3 Tips Menggunakan Behel Transparan Agar Hasilnya Optimal

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Memakai behel transparan membantu merapikan gigi Anda yang berantakan. Agar hasilnya optimal, Anda harus menggunakan dan merawatnya dengan benar. Tak perlu bingung, ikuti tips menggunakan behel transparan berikut agar gigi lebih rapi dan Anda mendapatkan senyum indah menawan.

Tips menggunakan behel transparan agar hasilnya memuaskan

Menurut dokter gigi Paul H. Ling, DDS, sebagaimana dilansir dari Journal Canadian Dental Association, behel transparan bisa menjadi perawatan yang tepat untuk merapikan gigi yang berantakan. Behel ini dirancang layaknya selimut bening yang membentuk dan menutupi gigi.

Ukuran dan bentuk behel akan disesuaikan dengan kondisi gigi agar Anda dapat menggunakannya dengan nyaman, tapi tetap dapat menggeser gigi ke posisi yang benar.

Tingkat keberhasilan merapikan gigi menggunakan behel transparan tidak hanya bergantung pada perawatannya. Kedisiplinan dan ketelitian Anda juga berperan penting untuk mendukung keberhasilan penggunaan behel transparan Anda.

Lantas, apa saja yang perlu Anda lakukan dan perhatikan? Mari bahas satu per satu tipsnya.

1. Pilih behel transparan yang tepat

kerja di rumah

“Teliti sebelum memilih” adalah langkah utama yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan behel transparan. Pasalnya, tidak semua behel gigi transparan yang beredar memiliki kualitas sama.

Siapa yang tidak tergoda jika banyak iklan di media sosial yang menawarkan behel transparan dengan harga murah? Sayangnya, meski sekilas terlihat sama, behel transparan berharga murah yang tak teruji kualitasnya dapat menimbulkan banyak masalah.

Mulai dari rasa tidak nyaman saat digunakan, behel cepat rusak, hingga munculnya masalah pada mulut atau gigi Anda, seperti sariawan.

Maka itu, untuk dapat memiliki gigi yang rapi dan senyum sempurna dengan behel transparan, pastikan Anda memilih behel yang berkualitas dan prosesnya diawasi oleh dokter gigi berpengalaman. Pilihlah merek behel transparan yang sudah teruji dan diakui keamanannya oleh dunia internasional.

Sebagai perkiraan, pemasangan behel transparan biasanya dimulai dengan harga Rp20 juta.

2. Gunakan dengan benar

invisalign adalah cara merapikan gigi

Setelah menjatuhkan pilihan yang tepat, tips selanjutnya adalah menggunakan behel transparan sesuai anjuran dokter gigi. Jika Anda mematuhi aturan ini, lamanya perawatan biasanya akan berkisar antara 3 hingga 9 bulan.

Beberapa aturan yang harus Anda catat baik-baik ketika memakai dan merawat behel transparan, antara lain:

  • Walaupun bisa dilepas dan pasang kembali, pastikan Anda menggunakan behel ini setidaknya selama 20-22 jam sehari.
  • Jangan lupa membersihkan behel dengan air dingin dan cairan pembersih khusus untuk menghilangkan air liur dan bakteri mulut yang menempel. Hindari membersihkan behel dengan pasta gigi atau air panas karena bisa mengikis lapisan behel.
  • Gosok gigi atau berkumur lebih dulu sebelum menggunakan behel transparan. Saat Anda makan atau minum yang berwarna, panas, dan teksturnya keras sebaiknya Anda lebih dahulu melepas behel ini. Tujuannya, agar behel tidak cepat kusam, menipis, atau pecah.

3. Rutin cek kondisi gigi dan behel yang digunakan

cara menghilangkan karang gigi

Agar perawatan menjadi optimal, jangan lupa untuk cek kesehatan gigi Anda. Langkah ini dilakukan untuk menghindari masalah gigi yang mungkin terjadi.

Selain itu, memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi juga membantu Anda mengetahui seberapa jauh behel transparan telah berhasil meratakan gigi Anda.

Anda disarankan untuk melakukan kunjungan ke dokter gigi secara rutin. Apabila tak memiliki keluhan apa pun, frekuensi kunjungan ke dokter gigi bisa dikurangi. Beberapa klinik gigi yang menawarkan perawatan behel transparan juga telah mengembangkan aplikasi khusus untuk mempermudah akses pengecekan gigi tanpa harus mendatangi klinik secara langsung.

Anda hanya perlu mengirim foto gigi Anda setiap 5 hari sekali agar dokter dapat mengeceknya. Anda juga perlu mengganti behel setiap 5 hari sekali agar gigi tetap bersih dan perawatan tetap efektif untuk menggeser gigi yang berantakan sesuai petunjuk dokter gigi.

Behel transparan juga harus diganti dengan yang baru, ketika kondisinya retak atau pecah. Bila Anda merasa warnanya sudah kusam dan tidak lagi nyaman digunakan, jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kapan Sebaiknya Memasang Behel agar Tetap Aman dan Efektif?

Memasang behel bisa menjadi salah satu keputusan terbaik demi memiliki gigi yang rapi sekaligus sehat. Namun, apa Anda tahu waktu ideal memasang behel?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut 28 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Behel Bisa Bikin Gigi Jadi Kuning, Benar Atau Salah?

Walau dikenal ampuh untuk merapikan struktur gigi, behel juga bisa bikin gigi jadi kuning. Benar atau tidak, ya? Yuk, simak penjelasannya!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 19 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

Pentingnya Punya Senyum Indah untuk Tingkatkan Kepercayaan Diri

Senyum yang indah bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Bagaimana hal ini bisa terjadi dan adakah tips khusus untuk menunjukkan senyum ini?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Konten Bersponsor
senyum tingkatkan kepercayaan diri
Perawatan Oral, Gigi dan Mulut 19 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Mau Merapikan Gigi, tapi Tak Pede Pakai Behel? Ini Solusinya!

Pakai behel (kawat gigi) adalah perawatan utama untuk merapikan gigi. Namun, ada yang tidak pede menggunakan alat ini. Tenang, ada solusinya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Konten Bersponsor
merapikan gigi pakai behel
Perawatan Gigi, Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 19 November 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis kawat gigi

Panduan Memilih Jenis Kawat Gigi Terbaik dan Sesuai untuk Senyum Indah Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
retainer gigi

Setelah Lepas Behel, Apakah Perlu Pakai Retainer Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 8 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
kelebihan kekurangan pakai kawat gigi alias behel

Manfaat dan Risiko Memakai Kawat Gigi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 4 Desember 2020 . Waktu baca 12 menit
proses pasang behel

Bagaimana Proses Pemasangan Behel atau Kawat Gigi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Thendy Foraldy
Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit