Tips Merawat Gigi untuk Hasilkan Senyum yang Indah

Tips Merawat Gigi untuk Hasilkan Senyum yang Indah

Senyum merupakan aktivitas sederhana yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, banyak orang yang malu untuk senyum karena tidak percaya diri dengan kondisi gigi mereka.

Lantas, bagaimana cara merawat gigi agar lebih percaya diri saat senyum?

Manfaat senyum untuk kesehatan

kesehatan sosial

Senyum memiliki banyak manfaat dalam kehidupan. Tidak hanya baik untuk kesehatan, aktvitas ini juga bisa membantu membangun kedekatan dengan orang lain.

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tersenyum.

1. Meredakan stres

Dilansir dari laman John Hopkins Hospital, senyum dapat menenangkan sistem saraf yang tegang saat stres. Selain itu, aktivitas ini juga diketahui membuat otot wajah lebih rileks.

Ketika Anda tertawa, asupan oksigen ke otak akan bertambah. Kondisi tersebut membuat otak melepaskan endorfin, salah satu hormon yang menimbulkan perasaan positif dan rasa bahagia.

2. Membentuk ikatan dengan orang sekitar

Menebar senyum lebar dengan gigi berjajar dapat membantu Anda membangun kedekatan dengan orang-orang sekitar. Aktivitas ini juga membuat suasana di sekitar Anda menjadi lebih positif.

Terlebih, senyum manis dan tawa sering kali menular. Saat melihat orang lain tersenyum atau tertawa, Anda secara tidak langsung akan ikut melakukannya.

3. Memperbaiki suasana hati

Tersenyum dapat mengubah aktivitas kimia dalam otak. Proses tersebut memperbaiki suasana hati yang sebelumnya sedih menjadi riang kembali.

Tak hanya bagi diri sendiri, senyum juga dapat membuat perasaan orang lain yang cemas dan depresi menjadi lebih baik. Bahkan, manfaat tersebut bisa diperoleh hanya lewat senyum palsu.

4. Memperpanjang umur

Senyum membuat umur Anda lebih panjang. Studi berjudul Laugh Lots, Live Longer menyebut, wanita dengan selera humor yang baik hidup lebih lama dibandingkan yang tidak.

Dengan tersenyum, asupan oksigen ke organ penting dalam tubuh akan meningkat. Selain itu, otot akan menjadi lebih rileks sehingga mencegah tekanan darah dan detak jantung berlebih.

Belum lagi, senyum indah yang Anda tunjukkan juga membantu menurunkan stres dan memperlambat penuaan. Sebaliknya, stres yang berlebihan dan tidak tertangani dapat membuat Anda menjadi lebih cepat tua.

Cara merawat gigi agar senyum lebih indah

flossing membantu merawat gigi agar senyum indah

Untuk membangun kepercayaan diri saat tersenyum, kuncinya ialah memastikan kesehatan gigi dan mulut terjaga dengan baik. Pasalnya, gigi yang bermasalah dapat memicu rasa tidak percaya diri ketika senyum.

Nah, berikut cara merawat gigi supaya Anda lebih percaya diri saat tersenyum.

1. Sikat gigi dua kali sehari

Sikatlah gigi Anda dua kali sehari, terutama sebelum tidur. Pastikan Anda juga mengikuti metode sikat gigi yang benar, minimal dua menit.

Selain itu, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kandungan fluoride dalam pasta gigi dapat membantu menambal lubang-lubang kecil, yang menjadi awal kerusakan gigi.

2. Flossing (menggunakan benang gigi)

Sikat gigi tidak selalu efektif untuk menghilangkan kotoran, terlebih yang ada di sela-sela gigi. Agar kotoran pada sela gigi dapat terangkat dengan baik, lakukan flossing.

Tidak perlu terlalu sering, Anda cukup melakukannya satu kali sehari. Selesai menggunakan benang gigi, jangan lupa berkumur untuk membilas gigi.

3. Batasi konsumsi gula

Gula merupakan salah satu penyebab kerusakan pada gigi. Ketika gigi rusak, senyum Anda tidak akan bisa terpancar dengan indah.

Menurut World Health Organization (WHO), batas maksimal konsumsi gula sehari ialah 24 gram. Konsumsi gula lebih dari batas tersebut meningkatkan risiko kerusakan pada gigi Anda.

4. Perbanyak konsumsi air putih

Minum air putih menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Saat tubuh dehidrasi, risiko mulut kering atau xerostomia akan meningkat.

Mulut yang kering mengakibatkan ketidakseimbangan jumlah asam dalam mulut. Asam tersebut nantinya akan memicu kerusakan gigi.

5. Periksa ke dokter gigi secara rutin

Pemeriksaan rutin ke dokter gigi harus dilakukan setidaknya enam bulan sekali. Lewat pemeriksaan rutin, deteksi dan pengobatan masalah gigi bisa dilakukan sesegera mungkin.

Upaya perbaikan gigi agar senyum semakin indah

Gigi yang terlanjur rusak menjadi salah satu alasan orang lebih memilih untuk menyembunyikan senyumnya. Untuk mengatasinya, restorasi gigi bisa dijadikan pilihan.

Berikut beberapa jenis restorasi gigi yang dapat membuat senyum kembali memesona.

  • Tambal gigi: mengisi lubang pada gigi dengan tambalan.
  • Crown gigi: menyatukan bagian gigi yang retak, melindungi gigi dari keretakan, menutupi implan gigi, dan menyamarkan perubahan warna pada gigi.
  • Inlay dan onlay: mengembalikan bentuk gigi berlubang, dari yang berukuran kecil hingga sedang.
  • Dental bridge: mengisi ruang gigi yang copot dengan gigi palsu.
  • Veneer: mengatasi perubahan warna gigi gigi, gigi patah, bentuk gigi abnormal, dan malposisi gigi ringan.
  • Behel: merapikan gigi yang tidak rata atau rahang tak sejajar.

Konsultasikan dengan dokter gigi untuk mengetahui jenis restorasi yang sesuai dengan kondisi Anda. Dengan gigi yang sehat, senyum indah dapat kembali terpancar dari wajah Anda.

Ragam cara merawat gigi untuk hasilkan senyum indah

  • Menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi dua kali sehari, flossing, dan berkumur.
  • Membatasi konsumsi gula karena menjadi penyebab kerusakan gigi.
  • Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih.
  • Memperbaki kerusakan pada gigi.
  • Melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Klinik Chika Medika


Ditulis oleh Bayu Galih Permana · Tanggal diperbarui 13/11/2022

Iklan
Iklan
Iklan
Iklan