Membersihkan Lidah Itu Penting, Tapi Tak Boleh Pakai Sikat Gigi

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Seberapa sering Anda membersihkan lidah Anda? Banyak orang sudah tahu bahwa menggosok gigi minimal dua kali sehari itu adalah hal yang wajib. Namun, tak semuanya rutin ikut menggosok lidah, mungkin salah satunya adalah Anda. Sayangnya lagi, sebagian besar orang yang sudah rajin membersihkan lidah, melakukannya dengan cara menyikat lidah dengan sikat gigi. Padahal, ini adalah cara yang salah.

Kenapa penting untuk membersihkan lidah?

Kebersihan lidah adalah hal yang tidak kalah penting dari kebersihan gigi. Ternyata, lidah dapat menjadi sarang tumbuhnya bakteri, selain di gusi dan gigi. Kondisi lidah yang kotor dapat membuat napas Anda menjadi bau. Bahkan menurut American Dental Association lidah yang bersih dapat menurunkan bau mulut hingga 70%.

Apa risikonya kalau menyikat lidah dengan sikat gigi?

Tidak jarang orang menggunakan sikat gigi sebagai pembersih lidah. Padahal hal ini akan berdampak buruk bagi lidah dan kesehatan mulut secara keseluruhan. Apa saja dampak buruk jika Anda menyikat lidah dengan sikat gigi?

1. Bakteri semakin bertambah

Tujuan dari membersihkan lidah adalah untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang menumpuk pada permukaan lidah. Tetap jika Anda membersihkannya dengan cara menyikat lidah dengan sikat gigi, justru menekan bakteri yang ada di permukaan semakin masuk ke dalam lidah. Hal ini mengakibatkan mulut menjadi bau dan berisiko untuk mengalami gangguan kesehatan mulut lainnya.

2. Menyebabkan muntah

Menyikat lidah dengan sikat gigi dapat membuat Anda muntah secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena bakteri malah berkumpul di bagian mulut dan kemudian merangsang Anda untuk muntah.

3. Menurunkan kemampuan lidah untuk merasakan rasa makanan

Seperti yang kita tahu, lidah adalah organ yang berperan sebagai pengecap rasa makanan, karena lidah terdiri dari 10 ribu kuncup pengecap. Kuncup pengecap ini adalah bagian lidah yang berfungsi untuk menerima rasa dari makanan yang dimakan. Dengan adanya kuncup pengecap tersebut, Anda dapat merasakan setidaknya 4 rasa dasar makanan, yaitu manis, asam, asin, dan pahit.

Banyak orang yang tidak sadar telah menyikat lidahnya terlalu keras. Gesekan keras yang terjadi ketika Anda menyikat lidah akan membuat kuncup pengecap menjadi rusak. Ketika kuncup pengecap rusak, maka kemampuan Anda untuk mengecap dan merasakan rasa makanan akan berkurang.

Jadi, dengan cara apa kita harus membersihkan lidah?

Kini sudah mulai banyak toko fisik maupun online di Indonesia yang menjual alat pembersih lidah. Namun, jika Anda sulit menemukannya, coba cek sikat gigi yang Anda gunakan saat ini.

Jika Anda memperhatikan bagian belakang sikat gigi Anda, mungkin Anda akan melihat bentuk bergelombang atau bergerigi yang terbuat dari karet. Nah, bagian belakang sikat gigi tersebut digunakan untuk membersihkan lidah. Ya, sikat gigi tidak hanya berfungsi untuk menggosok gigi saja, tetapi juga berfungsi untuk menjaga kebersihan lidah. Tapi ingat, gunakan bagian belakang sikat, bukan sikatnya, untuk menghindari kerusakan lidah dan berkembangnya bakteri yang makin banyak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Beberapa orang ada yang memiliki hidung kurang sensitif sehingga sulit mencium bau yang ada di sekitarnya. Kenapa bisa begitu, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Sebagai orangtua, Anda perlu tau bedanya anak yang aktif dan hiperaktif. Yuk, kenali tanda dan cara mengatasi anak hiperaktif!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan Anak, Parenting 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

3 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Jika Suka Minum Teh Saat Hamil

Selama kehamilan, Anda harus menjaga asupan makanan dan minuman, termasuk minum teh. Simak panduan aman minum teh saat hamil berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Prenatal, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

apa itu lucid dream

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
ciri tipes yang parah

Waspadai 3 Ciri Tipes yang Sudah Parah Agar Tidak Berakibat Fatal

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit