home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tips Memutihkan Gigi Dengan Kulit Pisang

Tips Memutihkan Gigi Dengan Kulit Pisang

Gigi merupakan bagian yang seringkali menjadi perhatian banyak orang. Tak heran, banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk sekadar merawat bahkan memutihkan gigi. Namun, siapa sangka Anda juga bisa memutihkan gigi tanpa harus mengeluarkan banyak uang dengan pakai bahan-bahan alami yang mungkin sudah tersedia di rumah. Salah satunya adalah dengan kulit pisang. Jadi, siap untuk mencoba manfaat kulit pisang yang satu ini?

Manfaat kulit pisang untuk memutihkan gigi

Hasil dari penelitian sederhana dari Universitas Liverpool mengungkap bahwa kadar potasium, magnesium, dan mangan dalam kulit pisang dipercaya dapat membantu menghilangkan noda di permukaan gigi. Kandungan vitamin dan mineral ini juga membantu remineralisasi untuk menguatkan email gigi, sehingga mengurangi sensitivitas gigi.

Selain itu, kulit pisang juga memiliki kemampuan sebagai antibakteri yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Cara menggunakan kulit pisang untuk memutihkan gigi

Berikut ini langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan manfaat kulit pisang sebagai bahan pemutih gigi.

  1. Pilih pisang yang baru matang. Biasanya ditandai dengan sedikit warna hijau di bagian ujungnya. Pisang yang baru matang mengandung lebih banyak mineral dibandingkan dengan pisang yang masih mentah. Namun, jangan memilih pisang yang terlalu matang karena kulitnya biasanya sudah lembek dan sulit digunakan.
  2. Kupas pisang dari ujung bawah ke atas.
  3. Gosokkan bagian dalam kulit pisang ke gigi, sisi atas dan bawah, selama 1 menit. Pastikan tiap gigi terlapisi sepenuhnya dengan gosokan dari kulit pisang tersebut.
  4. Biarkan selama 10 menit agar kandungan dalam kulit pisang bisa bekerja maksimal.
  5. Sikat gigi Anda untuk membersihkan sisa-sisanya. Jangan lupa untuk menyikat gigi dengan gerakan melingkar selama 2-3 menit. Jangan terlalu terburu-buru jika tidak ingin gusi Anda terluka. Setelah Anda merasa gigi Anda bersih, kumur dan bilas dengan air mengalir.

Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum Anda tidur selama satu minggu.

Apakah cara ini efektif?

Sejauh ini belum terdapat bukti medis kuat yang bisa membuktikan manfaat kulit pisang untuk memutihkan gigi. Anda perlu mengonsultasikannya lebih lanjut pada dokter gigi untuk mendapatkan penjelasan terkait hal ini.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Banana Peel for Teeth Whitening | Magic with Yellow Fruit to Whiten Teeth

http://www.healthcenter.io/banana-peel-to-whiten-teeth/ diakses pada 21 Desember 2017

Can a Banana Peel Naturally Whiten Your Teeth?

http://dentureprofessionals.org.uk/caring-for-your-dentures/can-a-banana-peel-naturally-whiten-your-teeth/  diakses pada 21 Desember 2017

Can You Really Use Banana Peels to Whiten Your Teeth?

https://www.southeastfamilydental.com/blog/can-you-really-use-banana-peels-to-whiten-your-teeth/ diakses pada 21 Desember 2017

Detection of antimicrobial activity of banana peel (Musa paradisiaca L.) on Porphyromonas gingivalis and Aggregatibacter actinomycetemcomitans: An in vitro study

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4678547/  diakses pada 1 Januari 2018

Whiten Your Teeth with Banana Peels

https://steptohealth.com/whiten-teeth-banana-peels/ diakses pada 21 Desember 2017

 


Foto Penulis
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 12/04/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus