Pengobatan Alami untuk Mengatasi Vagina Gatal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 13 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Gatal pada vagina memang sangat tidak nyaman. Namun, ini merupakan masalah yang umum dialami oleh banyak wanita. Gatal pada daerah miss V membuat kita tidak tenang, mungkin juga bisa membuat kita malu, terutama jika sedang berada di tempat umum. Meski begitu, ada beberapa pengobatan alami yang bisa membantu untuk mengatasi gatal pada vagina. Apa saja?

Pengobatan alami untuk mengatasi vagina gatal

Gatal pada kaki atau tangan mungkin bisa dengan mudah Anda tangani, Anda biasanya dengan spontan menggaruknya atau memakaikannya bedak. Namun, bagaimana jika terjadi pada bagian miss V?

Vagina gatal bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satu penyebabnya yaitu infeksi Candida atau Candidiasis. Infeksi ini disebabkan oleh jamur Candida albicans.

Ketika rasa gatal menyerang, yang perlu Anda lakukan adalah jangan menggaruknya. Hal itu mengiritasi vagina Anda.

Beberapa bahan alami berikut dapat menjadi salah satu pengobatan untuk mengatasi gatal pada vagina yang mengganggu.

1. Bawang putih

Bawang putih diketahui efektif dalam melawan Candida. Dengan begitu, rasa gatal yang Anda rasakan bisa berkurang karena pengobatan alami ini.

Anda dapat menambahkan bawang putih dalam makanan Anda. Menggunakan bawang putih langsung ke area kewanitaan Anda dapat menimbulkan rasa nyeri dan perih.

2. Greek Yogurt

Makanan yang satu ini merupakan salah satu cara mengobati infeksi jamur dan berpotensi mengobati gatal yang muncul pada vagina secara alami.

Greek yogurt mengandung probiotik yang merupakan lawan dari bakteri jahat dalam tubuh. Dengan menambahkan banyak bakteri baik dalam tubuh, maka bakteri jahat dapat dihilangkan. Beginilah caranya greek yogurt dapat meredakan gatal pada vagina Anda.

Anda dapat minum segelas greek yogurt murni tanpa gula setiap hari untuk mengobati gatal pada vagina Anda. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoleskan yogurt langsung pada miss V Anda. Dengan cara ini, masalah pada vagina Anda mungkin dapat segera hilang. Pastikan greek yogurt yang Anda gunakan tidak mengandung gula karena justru dapat membuat jamur tumbuh subur.

Bagaimana cara mencegah vagina gatal?

Ketimbang mengobati gatal pada vagina, baik menggunakan obat atau secara alami, mencegah tentu jauh lebih baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah vagina gatal.

Jaga vagina agar tetap kering

Setelah mengobati dan meredakan rasa gatal pada vagina secara alami, Anda perlu menjaga agar organ intim Anda tetap kering.

Vagina yang lembap karena keringat dan air merupakan salah satu penyebab bakteri dan jamur berkembang biak, menyebabkan infeksi dan rasa gatal pada vagina. Itu sebabnya, salah satu cara untuk dapat membuat vagina Anda terhindar dari rasa gatal sebelum mengobatinya adalah tetap membuatnya dalam keadaan kering.

Jaga kebersihan vagina

Pengobatan alami yang Anda lakukan untuk mengatasi rasa gatal yang muncul pada vagina akan percuma jika tidak diimbangi dengan kebersihan.

Untuk selalu menjaga kebersihan vagina, Anda dapat mencuci daerah vagina dengan air dan sabun tanpa pengharum. Lakukan ini secara teratur setiap hari, tetapi tidak lebih dari satu kali. Terlalu sering mencuci vagina dapat membuat daerah vagina menjadi kering dan hal ini tidak baik.

Selain itu, Anda juga harus menghindari pemakaian pembalut, panty liner, tisu toilet, atau semprotan vagina yang mengandung pengharum, dan jangan lakukan douching (mencuci vagina dengan larutan kimia).

Gunakan pakaian yang agak longgar

Jika Anda memakai pakaian yang terlalu ketat, Anda lebih mungkin membuat vagina Anda lebih lembab. Menggunakan pakaian yang lebih longgar membuat aliran udara dapat masuk, sehingga membantu vagina agar tetap kering.

Jika vagina Anda masih terasa sangat gatal walaupun Anda sudah melakukan usaha seperti di atas, sebaiknya periksakan segera ke dokter Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tidak Semua Perawatan Vagina Baik untuk Kesehatan, Ini 4 yang Bahaya

Siapa sangka ada beberapa perawatan vagina yang bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan organ intim wanita tersebut? Yuk, kenali apa saja!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Wanita 31 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit

Apakah Masker Vagina Aman untuk Digunakan? Ini Jawabannya

Tidak sekadar mengikut tren, penggunaan masker vagina sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Apa sebenarnya masker vagina? Apakah produk ini aman?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Wanita 29 April 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Perawatan Vagina Agar Tidak Mudah Lembap dan Berkeringat

Mengenakan celana dalam yang basah karena vagina lembap dan berkeringat tentu tidak nyaman. Lantas, bagaimana cara menghindarinya? Intip di sini!

Ditinjau oleh: Fajarina Nurin
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Wanita 17 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

Bagian Vagina yang Boleh dan Tidak Boleh Dibersihkan

Saat membersihkan vagina, tidak semua bagiannya perlu Anda bersihkan. Berikut cara membersihkan vagina yang tepat agar kesehatannya tetap terjaga.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan Wanita 16 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bentuk anatomi vagina

Panduan Lengkap Seputar Anatomi Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit
Hormon Estrogen Rendah Pada Wanita, Apa Tanda dan Gejalanya?

Ciri-ciri Hormon Estrogen Terlalu Rendah Pada Wanita

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 19 November 2020 . Waktu baca 5 menit
pelumas untuk seks

3 Efek Samping Pelumas Vagina dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 3 November 2020 . Waktu baca 4 menit
menghadapi anak masturbasi

Yang Perlu Ortu Lakukan Saat Memergoki Anak Masturbasi

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit