home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengulik Potensi Efek Positif Putri Malu untuk Diabetesi

Mengulik Potensi Efek Positif Putri Malu untuk Diabetesi

Tanaman putri malu telah lama digunakan sebagai salah satu pengobatan alami untuk membantu mengatasi diabetes. Pasalnya, putri malu disebut-sebut mampu mengontrol kadar gula darah yang menjadi kendala para pengidap diabetes. Namun, apakah anggapan tersebut sudah terbukti secara ilmiah? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa saja manfaat tanaman putri malu untuk pengidap diabetes?

Putri malu, atau bahasa latinnya Mimosa pudica, adalah tanaman berwarna hijau yang daunnya akan terlipat dan terkulai pada malam hari, udara dingin, dan saat disentuh.

Tanaman ini bisa dengan mudah ditemukan di rerumputan liar, bahkan mungkin di kebun belakang rumah Anda.

Putri malu untuk diabetes

Meski keberadaannya tidak terlalu menarik perhatian, putri malu ternyata menyimpan sejumlah potensi sebagai tumbuhan herbal untuk membantu mengatasi berbagai penyakit.

Ini karena putri malu memiliki sifat antibakteri, antivenom, antifertilitas, antikonvulsan, antidepresan, hingga afrodisiak.

Tak hanya itu, tanaman putri malu disebut-sebut juga memiliki sifat antidiabetik yang bermanfaat untuk para penderita diabetes.

Berikut ini ulasan lengkap tentang berbagai manfaat yang dimiliki tanaman Mimosa pudica untuk penyakit diabetes.

1. Menurunkan kadar gula darah

Trik menghindari gula darah rendah

Putri malu sering kali digunakan sebagai obat alami untuk membantu mengatasi diabetes. Ini karena kemampuannya menurunkan kadar gula darah.

Sebuah studi yang dipublikasikan Jurnal Akademika Kimia pada 2017 menunjukkan adanya penurunan gula darah pada tikus yang sengaja dibuat agar mengalami diabetes.

Penurunan gula darah itu terjadi setelah tikus dengan diabetes diberikan ekstrak putri malu pada konsentrasi tertentu dalam waktu satu minggu.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kadar gula darah turun karena ekstrak putri malu mengandung senyawa flavonoid, alkaloid, dan tanin.

2. Meningkatkan sensitivitas insulin

menjaga gula darah

Putri malu juga disebut dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Hal itu setidaknya telah terbukti pada hewan percobaan yang digunakan dalam sebuah penelitian.

Studi yang dipublikasikan di International Letters of Natural Sciences menunjukkan sejumlah manfaat ekstrak tanaman putri malu terhadap tikus percobaan dengan diabetes tipe 2.

Dalam studi tersebut, tikus yang diberikan diet tinggi fruktosa mengalami peningkatan sensitivitas insulin setelah mendapatkan 500 mg/kgBB selama beberapa minggu.

Artinya, ekstrak putri malu mungkin dapat menjadi pengobatan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Namun, penelitian tambahan untuk mengonfirmasi hal tersebut tetap dibutuhkan.

3. Mengurangi risiko komplikasi diabetes

diabetesi

Mimosa pudica atau putri malu ternyata juga memiliki khasiat untuk mengurangi risiko komplikasi yang mungkin terjadi akibat diabetes.

Ini karena adanya aktivitas antioksidan dalam ekstrak biji tanaman putri malu. Antioksidan tersebut mampu mencegah adanya kerusakan hati yang berhubungan dengan diabetes.

Hal tersebut dibuktikan pada tikus percobaan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Asian Journal of Biotechnology.

Penelitian lanjutan, terutama pada manusia, dibutuhkan untuk memastikan apakah putri malu benar bermanfaat untuk menangkal komplikasi diabetes.

4. Mengobati luka diabetes

luka diabetes

Penggunaan bagian-bagian tanaman putri malu sebagai obat untuk mengatasi luka diabetes telah dilakukan sejak lama.

Beberapa penelitian yang disebutkan dalam Advanced Materials Research pun membuktikan anggapan tersebut.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak akar tanaman Mimosa pudica dapat mengobati luka diabetes pada tikus percobaan secara efektif.

Ekstrak akar tersebut diberikan dalam bentuk oral ataupun topikal (oles) dan keduanya sama-sama menunjukkan hal yang positif.

5. Menurunkan berat badan

mencegah berat badan turun saat puasa

Khasiat putri malu lainnya yang mungkin bermanfaat untuk pengidap diabetes adalah kemampuannya dalam menurunkan berat badan.

Hal itu terbukti dalam penelitian yang dipublikasikan di International Letters of Natural Sciences pada tikus percobaan.

Berat badan ideal merupakan hal penting yang perlu diperhatikan para pengidap diabetes.

Pasalnya, berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit lain yang berhubungan dengan diabetes.

Tips aman menggunakan putri malu sebagai obat alami diabetes

Putri malu untuk diabetes

Manfaat Mimosa pudica untuk membantu mengatasi penyakit diabetes dan komplikasinya memang sudah terbukti.

Namun, bukti-bukti ilmiah tersebut kebanyakan hanya sebatas pada hewan percobaan.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan tanaman putri malu.

Sebaiknya jangan menjadikan putri malu sebagai satu-satunya cara untuk mengobati diabetes karena tanaman ini hanya bisa dianggap sebagai obat alternatif tambahan untuk diabetes.

Penting untuk selalu mengikuti rekomendasi dokter untuk mengatasi kondisi Anda. Tindakan yang keliru justru akan berakibat buruk untuk kesehatan Anda.

health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Sundaresan, A., & Radhiga, T. (2015). Effect of Mimosa pudica cured extract against high fructose diet induced type 2 diabetes in rats. International Letters of Natural Sciences, 39, 1-9. https://doi.org/10.18052/www.scipress.com/ilns.39.1

Rajendiran, D., Khan, H. B. H., Packirisamy, S., Gunasekaran, K. (2019). Dose dependent antidiabetic effect of Mimosa pudica leaves extract in type 2 diabetic rat model. The Pharma Innovation Journal; 8(3): 01-04. https://www.thepharmajournal.com/archives/2019/vol8issue3/PartA/8-2-102-839.pdf

Mustapa, K., Rizky, A., & Jura, M. R. (2017). Pengaruh Ekstrak Tanaman Putri Malu (Mimosa pudica Linn) Terhadap Penurunan Kadar Glukosa Darah Pada Mencit (Mus musculus). Jurnal Akademika Kimia, 6(1), 7. https://doi.org/10.22487/j24775185.2017.v6.i1.9222

Tunna, T., Ahmed, Q., Uddin, A., & Sarker, M. (2014). Weeds as Alternative Useful Medicinal Source: Mimosa pudica Linn. on Diabetes Mellitus and its Complications. Advanced Materials Research, 995, 49-59. doi: 10.4028/www.scientific.net/amr.995.49

Sunday, R. M., Obuotor, E. M., & Kumar, A. (2019). Antioxidant and Antidiabetic properties of Mimosa pudica seeds in streptozotocin-induced diabetic Wistar rats. Asian Journal of Biotechnology, 12(1), 1-8. https://doi.org/10.3923/ajbkr.2020.1.8

Gupta, R., Ahmad, H., Sehgal, S., & Mishra, A. (2012). Mimosa pudica L. (Laajvanti): An overview. Pharmacognosy Reviews, 6(12), 115. doi: 10.4103/0973-7847.99945

Parasuraman, S., Ching, T. H., Leong, C. H., & Banik, U. (2019). Antidiabetic and antihyperlipidemic effects of a methanolic extract of Mimosa pudica (Fabaceae) in diabetic rats. Egyptian Journal of Basic and Applied Sciences, 6(1), 137-148. https://doi.org/10.1080/2314808x.2019.1681660

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x