home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Menghilangkan Gatal pada Vagina dengan Daun Sirih, Amankah?

Menghilangkan Gatal pada Vagina dengan Daun Sirih, Amankah?

Cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami dengan daun sirih sudah dilakukan secara turun temurun. Namun, apakah cara ini aman? Simak jawabannya di sini ya!

Apa yang menyebabkan gatal pada Miss V?

infeksi jamur vagina

Sebelum mengetahui cara menghilangkan gatal pada vagina, sebaiknya Anda kenali lebih dulu apa penyebab munculnya rasa gatal tersebut.

Biasanya rasa gatal muncul karena keputihan atau terlalu lembab. Kenakanlah pakaian dalam yang mampu menyerap keringat dan rutin mencukur bulu kemaluan untuk mencegah hal tersebut.

Selain itu, beberapa hal lainnya yang dapat menyebabkan gatal pada kemaluan wanita, yaitu sebagai berikut.

  • Iritasi akibat penggunaan bahan kimia tertentu (seperti sabun deterjen, deodoran, dan tisu toilet).
  • Infeksi jamur atau bakteri.
  • Adanya infeksi penyakit menular seksual (seperti penyakit gonore, klamidia, dan herpes).
  • Menderita penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim.

Cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami dengan daun sirih

daun sirih mengobati mimisan

Dari penjelasan sebelumnya dapat Anda ketahui bahwa penyebab gatal pada kemaluan wanita bisa beragam. Adapun gatal yang dapat diatasi oleh daun sirih adalah yang disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Institute Pertanian Pertanian Bogor, ekstrak daun sirih mengandung asam benzoat, hexadecen, tetra metil, dan neophytadiene yang dapat menghambat infeksi jamur Candida tropicalis.

Jurnal Frontiers in Microbiology, menyebutkan bahwa Candida tropicalis dan Candida albicans adalah jenis jamur yang seringkali menyebabkan infeksi pada vagina.

Selain memiliki zat antijamur, ekstrak daun sirih juga mengandung senyawa antibakteri.

Melansir dari American Journal of Clinical and Experimental Immunology, daun sirih mengandung sejumlah senyawa antibakteri seperti, betal-phenol, chavicol dan jenis senyawa fenol lainnya.

Senyawa ini dapat melawan infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang menyebabkan berbagai penyakit, termasuk infeksi pada vagina.

Membuat air rebusan daun sirih sebagai cara untuk menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami

memanaskan makanan

Secara turun temurun, manfaat rebusan daun sirih untuk miss V sudah dikenal di masyarakat, seperti menghilangkan rasa gatal akibat keputihan.

Bagaimana cara membersihkan miss V dengan daun sirih? Yuk simak langkah-langkah berikut.

Siapkan bahan-bahan berikut.

  • 7 lembar daun sirih biasa atau merah ukuran sedang
  • 1 liter air bersih

Cara mengolah daun sirih

  1. Cuci bersih daun sirih menggunakan air yang mengalir.
  2. Didihkan 1 liter air, masukkan daun sirih ke dalamnya lalu matikan api.
  3. Diamkan selama 15 menit hingga air rebusan menjadi hangat (suam-suam kuku).

Anda dapat menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami dengan menggunakan air rebusan daun sirih dengan cara berikut.

  1. Basuhkan air tersebut dari arah depan ke belakang.
  2. Lakukan kegiatan ini satu kali dalam sehari.
  3. Anda dapat memilih waktu setelah mandi atau sebelum tidur

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Tisnawati dalam The Malaysian Journal of Nursing, daun sirih merah memberikan efek antiseptik yang lebih baik daripada daun sirih hijau.

Dari penelitian tersebut disimpulkan pula bahwa air rebusan daun sirih dapat membantu menjaga keseimbangan pH (keasaman) vagina. Selain itu, daun sirih juga dapat mengatasi keputihan gatal akibat jamur Candida albicans.

Amankah menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami dengan daun sirih?

cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami dengan daun sirih

Pada dasarnya, vagina memiliki flora normal berupa bakteri baik seperti Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus bifidus. Fungsinya untuk melawan bakteri patogen penyebab penyakit serta menjaga kelembaban vagina agar tidak kering.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda berhati-hati dalam menggunakan cairan antiseptik pada vagina. Ini karena cairan tersebut dapat mematikan flora normal yang vagina butuhkan.

Lantas bagaimana dengan penggunaan air rebusan daun sirih. Apakah aman untuk kesehatan vagina?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran, kandungan antibakteri pada daun sirih merah cenderung aman bagi flora baik yang terdapat pada vagina.

Meskipun demikian, Anda sebaiknya tidak menggunakan secara berlebihan. Gunakan maksimal satu kali dalam sehari saja memakai 7 lembar daun sirih seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Berkonsultasilah ke dokter

pengobatan gagal ginjal

Berbagai penelitian memang sudah membuktikan efektivitas air rebusan daun sirih sebagai cara untuk menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami.

Meski begitu, jika keputihan dan rasa gatal yang Anda rasakan tidak kunjung reda, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter ya.

Pasalnya bisa saja kondisi itu terjadi akibat infeksi penyakit yang berbahaya. Dokter akan mencari tahu apa penyebab rasa gatal pada vagina yang Anda alami agar penanganannya lebih tepat.

Selain itu, berhati-hatilah menggunakan cairan pembersih vagina tanpa petunjuk dari dokter agar tidak memberikan efek negatif pada Miss V Anda.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Yeast infection (vaginal) – Symptoms and causes. (2019, July 16). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/yeast-infection/symptoms-causes/syc-20378999 Accessed 18 March, 2021

Fitri kusuma, S. A. (2017, May). Antibacterial effect of red piper betel leaf (Piper crocatum Ruiz & pav.) ethanol extracts to lactobacillus acidophilus and L. Bifidus growth inhibition. Innovare Academic Sciences. https://innovareacademics.in/journals/index.php/ajpcr/article/view/19490 Accessed 18 March, 2021

Suza, D. L. (2017, October 13). Antibacterial effect of red piper betel leaf (Piper crocatum Ruiz & pav.) ethanol extracts to lactobacillus acidophilus and L. Bifidus growth inhibition. Innovare Academic Sciences. https://innovareacademics.in/journals/index.php/ajpcr/article/view/19490 Accessed 18 March, 2021

Rahmadani. (2014). Aktivitas Antifungi Ekstrak Daun sirih Hijau (Piper betle L.) Terhadap candida tropicalis. IPB Repository. https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/70462 Accessed 18 March, 2021

Lubis, R. R. (2020, February 25). Antibacterial activity of betle leaf (Piper betle L.) extract on inhibiting staphylococcus aureus in conjunctivitis patient. PubMed Central (PMC). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7076289/ Accessed 18 March, 2021

Tisnawati. (2017). THE EFFECT OF USING RED BETEL LEAVES (Piper crocatum) FOR VAGINAL DISCHARGE AMONG FERTILE AGE WOMEN (FAW). THE MALAYSIAN JOURNAL OF NURSING8(3).

Fitri Kusuma, S. A. (2017). ANTIBACTERIAL EFFECT OF RED PIPER BETLE LEAF (PIPER CROCATUM RUIZ AND PAV.) ETHANOLIC EXTRACTS TO LACTOBACILLUS ACIDOPHILUS AND LACTOBACILLUS BIFIDUS GROWTH INHIBITION. Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research. Special Issue, May. Accessed 18 March, 2021

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Indah Fitrah Yani Diperbarui 20/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita