Hidup dengan diabetes? Anda tidak sendiri. Ikut komunitas kami sekarang!

home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Daftar Tepung yang 'Ramah' untuk Penyandang Diabetes

Daftar Tepung yang 'Ramah' untuk Penyandang Diabetes

Menemukan makanan rendah kalori yang sehat selalu menjadi tantangan bagi diabetesi. Itu sebabnya, mengganti bahan-bahan makanan, seperti tepung, menjadi alternatif yang paling mudah. Lantas, apa saja rekomendasi tepung untuk diabetes?

Rekomendasi tepung untuk penyandang diabetes

Memodifikasi resep guna memenuhi kebutuhan makanan merupakan cara yang paling dan efektif untuk mendapatkan makanan ramah diabetes.

Bagi yang sudah terbiasa, mereka mungkin sudah tahu apa saja bahan makanan yang perlu dibeli, termasuk tepung. Di bawah ini daftar jenis tepung yang ramah untuk para penyandang diabetes.

1. Tepung almond

tepung almond

Salah satu jenis tepung yang direkomendasikan sebagai pengganti bahan makanan untuk penyandang penyakit diabetes yaitu tepung almond.

Tepung almond biasanya dibuat dengan kacang almond tanpa kulit, sehingga menghasilkan tekstur yang mirip dengan tepung jagung.

Jenis tepung ini mengandung karbohidrat yang rendah, tetapi tinggi akan protein, serat, dan lemak yang sehat untuk jantung. Kandungan nutrisi pada tepung almond ini juga menawarkan kadar indeks glikemik yang rendah.

Kadar ini merupakan tolak ukur seberapa banyak makanan tertentu dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mengganti 1 cangkir tepung almond dengan 1 cangkir tepung biasa ketika memasak.

Meski begitu, tepung almond memberikan tekstur yang lebih pada daripada makanan karena termasuk makanan bebas gluten.

2. Tepung kelapa

tepung kelapa untuk diabetes

Para penyandang diabetes mungkin tak asing dengan tepung kelapa. Pasalnya, tepung untuk diabetes ini sering menjadi pengganti favorit tepung biasa. Dibandingkan tepung terigu, tepung kelapa lebih rendah karbohidrat, tetapi kaya akan serat.

Hal ini ternyata bisa memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah. Alhasil, para diabetesi mungkin bisa mengontrol kadar gula darah lebih baik berkat tepung kelapa ini.

Berkat rasanya yang sedikit manis, Anda bisa menggunakan tepung kelapa dalam berbagai resep, termasuk kue, kue kering, brownies, atau roti.

Meski begitu, Anda perlu menyesuaikan resep ketika memanfaatkan tepung kelapa sebagai pengganti tepung terigu. Jenis tepung ini menyerap lebih banyak cairan dan bisa memberikan tekstur makanan yang kering dan berpasir.

Anda mungkin akan membutuhkan sekitar 1/4 (seperempat) cangkir tepung kelapa dan menambah jumlah cairan dengan takaran tepung kelapa yang sama ketika membuat sesuatu.

3. Tepung gram

tepung gram chickpeas untuk diabetes

Tepung gram (chickpeas) memang kerap dijadikan pengganti tepung terigu saat membuat MPASI. Bahkan, tepung ini sering direkomendasikan untuk diabetes. Tepung ini terbuat dari biji garbanzo kering yang telah digiling menjadi bubuk halus.

Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, tepung gram disebut dapat membantu mencegah resistensi insulin. Resistensi insulin merupakan kondisi yang dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur kadar gula darah dengan efektif.

Pengganti tepung terigu ini memiliki rasa pedas dan manis. Anda bisa menggunakannya dalam makanan seperti gorengan, panekuk, atau kue kering.

Selain itu, tepung gram menghadirkan tekstur padat alami dan mengikat dengan kuat, sehingga menjadi tepung terigu vegan dan bebas gluten yang cukup sehat.

Kebanyakan orang umumnya hanya membutuhkan sedikit tepung gram yang dapat menggantikan sekitar setengah takaran tepung biasa.

