropion digunakan pada orang yang merokok 10 batang atau lebih dalam sehari, dan yang minimal berusia 18 tahun. Dokter meresepkan obat ini untuk membantu orang saat mereka berhenti merokok.

Namun, Anda tidak boleh menggunakan Bupropion jika:

  • Anda sudah menggunakan obat lain yang mengandung Bupropion (seperti Wellbutrin)
  • Anda memiliki kejang atau kondisi medis lain yang membuat Anda rentan terkena kejang
  • Anda menggunakan monoamine oxidase inhibitor (MAOI)
  • Anda memiliki gangguan makan
  • Anda memiliki masalah kecanduan alkohol

Seberapa efektifkah Bupropion sebagai obat untuk berhenti merokok?

Bupropion bekerja sebaik terapi pengganti nikotin (NRT). Menggunakan Bupropion bersama dengan terapi pengganti nikotin (seperti patch nikotin, permen karet, atau inhaler) dapat meningkatkan peluang keberhasilan Anda.

Jika digunakan sesuai petunjuk, Bupropion dapat mengurangi:

  • dorongan kuat menggunakan nikotin
  • sifat lekas marah, gelisah, cemas
  • sulit berkonsentrasi
  • merasa tidak bahagia atau depresi

Apa efek samping yang mungkin terjadi akibat bupropion?

Efek samping yang umum terjadi akibat penggunaan bupropion untuk berhenti merokok adalah:

  • Mulut kering, dialami 1 dari 10 orang yang menggunakan Bupropion.
  • Sulit tidur (insomnia). Jika Anda menggunakan dosis pagi dan malam, menggunakan dosis malam di sore hari bisa membantu dalam masalah tidur. Minum dosis sore minimal 8 jam setelah dosis pagi.

Pada lebih dari 70 dari 100 orang yang menggunakan Bupropion, efek samping di atas menghilang dalam satu minggu setelah mereka berhenti menggunakan obat ini. Hanya sekitar 10 dari 100 orang yang harus berhenti menggunakan Bupropion dikarenakan efek samping tersebut.

Ada risiko  kecil untuk terkena kejang saat menggunakan Bupropion. Risiko ini meningkat jika Anda pernah mengalami kejang di masa lalu.

Mengapa saya masih ingin merokok meski sudah minum Bupropion?

Dorongan atau keinginan kuat untuk merokok dapat disebabkan oleh gejala putus obat (sakau). Namun, Anda juga bisa merasakan dorongan atau keinginan kuat untuk merokok saat Anda berasa dalam situasi dimana Anda biasa merokok.

Hal-hal tertentu yang bisa memicu keinginan merokok, seperti:

  • tempat di mana Anda biasa merokok, seperti di rumah, kantor, atau bar
  • orang yang biasa merokok bersama Anda, seperti keluarga atau teman, atau saat sedang sendiri
  • kebiasaan atau rutinitas di mana Anda terbiasa merokok, seperti saat minum kopi atau alkohol, berbicara di telepon, setelah makan, atau saat Anda ingin bersantai
  • emosi, seperti kemarahan, kebosanan, merasa tertekan atau sakit hati, atau untuk beberapa orang, saat mereka tidak bahagia

Menghentikan obat-obatan bekerja paling baik jika Anda juga mengurangi pemicu ngidam. Anda perlu memahami mengapa Anda merokok untuk dapat merencanakan cara mengatasi situasi tersebut. Orang-orang yang paling berhasil dalam menahan dorongan kuat untuk merokok menggunakan serangkaian strategi untuk membantu mereka. Membuat rumah Anda bebas rokok dan membuang rokok yang ada di rumah dan mobil Anda adalah strategi yang dapat membantu.

Jadi, apakah saya perlu Bupropion untuk berhenti merokok?

Seperti pengobatan lainnya, Bupropion bekerja paling baik jika obat ini termasuk dalam program yang mencakup menetapkan tanggal berhenti, memiliki rencana untuk mengatasi hal-hal yang membuat Anda meraih rokok (pemicu merokok), dan mendapatkan dukungan dari dokter, konselor, dan kelompok dukungan.

Menggunakan Bupropion bersama dengan terapi pengganti nikotin (seperti patch nikotin, permen karet, atau inhaler) bisa bekerja lebih baik daripada digunakan sendiri. Konsultasikan pada dokter sebelum Anda menggabungkan Bupropion dengan terapi pengganti nikotin.

Jika Anda sedang hamil, menyusui, atau berencana untuk hamil, jangan gunakan obat-obatan kecuali jika diresepkan oleh dokter. Beberapa obat dapat membahayakan bayi. Ini termasuk obat resep dan obat bebas, vitamin, herbal, dan suplemen. Selain itu, pastikan bahwa semua dokter Anda tahu bahwa Anda sedang hamil, menyusui, atau berencana untuk hamil.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Anda perlu memberikan perawatan yang tepat untuk mencegah infeksi atau timbulnya komplikasi setelah sunat. Perhatikan panduannya berikut ini, ya.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sering Dijadikan Wedang, Jangan Lewatkan 4 Manfaat Hebat Kayu Secang

Kayu secang sering diolah menjadi minuman wedang secang oleh orang-orang Jawa. Penasaran apa manfaat kayu secang untuk kesehatan? Klik di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Saraf Kejepit, Apa Penyebab dan Bagaimana Gejalanya?

Jika dibiarkan terjadi dalam waktu lama, kondisi ini bisa membuat saraf Anda rusak permanen. Apa saja yang menyebabkan saraf kejepit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Lainnya 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Zat aditif ada dalam setiap makanan kemasan. Biasanya sengaja ditambahkan untuk tujuan tertentu. Namun, apakah berbahaya bila dikonsumsi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Fakta Gizi, Nutrisi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

5 Manfaat Propolis, Getah Lebah yang Penuh Khasiat (Tidak Kalah dari Madu!)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit
manfaat buah stroberi

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
lemon dan madu

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
obat cacing kremi

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit