home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tak Cuma Menggemaskan, Pelihara Anjing Juga Berikan 4 Manfaat Kesehatan Ini

Tak Cuma Menggemaskan, Pelihara Anjing Juga Berikan 4 Manfaat Kesehatan Ini

Kebanyakan orang enggan memiliki hewan peliharaan di rumah seperti anjing atau pun kucing karena berbagai hal. Misalnya malas mengurusnya atau takut risiko penyakit seperti alergi. Padahal, selain jadi penghibur di kala stres, memiliki hewan peliharaan di rumah juga bisa memberikan beragam manfaat kesehatan yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya loh. Lantas, apa saja manfaat pelihara anjing di rumah? Cari tahu jawabannya dalam artikel ini.

Manfaat pelihara anjing di rumah

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian menunjukkan bahwa pelihara anjing di rumah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, penurunan kolesterol, dan penurunan kadar trigliserida, yang semuanya berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, pasien serangan jantung yang memelihara anjing juga diketahui memiliki tingkat kualitas hidup yang lebih baik dibandingkan yang tidak memelihara anjing di rumahnya.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011, seseorang yang memiliki hewan peliharaan di rumah diketahui lebih bahagia, sehat, dan merasa lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Pasalnya, menghabiskan waktu selama beberapa menit untuk bermain bersama hewan peliharaan dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamin, yaitu senyawa kimia dalam otak yang bertanggung jawab mengatur mood. Bahkan efek yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut sama halnya saat memeluk pasangan, melihat pemandangan yang indah, dan lain sebagainya.

3. Mengurangi risiko alergi

Kebanyakan orang enggan memelihara hewan berbulu di rumah karena takut akan risiko alergi yang ditimbulkan. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology justru menemukan fakta bahwa anak-anak yang dibesarkan oleh orangtua yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing di rumah cenderung berisiko lebih rendah terkena alergi dan asma.

Anak-anak yang selalu berada di sekitar dua atau lebih anjing atau kucing sewaktu mereka masih bayi diketahui lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi umum berkat paparan dini terhadap bakteri tertentu. Pasalnya, hal tersebut membuat sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat terhadap alergen.

4. Membantu menurunkan berat badan

Berbagai penelitian telah berulang kali menemukan bahwa mengajak jalan-jalan anjing setiap hari bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini karena kegiatan tersebut akan memaksa Anda untuk melakukan aktivitas fisik moderat paling tidak 10, 20, atau bahkan 30 menit setiap harinya.

Jika Anda termasuk orang yang rutin mengajak hewan peliharaan Anda jalan-jalan, pertimbangkan untuk meningkatkan waktu jalan-jalan Anda agar lebih lama dengan kecepatan berjalan yang juga lebih cepat.

5. Menjaga agar tetap bugar dan aktif di usia tua

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Gerontologist menemukan bahwa orang yang berusia di atas 60 tahun dan pelihara anjing di rumah cenderung memiliki berat badan yang ideal, terhindar dari masalah obesitas dan lebih jarang berkunjung ke dokter karena sakit.

Tidak hanya itu, bagi para lansia yang berusia 60 tahun ke atas, memelihara anjing ternyata juga bisa membuat hormon stres yaitu kortisol menurun. Nah, hal ini tentu akan membantu mengatasi kesepian atau depresi yang banyak dirasakan oleh para lansia.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

4 Ways Owning a Dog Can Make You Healthier. https://www.livescience.com/47117-owning-dog-health-benefits.html. Accessed 25/07/2017.

The 10 Health Benefits Of Dogs (And One Health Risk) – https://www.huffingtonpost.com/entry/the-10-health-benefits-of-dogs-and-one-health-risk_us_57dad1b8e4b04a1497b2f5a0 diakses pada 12 Januari 2018

Having a Dog Can Help Your Heart – Literally – http://www.health.harvard.edu/staying-healthy/having-a-dog-can-help-your-heart–literally diakses pada 12 Januari 2018

How Your Dog Can Make You Healthier? – http://www.besthealthmag.ca/best-you/wellness/how-your-dog-can-make-you-healthier diakses pada 12 Januari 2018

Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 05/07/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x