home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Semakin Besar Usia Anda Saat Haid Pertama, Semakin Tinggi Kemungkinan Panjang Umur

Semakin Besar Usia Anda Saat Haid Pertama, Semakin Tinggi Kemungkinan Panjang Umur

Jika dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia seperti Jepang dan Cina, angka harapan hidup di Indonesia masih rendah, yaitu 70 tahun. Tanpa disadari, ternyata ada salah satu faktor mengejutkan yang bisa memprediksi harapan hidup seseorang, khususnya wanita. Faktor tersebut adalah haid pertama (menarche). Ya, haid pertama mampu memprakirakan seberapa panjang usia Anda nantinya. Bagaimana bisa, ya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Kapan rata-rata anak perempuan mendapatkan haid pertama?

Anak perempuan umumnya akan mendapatkan haid pertamanya di usia 10-15 tahun. Rata-rata usia mendapat menstruasi pertama kalinya adalah 12 tahun. Namun, usia rata-rata ini bisa berbeda-beda di setiap lingkungan. Anak perempuan juga mungkin saja sudah haid sebelum usia 10 tahun atau baru haid setelah melewati usia 15 tahun.

Haid pertama seseorang bisa ditentukan oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya adalah faktor genetik dan lingkungan. Maka, setiap orang dengan susunan gen dan lingkungan berbeda akan mendapat haid pertama di usia yang berbeda.

Haid pertama bisa memprediksi seberapa panjang usia Anda

Sebuah penelitian tahun 2016 dalam jurnal ilmiah Menopause menemukan bahwa wanita yang mendapat menstruasi pertama di usia cukup matang ternyata memiliki peluang lebih besar untuk hidup hingga usia 90 tahun.

Dalam penelitian ini juga disebutkan bahwa wanita yang mencapai menopause di usia lebih tua juga cenderung hidup lebih lama dibandingkan mereka yang sudah menopause di usia relatif muda. Memang sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa semakin cepat Anda mendapat menstruasi pertama, semakin cepat pula Anda mengalami menopause.

Apa hubungan haid pertama dengan panjang usia seseorang?

Hasil penemuan ini tentu menjadi babak baru dalam pemahaman kesehatan wanita secara menyeluruh. Pasalnya, dalam penelitian tahun 2016 tersebut dipaparkan bahwa mereka yang pertama kali haid di usia di atas 12 tahun cenderung lebih sehat dan jauh dari risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung koroner.

Menurut penelitian lain dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention pada 2007, wanita yang mengalami menstruasi pertama sebelum usianya 14 tahun memiliki harapan hidup lebih kecil ketika diserang kanker. Sementara wanita yang pertama kali haid saat berusia 14 tahun ke atas cenderung memiliki harapan hidup hingga 51 persen lebih tinggi.

Memang belum ada penjelasan pasti dari para ahli mengapa orang yang mengalami menstruasi pertama di usia dini cenderung lebih rentan diserang penyakit atau mengalami kematian lebih cepat. Namun, saat ini alasan paling kuat yang bisa menjawab pertanyaan tersebut adalah wanita yang menstruasi di usia dini tubuhnya jadi menua lebih cepat. Karena di usia muda sudah puber, kondisi kesehatan pun makin cepat menurun sehingga rentan terserang penyakit.

Apa artinya bagi orang yang haid di usia dini?

Bila Anda termasuk orang yang pertama kali menstruasi di usia muda, jangan khawatir dulu. Ada banyak cara untuk mencegah penuaan dini serta berbagai penyakit kronis. Beberapa di antaranya adalah memerhatikan nutrisi saat makan, rutin berolahraga, dan memeriksakan kesehatan jika ada keluhan tertentu. Jangan sampai Anda terlambat mendeteksi adanya bakal penyakit. Semakin cepat Anda mendeteksinya, semakin besar pula peluang Anda memulihkan diri.

Kalkulator Masa Subur

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Memantau siklus haid, menentukan hari kesuburan dan lebih membantu Anda untuk merencanakan kehamilan lebih baik.

Kalkulator Masa Subur

Berapa lama siklus haid Anda?

(hari)

28

Berapa lama Anda haid?

(hari)

7

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Women who start menstruation and menopause later more likely to live to 90. https://www.eurekalert.org/pub_releases/2016-07/uoc–hfw072516.php Diakses pada 20 Maret 2017.

7 Surprising Things Your First Period Says About You. http://www.prevention.com/health/your-first-period-and-health-problems Diakses pada 20 Maret 2017.

Angka Harapan Hidup Penduduk Beberapa Negara 1995-2015. https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1517 Diakses pada 20 Maret 2017.

Determinants of Menarche. https://rbej.biomedcentral.com/articles/10.1186/1477-7827-8-115 Diakses pada 20 Maret 2017.

Foto Penulis
Ditulis oleh Irene Anindyaputri Diperbarui 06/11/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x