home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Daun intaran atau daun mimba yang dalam bahasa Inggris dinamakan neem tree adalah tanaman yang memiliki berjuta manfaat. Bukan hanya daunnya, ternyata satu pohon mimba ini dari kulit kayunya, biji, akar, bunga, dan buah bisa digunakan untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini.

Sekilas tentang tanaman mimba

Tanaman mimba yang memiliki nama asli Azadirachta indica adalah tanaman yang banyak ditemukan di negara tropis seperti India, Pakistan, dan Indonesia.

Tanaman ini dapat ditemui hampir di semua daerah. Hampir semua bagian dari pohon mimba mempunyai khasiat obat. Seringnya bagian dari tanaman mimba dijadikan ekstrak, minyak, atau direbus untuk diminum airnya.

Bagian-bagian pohon mimba dan segudang fungsinya

Daun dari mimba digunakan untuk penyakit kusta, kelainan mata, mimisan, cacingan, sakit perut, kehilangan nafsu makan, gejala maag, penyakit jantung, penyakit jantung, demam, penyakit gusi, dan juga penyakit hati.

Sari dari kulit kayunya digunakan untuk membantu pengobatan malaria, penyakit kulit, nyeri, dan demam. Kulit batang pohon mimba pada waktu tertentu setiap tahunya menghasilkan cairan dalam jumlah besar. Cairan inilah yang diminum sebagai obat penyakit lambung di India.

Bunga dari pohon ini juga bisa digunakan untuk membantu pengobatan wasir (ambeien), cacingan, gangguan saluran kencing, dahak, luka, dan kusta.

Ranting pohon mimba digunakan untuk membantu mengobati batuk dan asma. Biji dan minyak biji dari pohon ini digunakan untuk membantu penyembuhan kusta dan cacingan. Batang, akar, dan buah dari pohon ini bisa digunakan sebagai face tonic.

Apa saja fungsi daun mimba bagi tubuh?

Berikut fungsi daun mimba yang bermanfaat untuk kesehatan:

1. Antioksidan

Antioksidan membantu melindungi semua sel Anda dari efek radikal bebas. Daun mimba mengandung banyak flavonoid seperti quercetin, katekin, karoten, asam askorbat. Semua komponen tersebut merupakan sumber antioksidan. Tidak heran jika tanaman mimba juga sering dijadikan obat kulit. Apalagi bagian daun mimba memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi.

Senyawa-senyawa tersebut yang membantu mengurangi terjadinya kerusakan sel kulit mati. Bahkan, antioksidan pada tanaman mimba juga menjadi antiseptik sehingga dapat membantu mengatasi jerawat dan kemerahan di kulit wajah.

2. Antikanker

Daun mimba dapat digunakan sebagai obat pencegah terjadinya kanker. Pemberian ekstrak dari daun mimba secara efektif mampu menekan sifat karsinogen di dalam tubuh.

Dilansir dalam laman Livestrong, ekstrak dari daun mimba diduga berpotensi memiliki khasiat antikanker, yaitu membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

Sebuah penelitian tahun 2012 dalam Archives of Gynecology and Obstetrics menemukan bahwa penderita kanker serviks yang dirawat dengan pengobatan medis dan ekstrak mimba dapat mencegah peningkatan keparahan sel kanker sehingga dapat menurunkan risiko kematian akibat kanker serviks. Sementara itu, penelitian lain melaporkan bahwa ekstrak mimba memiliki efek antikanker pada pertumbuhan sel kanker prostat.

3. Antimikroba

Daun mimba memiliki khasiat antimikroba yang berpotensi membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan mikroba jahat (bibit penyakit). Penelitian dalam Dental Journal tahun 2011 menunjukkan bahwa minyak mimba yang terbuat dari biji pohon mimba dapat menurunkan pertumbuhan mikroorganisme pada rongga mulut.

Daun mimba juga mengandung senyawa bioaktif yang disebut dengan alkaloid, steroid, dan flavonoid, dan tanin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella dan E. Coli.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Hanoem EH, Wahjuni W, dan Dinda Dewi Artini. 2011. The Effectivness of Mimba Oil (Azadirachta indica A.Juss)) Spray Disinfectant on Alginate Impression. Dental Journal 44(4): 187-191

WebMD. 2009. Neem. [Online] Tersedia pada: https://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-577-neem.aspx?activeingredientid=577 (Diakses 8 Febuari 2018)

Marie Joanne.2017. What Are the Benefits of Using Neem Leaves?. [Online] Tersedia pada: https://www.livestrong.com/article/189117-what-are-the-benefits-of-eating-neem-leaves/ (Diakses 8 Febuari 2018)

Ketchum Dan. 2017. Does Neem Benefit Your SKin?. [Online] Tersedia pada: https://www.livestrong.com/article/75202-neem-benefits-skin/ (Diakses 9 febuari 2018)

Supriyanto, Simon, Rifa, Yunianta. 2017. Uji Fitokimia dan Aktivitas Antioksidan Ekstrak Daun Mimba. Prosiding SNATIF Ke-4


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tanggal diperbarui 26/02/2021
x