4. Tepung oat

tepung oat

Sudah bukan rahasia umum lagi bila oat termasuk makanan rendah karbohidrat yang baik untuk kesehatan, termasuk para penyandang diabetes. Tepung yang terbuat dari gilingan gandum ini menjadi sumber serat dan protein yang baik.

Anda bisa memanfaatkannya sebagai sumber serat beta-glukan yang terbukti dapat menurunkan kadar gula darah pada diabetesi. Jenis tepung untuk diabetes ini menawarkan tekstur yang unik dan kenyal, serta rasa kacang yang ringan.

Anda bisa menggunakan tepung gandum ini dalam sebagian resep camilan sehat untuk penderita diabetes yang mungkin memerlukan tepung biasa, seperti roti atau muffin.

Meski begitu, Anda mungkin memerlukan lebih banyak tepung oat ketika menggantinya dengan tepung biasa.

5. Tepung spelt

tepung spelt

Meski menjadi jenis tepung untuk diabetes yang cukup langka di Indonesia, tepung spelt cukup digemari sebagai pengganti tepung biasa. Hal ini dikarenakan tepung spelt terbuat dari biji-bijian kuno yang masih satu jenis dengan gandum.

Tepung spelt termasuk sumber serat yang bisa bantu menstabilkan kadar gula darah setelah makan. Dengan rasa yang sedikit manis dan bertekstur ringan, Anda bisa menggunakan tepung ini pada berbagai resep roti, muffin, hingga tortilla.

Cobalah untuk mengganti tepung biasa dengan tepung spelt melalui perbandingan 1:1 guna mendapatkan takaran dan manfaat yang tepat.

Pada dasarnya, tepung merupakan sumber karbohidrat. Itu sebabnya, Anda perlu memeriksa terlebih dahulu, berapa kadar indeks glikemik setiap tepung.

Dengan begitu, Anda bisa menikmati berbagai makanan yang mungkin sebelumnya tidak bisa dicoba karena khawatir dapat melonjakkan kadar gula darah.

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter guna memahami solusi yang tepat untuk Anda.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Anda atau keluarga hidup dengan diabetes?

Anda tidak sendiri. Ayo gabung bersama komunitas pasien diabetes dan temukan berbagai cerita bermanfaat dari pasien lainnya. Daftar sekarang!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Spelt Flour. (2020). U.S Department of Agriculture. Retrieved 30 July 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1498963/nutrients 

Almond Flour. (2019). U.S Department of Agriculture. Retrieved 30 July 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/553156/nutrients 

Coconut Flour. (2019). U.S Department of Agriculture. Retrieved 30 July 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/583168/nutrients 

Chickpea Flour. (2019). U.S Department of Agriculture. Retrieved 30 July 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/475613/nutrients 

Oat Flour. (2019). U.S Department of Agriculture. Retrieved 30 July 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/1698590/nutrients 

Menon, R., Gonzalez, T., Ferruzzi, M., Jackson, E., Winderl, D. and Watson, J., 2016. Oats—From Farm to Fork. Advances in Food and Nutrition Research, pp.1-55. Retrieved 30 July 2021. 

Link, R. (2021). The 5 Best Flour Options for Diabetes. Healthline. Retrieved 30 July 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/flour-for-diabetics 

How to Use Healthy Flour Substitutes – Or Have Your Cake and Eat It Too. (2019). Cleveland Clinic. Retrieved 30 July 2021, from https://health.clevelandclinic.org/how-to-use-healthy-flour-substitutes/ 

Almonds. (n.d). Harvard University. Retrieved 30 July 2021, from https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/almonds/ 

Francelino Andrade, E., Vieira Lobato, R., Vasques Araújo, T., Gilberto Zangerônimo, M., Vicente Sousa, R., & José Pereira, L. (2014). Effect of beta-glucans in the control of blood glucose levels of diabetic patients: a systematic review. Nutricion hospitalaria, 31(1), 170–177. https://doi.org/10.3305/nh.2015.31.1.7597. Retrieved 30 July 2021. 

Petre, A. (2019). Coconut Flour: Nutrition, Benefits, and More. Healthline. Retrieved 30 July 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/coconut-flour

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 06/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro