🔥 Diskusi Menarik

Mau konsultasi

Halo dek

saya mau cerita bahwa saya baru aja gagal menikah. Padahal persiapan udah 60%. Si dia ga mau mendengar penjelasan dan ga percaya lagi karna melihat chatt laki laki di hp saya. Dia bilang udah hilang perasan sama saya sekejap itu aja . Saya bingung dok mau gimana karna shok aja . Kayak mimpi rasaya. Dan masih bingung sampaikan ke keluarga . Mohon bantuan solusinya dok

0
64k
2 komen

2 komentar

Halo, terima kasih untuk pertanyaannya.


Permasalahan yang hadir dalam hidup terkadang membuat seseorang merasa kesulitan untuk berpikir jernih, apalagi mencari solusi terbaik untuk permasalahan tersebut. Bagaimanapun kondisi anda, anda tetap berharga.

Anda perlu memperbanyak waktu berdialog dengan diri sendiri. Dengan melakukan introspeksi secara berkala, maka anda lebih mudah menyadari dan menerima kelebihan dan kelemahan yang anda miliki, serta lebih mudah menemukan tujuan hidup dan kebutuhan diri anda. Adapun yang dapat anda lakukan lainnya, yaitu menuliskan seluruh isi pikiran dan perasaan anda pada kertas secara berkala tanpa terkecuali. Kegiatan ini dikenal dengan istilah jurnaling, di mana dapat dilakukan setiap hari sehingga pikiran dan perasaan tersebut tidak hanya menumpuk dalam diri anda, serta dapat membantu mengenali kondisi anda yang sebenarnya. Terkadang kita memunculkan pikiran otomatis yang seolah-olah jauh lebih buruk dari yang sebenarnya terjadi. Jangan lupa untuk melatih diri berpikir positif dan lebih rasional.

Anda juga dapat menuliskan minimal 3 hal yang dapat disyukuri setiap hari (tidak harus hal yang besar, tetapi hal kecil juga termasuk), sehingga dapat membantu anda untuk lebih memaknai hidup dan memiliki pandangan dari sudut pandang lainnya. Anda dapat menggunakan energi yang anda miliki untuk mengendalikan hal yang dapat dikontrol, seperti mengendalikan respon (pikiran, perasaan, perilaku, dan sebagainya) terhadap stimulus/ kondisi yang tidak menyenangkan yang anda peroleh dari lingkungan.


Selain itu, anda juga perlu mengembangkan sikap memaafkan dan berterima kasih bagi diri sendiri dan sekitar. Anda telah berupaya menjadi yang terbaik. Anda tidak perlu malu untuk menceritakan permasalahan anda kepada orang terdekat yang anda percaya agar tidak merasa sendirian dan terasingkan.

Jangan ragu untuk memeriksakan diri anda ke psikolog/ psikiater jika keluhan berlanjut atau bertambah parah.

3 minggu yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Saya memahami bahwa Anda sedang mengalami situasi yang sulit dan mengecewakan. Pertama-tama, penting untuk mengatasi perasaan shock dan kebingungan yang Anda rasakan. Berbicaralah dengan orang-orang terdekat Anda, seperti keluarga atau teman dekat, untuk mendapatkan dukungan dan pemahaman. Selanjutnya, cobalah untuk berbicara dengan mantan pasangan Anda secara tenang dan jujur. Jelaskan kepadanya dengan baik mengenai pesan dari pria lain di ponsel Anda dan berusaha untuk memperjelas situasi tersebut. Komunikasi yang terbuka dan jujur dapat membantu memperbaiki kesalahpahaman dan memulihkan hubungan. Jika mantan pasangan Anda tetap tidak mau mendengarkan penjelasan Anda, cobalah untuk menerima keputusannya dengan lapang dada. Ingatlah bahwa setiap hubungan memiliki tantangan dan cobaan, dan terkadang hal-hal tidak berjalan sesuai rencana. Terakhir, berikan diri Anda waktu untuk menyembuhkan dan memulihkan diri dari kekecewaan ini. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari profesional, seperti psikolog atau konselor, jika Anda merasa kesulitan mengatasi perasaan Anda. Semoga Anda dapat menemukan kedamaian dan kekuatan dalam menghadapi situasi ini. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya.
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan