home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

6 Efek Samping yang Muncul Setelah Operasi Angkat Rahim

6 Efek Samping yang Muncul Setelah Operasi Angkat Rahim

Histerektomi adalah operasi pengangkatan rahim yang biasanya dilakukan ketika seorang wanita mengalami masalah tertentu pada rahimnya. Ya, pengangkatan ini diperlukan supaya mencegah komplikasi dari penyakit lain. Histerektomi akan dianjurkan jika Anda mengalami fibroid, endometriosis, atau kanker. Nah, sebaiknya sebelum melakukan histerektomi, pahami dulu berbagai efek samping yang bisa muncul setelahnya.

Efek samping operasi pengangkatan rahim (histerektomi)

Sebuah operasi mengangkat organ tubuh tertentu tentu saja memiliki efek samping. Beberapa orang mungkin mengalami dampak secara psikologis dan fisik selama proses pemulihan pengangkatan rahim berlangsung.

1. Dampak fisik

Pada proses pemulihan, Anda mungkin akan mengalami flek selama beberapa hari setelah operasi. Hal ini sangat normal dan disarankan untuk menggunakan pembalut ketika proses pemulihan ini berlangsung. Selain flek berikut beberapa efek samping histerektomi yang harus Anda perhatikan pada bekas sayatan.

  • Merasakan nyeri
  • Pembengkakan dan kulit kemerahan
  • Rasa gatal dan terbakar
  • Mati rasa pada kaki Anda.

Selain itu, efek samping lainnya adalah merasakan gejala menopause. Apabila Anda melakukan pengangkatan rahim secara keseluruhan, tentu saja ovarium Anda juga diangkat.

2. Gejala menopause selama beberapa tahun

Setelah histerektomi dilakukan, tentu saja efek samping permanen yang Anda alami adalah menopause. Akan tetapi, gejala kondisi ini ternyata akan terus muncul selama beberapa tahun untuk beberapa wanita. Hal tersebut disebabkan oleh perubahan hormon estrogen pada tubuh Anda.

  • Merasakan rasa panas yang tiba-tiba
  • Vagina kering
  • Keringat pada malam hari
  • Insomnia
  • Penurunan gairah seks
  • Merasakan nyeri ketika berhubungan intim.

3. Dampak psikologis

Rahim adalah salah satu organ yang penting bagi para wanita. Dengan dilakukannya operasi ini, tentu saja peluang Anda untuk hamil sudah tertutup. Rasa sedih dan perasaan yang bertentangan mengenai kondisi ini sering menjadi efek samping histerektomi.

Oleh karena itu, konsultasikan kepada dokter Anda untuk mengetahui apakah ini benar-benar jalan yang harus Anda pilih demi mengembalikan kesehatan Anda.

4. Masalah seksual

Setelah operasi dilakukan, Anda sangat disarankan untuk tidak berhubungan intim selama 6 minggu. Beberapa orang merasakan efek yang berbeda setelah prosedur ini dilakukan. Sebagian merasa gairah seks mereka justru meningkat atau biasa-biasa saja. Sebagian lainnya justru mengalami penurunan gairah, frekuensi orgasme, dan justru merasa sakit ketika berhubungan intim.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa histerektomi menimbulkan efek samping yang buruk pada sebagian wanita. Mereka mengalami penurunan libido secara drastis. Namun, kebanyakan dari mereka justru merasakan dampak positif pada kehidupan seksual mereka.

Selain itu, dikutip dari verywellhealth, sebuah penelitian di tahun 2014, menemukan 10-20% wanita mengalami penurunan fungsi seksual saat dilakukan histerektomi karena kasus penyakit tumor jinak.

Pada kasus tumor ganas, penurunan fungsi seksual lebih buruk lagi. Meski demikian, tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hubungan histerektomi dengan masalah seksual.

5. Efek samping dari anestesi

Pada saat operasi berlangsung tentu saja Anda akan diberikan anestesi agar tidak merasakan sakit. Nah, efek yang terjadi setelahnya adalah suasana hati tidak stabil, kelelahan, atau merasa letih selama beberapa hari. Kemungkinan Anda juga merasa mual. Oleh karena itu, beritahukan ke dokter Anda gejala tersebut agar diberikan resep obat sesuai keluhan Anda.

6. Efek samping lainnya

Beberapa studi menunjukkan beberapa efek samping histerektomi muncul bagi sebagian wanita.

  • Berat badan naik
  • Konstipasi
  • Demam
  • Nyeri panggul

Supaya efek samping setelah histerektomi terkendali dengan baik, maka Anda harus rutin periksa ke dokter.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Effects of Hysterectomy on Sexual Function https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs11930-014-0029-3 accessed April 22, 2019.

Side Effects. https://stanfordhealthcare.org/medical-treatments/h/hysterectomy/side-effects.html accessed April 22, 2019

Hysterectomy https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/4852-hysterectomy-what-you-need-to-know accessed April 22, 2019.

Hysterectomy Side Effects to Consider https://www.healthline.com/health/hysterectomy-side-effects accessed April 25, 2019

Side Effects to Expect After a Hysterectomy https://www.verywellhealth.com/hysterectomy-side-effects-514525 accessed April 25, 2019

The Potential Side Effects of a Hysterectomy https://www.verywellhealth.com/what-are-the-side-effects-of-a-hysterectomy-3521139 accessed April 25, 2019

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 28/04/2019
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita