🔥 Diskusi Menarik

deprese

dok saya kalau lagi kesel ke anak suka tidak bisa nahan rasa kesal. itu sebab apa ya? terus apa akan ada dampak terhadap anak ke masa depannya? bagaimana cara penanganannya?

2
64k
2 komen

2 komentar

Halo, terima kasih untuk pertanyaannya.


Menjalani peran sebagai istri dan seorang ibu merupakan hal yang membanggakan. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa adanya peran tersebut menjadikan seorang perempuan untuk berproses, belajar, dan beadaptasi dengan perubahan yang dijalani. Beberapa ibu, terkadang mengalami kelelahan emosional dan fisik sehingga berdampak kepada terganggunya aktivitas sehari-hari, serta peran tidak berjalan optimal.


Dengan menyadari perubahan kondisi anda saat ini, maka hal tersebut menjadi langkah awal agar anda dapat lebih mengenali diri dan kebutuhan anda sendiri, sebaiknya tidak berlarut-larut dalam situasi tersebut. Jika dirasa perubahan kondisi ini sudah sangat mengganggu anda, dan sudah tidak dapat anda kelola sendiri, maka segera mencari bantuan professional agar segera tertangani dengan tepat, serta akan membantu anda untuk berperan secara optimal sebagai seorang ibu dan istri, serta juga untuk perkembangan buah hati anda yang lebih baik.

Beberapa cara yang dapat anda lakukan sendiri yaitu, anda tidak perlu malu atau sungkan menceritakan kondisi yang anda alami kepada pasangan. Dengan memendam masalah anda sendiri, hanya membuat anda semakin tidak dapat berperan secara optimal. Anda juga tidak perlu ragu untuk meminta bantuan pasangan ketika anda membutuhkan waktu istirahat, karena proses pengasuhan adalah tanggung jawab anda bersama pasangan. Dengan beristirahat, anda lebih rileks, dan dapat berkonsentrasi menjalani peran sebagai ibu. Anda juga dapat melakukan relaksasi pernapasan sambil mendengarkan musik relaksasi. Selain itu, sebaiknya anda tetap terkoneksi dengan lingkungan di sekitar, terutama dengan para ibu untuk membahas terkait parenting sehingga anda tidak merasa sendiri. Luangkan pula waktu untuk “me time”, quality time berdua pasangan, atau liburan bersama keluarga kecil anda. Semoga membantu ya


Jangan ragu untuk memeriksakan diri anda ke psikolog/ psikiater jika keluhan berlanjut atau bertambah parah.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas
1

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Ketika seseorang tidak bisa menahan rasa kesal terhadap anak, hal itu bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stres, kelelahan, atau masalah emosional yang belum terselesaikan. Dampaknya terhadap anak bisa beragam, mulai dari menimbulkan rasa takut, rendah diri, hingga masalah emosional dan perilaku di masa depan. Untuk penanganannya, penting untuk mengidentifikasi penyebab dari rasa kesal tersebut dan mencari cara untuk mengelolanya dengan lebih baik. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan: 1. Mengenali dan mengelola emosi: Belajar untuk mengenali tanda-tanda kesal dan menemukan cara untuk mengelola emosi tersebut, misalnya dengan teknik relaksasi atau meditasi. 2. Berkomunikasi dengan anak: Penting untuk berbicara dengan anak tentang perasaan Anda dan menjelaskan bahwa kesal bukanlah perasaan yang salah, namun cara mengekspresikannya yang perlu diperhatikan. 3. Menyediakan waktu untuk diri sendiri: Penting untuk memiliki waktu untuk diri sendiri agar bisa merasa lebih tenang dan terhindar dari stres yang berlebihan. 4. Mencari bantuan profesional: Jika merasa kesulitan mengelola emosi atau masalah emosional yang lebih dalam, sebaiknya berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan bantuan yang lebih terarah. Dengan mengambil langkah-langkah tersebut, diharapkan Anda bisa mengelola rasa kesal dengan lebih baik dan mencegah dampak negatifnya terhadap anak di masa depan. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
2 bulan yang lalu
Suka
masukan
1
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan