3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Daun intaran atau daun mimba yang dalam bahasa Inggris dinamakan neem tree adalah tanaman yang memiliki berjuta manfaat. Bukan hanya daunnya, ternyata satu pohon mimba ini dari kulit kayunya, biji, akar, bunga, dan buah bisa digunakan untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini.

Sekilas tentang tanaman mimba

Tanaman mimba yang memiliki nama asli Azadirachta indica adalah tanaman yang banyak ditemukan di negara tropis seperti India, Pakistan, dan Indonesia. 

Tanaman ini dapat ditemui hampir di semua daerah. Hampir semua bagian dari pohon mimba mempunyai khasiat obat. Seringnya bagian dari tanaman mimba dijadikan ekstrak, minyak, atau direbus untuk diminum airnya.

Bagian-bagian pohon mimba dan segudang fungsinya

Daun dari mimba digunakan untuk penyakit kusta, kelainan mata, mimisan, cacingan, sakit perut, kehilangan nafsu makan, gejala maag, penyakit jantung, penyakit jantung, demam, penyakit gusi, dan juga penyakit hati.

Sari dari kulit kayunya digunakan untuk membantu pengobatan malaria, penyakit kulit, nyeri, dan demam. Kulit batang pohon mimba pada waktu tertentu setiap tahunya menghasilkan cairan dalam jumlah besar. Cairan inilah yang diminum sebagai obat penyakit lambung di India.

Bunga dari pohon ini juga bisa digunakan untuk membantu pengobatan wasir (ambeien), cacingan, gangguan saluran kencing, dahak, luka, dan kusta.

Ranting pohon mimba digunakan untuk membantu mengobati batuk dan asma. Biji dan minyak biji dari pohon ini digunakan untuk membantu penyembuhan kusta dan cacingan. Batang, akar, dan buah dari pohon ini bisa digunakan sebagai face tonic.

Apa saja fungsi daun mimba bagi tubuh?

1. Antioksidan

Antioksidan membantu melindungi semua sel Anda dari efek radikal bebas. Daun mimba mengandung banyak flavonoid seperti quercetin, katekin, karoten, asam askorbat. Semua komponen tersebut merupakan sumber antioksidan.  Tidak heran jika tanaman mimba juga sering dijadikan obat kulit. Apalagi bagian daun mimba memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi.

Senyawa-senyawa tersebut yang membantu mengurangi terjadinya kerusakan sel kulit mati. Bahkan, antioksidan pada tanaman mimba juga menjadi antiseptik sehingga dapat membantu mengatasi jerawat dan kemerahan di kulit wajah.  

2. Antikanker

Daun mimba dapat digunakan sebagai obat pencegah terjadinya kanker. Pemberian ekstrak dari daun mimba secara efektif mampu menekan sifat karsinogen di dalam tubuh.

Dilansir dalam laman Livestrong, ekstrak dari daun mimba diduga berpotensi memiliki khasiat antikanker, yaitu membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker.

Sebuah penelitian tahun 2012 dalam Archives of Gynecology and Obstetrics menemukan bahwa penderita kanker serviks yang dirawat dengan pengobatan medis dan ekstrak mimba dapat mencegah peningkatan keparahan sel kanker sehingga dapat menurunkan risiko kematian akibat kanker serviks. Sementara itu, penelitian lain melaporkan bahwa ekstrak mimba memiliki efek antikanker pada pertumbuhan sel kanker prostat.

3. Antimikroba

Daun mimba memiliki khasiat antimikroba yang berpotensi membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan mikroba jahat (bibit penyakit). Penelitian dalam Dental Journal tahun 2011 menunjukkan bahwa minyak mimba yang terbuat dari biji pohon mimba dapat menurunkan pertumbuhan mikroorganisme pada rongga mulut.

Daun mimba juga mengandung senyawa bioaktif yang disebut dengan alkaloid, steroid, dan flavonoid, dan tanin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella dan E. Coli.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Konsumsi Kayu Manis Berlebihan, Hati-hati Risikonya untuk Kesehatan

Meski memiliki manfaat, perhatikan jumlah asupan kayu manis. Terlalu banyak mengonsumsi rempah ini memiliki risiko kayu manis yang berbahaya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

Pria kadang suka "keluar" duluan. Adakah cara agar seks menjadi lebih lama? Yuk simak berbagai cara tahan lama pria saat berhubungan seks di bawah ini.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Seksual, Tips Seks 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

7 Penyebab Hidung Meler serta Cara Mengatasinya

Hidung ingusan memang sangat menganggu Anda. Berikut tips yang bisa dilakukan di rumah untuk meringankan hidung meler, entah karena flu atau alergi.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 19 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

6 Penyebab Urat Anda Menonjol dan Terlihat Jelas di Kulit

Urat menonjol pada permukaan kulit memang kerap ditemui pada orang berusia lanjut. Lalu apa artinya kalau masih muda sudah mengalami kondisi ini?

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan, Informasi Kesehatan 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati tipes

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
buah zakar gatal

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
menghangatkan tubuh

6 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Sedang Kedinginan

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
suplemen herbal yang harus dihindari menjelang operasi

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit