home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pengobatan Alami untuk Mengatasi Vagina Gatal

Pengobatan Alami untuk Mengatasi Vagina Gatal

Gatal pada vagina memang sangat tidak nyaman. Namun, ini merupakan masalah yang umum dialami oleh banyak wanita. Gatal pada daerah miss V membuat kita tidak tenang, mungkin juga bisa membuat kita malu, terutama jika sedang berada di tempat umum. Meski begitu, ada beberapa pengobatan alami yang bisa membantu untuk mengatasi gatal pada vagina. Apa saja?

Pengobatan alami untuk mengatasi vagina gatal

Gatal pada kaki atau tangan mungkin bisa dengan mudah Anda tangani, Anda biasanya dengan spontan menggaruknya atau memakaikannya bedak. Namun, bagaimana jika terjadi pada bagian miss V?

Vagina gatal bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satu penyebabnya yaitu infeksi Candida atau Candidiasis. Infeksi ini disebabkan oleh jamur Candida albicans.

Ketika rasa gatal menyerang, yang perlu Anda lakukan adalah jangan menggaruknya. Hal itu mengiritasi vagina Anda.

Beberapa bahan alami berikut dapat menjadi salah satu pengobatan untuk mengatasi gatal pada vagina yang mengganggu.

1. Bawang putih

Bawang putih diketahui efektif dalam melawan Candida. Dengan begitu, rasa gatal yang Anda rasakan bisa berkurang karena pengobatan alami ini.

Anda dapat menambahkan bawang putih dalam makanan Anda. Menggunakan bawang putih langsung ke area kewanitaan Anda dapat menimbulkan rasa nyeri dan perih.

2. Greek Yogurt

Makanan yang satu ini merupakan salah satu cara mengobati infeksi jamur dan berpotensi mengobati gatal yang muncul pada vagina secara alami.

Greek yogurt mengandung probiotik yang merupakan lawan dari bakteri jahat dalam tubuh. Dengan menambahkan banyak bakteri baik dalam tubuh, maka bakteri jahat dapat dihilangkan. Beginilah caranya greek yogurt dapat meredakan gatal pada vagina Anda.

Anda dapat minum segelas greek yogurt murni tanpa gula setiap hari untuk mengobati gatal pada vagina Anda. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoleskan yogurt langsung pada miss V Anda. Dengan cara ini, masalah pada vagina Anda mungkin dapat segera hilang. Pastikan greek yogurt yang Anda gunakan tidak mengandung gula karena justru dapat membuat jamur tumbuh subur.

Bagaimana cara mencegah vagina gatal?

Ketimbang mengobati gatal pada vagina, baik menggunakan obat atau secara alami, mencegah tentu jauh lebih baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah vagina gatal.

Jaga vagina agar tetap kering

Setelah mengobati dan meredakan rasa gatal pada vagina secara alami, Anda perlu menjaga agar organ intim Anda tetap kering.

Vagina yang lembap karena keringat dan air merupakan salah satu penyebab bakteri dan jamur berkembang biak, menyebabkan infeksi dan rasa gatal pada vagina. Itu sebabnya, salah satu cara untuk dapat membuat vagina Anda terhindar dari rasa gatal sebelum mengobatinya adalah tetap membuatnya dalam keadaan kering.

Jaga kebersihan vagina

Pengobatan alami yang Anda lakukan untuk mengatasi rasa gatal yang muncul pada vagina akan percuma jika tidak diimbangi dengan kebersihan.

Untuk selalu menjaga kebersihan vagina, Anda dapat mencuci daerah vagina dengan air dan sabun tanpa pengharum. Lakukan ini secara teratur setiap hari, tetapi tidak lebih dari satu kali. Terlalu sering mencuci vagina dapat membuat daerah vagina menjadi kering dan hal ini tidak baik.

Selain itu, Anda juga harus menghindari pemakaian pembalut, panty liner, tisu toilet, atau semprotan vagina yang mengandung pengharum, dan jangan lakukan douching (mencuci vagina dengan larutan kimia).

Gunakan pakaian yang agak longgar

Jika Anda memakai pakaian yang terlalu ketat, Anda lebih mungkin membuat vagina Anda lebih lembab. Menggunakan pakaian yang lebih longgar membuat aliran udara dapat masuk, sehingga membantu vagina agar tetap kering.

Jika vagina Anda masih terasa sangat gatal walaupun Anda sudah melakukan usaha seperti di atas, sebaiknya periksakan segera ke dokter Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Todd, Nivin. 2014. Vaginal Itching, Burning, and Irritation. Retrieved from http://www.webmd.com/women/vaginal-itching-burning-irritation?page=2#1. Accessed August 26, 2016.

Stoppler, Melissa Conrad. 2016. Bacterial Vaginosis. Retrieved from http://www.medicinenet.com/bacterial_vaginosis_causes_symptoms_treatment/page9.htm. Accessed August 26, 2016.

10 Home Remedies for Genital Itching. Retrieved from http://www.findhomeremedy.com/10-home-remedies-for-genital-itching/. Accessed August 26, 2016.

http://www.healthline.com/health/womens-health/yeast-infection-home-remedy#overview1

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Arinda Veratamala
Tanggal diperbarui 06/09/2017
x