home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Selain Bikin Gigi Kuning, Ini Efek Lain dari Kopi Pada Gigi Anda

Selain Bikin Gigi Kuning, Ini Efek Lain dari Kopi Pada Gigi Anda

Apakah pernah Anda memerhatikan gigi orang penggemar kopi dengan orang yang tidak minum kopi? Apakah berbeda? Para penggemar kopi yang selalu minum kopi di pagi hari, Anda mungkin harus hati-hati karena kopi mungkin bisa memengaruhi kesehatan gigi Anda. Ya, ternyata ada efek kopi pada gigi, loh.

Apa saja efek kopi pada gigi?

Biasanya yang Anda tahu mengenai efek kopi pada gigi adalah terkait perubahan warna gigi. Namun, lebih dari itu ternyata efek kopi juga bisa terkait dengan kesehatan gigi. Berikut ini merupakan beberapa efek pada gigi akibat terlalu sering minum kopi.

1. Perubahan warna gigi

Efek kopi pada gigi sering ditemukan dalam bentuk perubahan warna pada gigi Anda. Jika Anda penggemar kopi, warna gigi Anda mungkin akan berbeda dengan orang yang tidak suka minum kopi. Dilansir dari Healthline, Victoria Veystman, dari New York City’s Cosmetic Dental Studios, menjelaskan bahwa senyawa tanin yang terdapat dalam kopi tampaknya bertanggung jawab pada perubahan warna gigi Anda.

Tanin merupakan jenis senyawa polifenol yang dapat pecah dalam air. Tanin ini menyebabkan senyawa warna dalam kopi lebih mudah menempel di gigi Anda. Senyawa warna ini kemudian terus menetap di gigi Anda sehingga mengubah warna gigi Anda. Gigi Anda berubah warna menjadi lebih kuning dibandingkan dengan gigi orang yang tidak suka minum kopi.

Selain tanin, senyawa lain dalam kopi yang membuat perubahan warna gigi mudah terjadi adalah asam. Asam dalam kopi dapat membuat enamel gigi menjadi lebih lunak dan kasar, sehingga noda lebih mudah menempel dan mengubah warna gigi Anda.

2. Kerusakan enamel gigi

Enamel atau email gigi merupakan lapisan terluar gigi. Lapisan ini menjaga gigi agar tetap kuat dan sehat. Jika lapisan enamel terkikis, maka gigi Anda akan mudah untuk mengalami kerusakan. Gigi Anda bisa berlubang atau menjadi lebih sensitif saat kerusakan gigi sudah sampai bagian dalam. Nah, salah satu hal yang bisa mengikis lapisan enamel gigi dan membuat gigi rusak adalah kafein yang ada dalam kopi Anda. Mengurangi jumlah konsumsi kopi Anda per hari dapat membantu melindungi enamel gigi Anda dari kerusakan.

3. Gigi gemeretak

Asupan kafein dalam jumlah banyak dapat memberikan efek stres dan ketidakmampuan untuk tidur nyenyak pada malam hari. Hal ini dapat membuat Anda menggeretakkan gigi Anda saat tidur di malam hari. Gigi gemeretak dapat menyebabkan nyeri rahang dan sakit pada gigi Anda.

Untuk menghindari gigi gemeretak saat tidur, sebaiknya Anda tidak minum kopi dalam waktu empat jam sebelum tidur. Anda juga bisa membatasi konsumsi kopi Anda per hari untuk mengurangi tingkat stres dan sulit tidur di malam hari.

Bagaimana cara mencegah kerusakan gigi akibat kopi?

Jangan khawatir, kerusakan gigi akibat kopi bisa dicegah dengan beberapa cara. Bagaimana caranya?

  • Anda bisa minum kopi dengan sedotan agar meminimalkan kontak antar gigi dan kopi.
  • Batasi juga penggunaan krimer dan gula karena ini dapat mempercepat pertumbuhan bakteri yang menempel pada gigi.
  • Makan buah, seperti stroberi dan lemon, setelah minum kopi. Buah ini mengandung serat alami yang dapat membantu membersihkan gigi.
  • Jangan lupa untuk menyikat gigi Anda setelah selesai minum kopi.
  • Juga, lakukan pembersihan gigi secara rutin setiap enam bulan sekali ke dokter gigi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Healthline. What Does Coffee Do to Your Teeth?. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/what-does-coffee-do-to-your-teeth#removal2 [Accessed 29 Mar. 2017].

Ipatenco, S. (2015). The Harmful Effects of Caffeine on Teeth. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/327662-the-harmful-effects-of-caffeine-on-teeth/ [Accessed 29 Mar. 2017].

Friedman, M. (2015). Foods and Habits That Stain Your Teeth. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/oral-health/features/foods-stain-teeth-feature#1 [Accessed 29 Mar. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala Diperbarui 18/12/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x