home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Katanya Cincau Bisa Jadi Obat Alami Panas Dalam, Mitos Atau Fakta?

Katanya Cincau Bisa Jadi Obat Alami Panas Dalam, Mitos Atau Fakta?

Cincau menjadi salah satu bahan pelengkap favorit, terutama untuk berbagai minuman dingin. Bahkan, makanan yang satu ini kerap menjadi salah satu menu wajib di bulan Ramadhan untuk berbuka puasa. Selain menambah kesegaran, cincau dipercaya memiliki manfaat sebagai obat alami untuk panas dalam. Benarkah begitu?

Apakah manfaat cincau untuk panas dalam telah terbukti?

cincau hitam
Sumber: Constant Contact

Cincau merupakan makanan yang dibuat dari sari tanaman, yang kemudian berbentuk jeli atau agar-agar. Terdapat dua jenis cincau, yaitu cincau hijau dan cincau hitam.

Cincau hijau dibuat dari tanaman Mesona procumbens. Sementara cincau hitam terbuat dari Mesona palustris BL. Keduanya berasal dari genus yang sama, tetapi berbeda spesies.

Dari hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Engineering and Science Research ditemukan fakta bahwa cincau hijau mengandung antioksidan, salah satunya fenol. Dalam penelitian disebutkan bahwa kandungan antioksidan ini berpotensi memberikan efek positif jika dikonsumsi oleh orang dengan hiperurisemia (tingginya kadar asam urat dalam darah).

Sementara itu, cincau hitam juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan tanin. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa cincau hitam memiliki manfaat sebagai antidiabetes, antikanker, antihipertensi, mengendalikan kolesterol, dan antidiare.

Sayangnya, dari beberapa penelitian, tidak ada yang menyebutkan bahwa cincau bermanfaat untuk meredakan panas dalam. Selain itu, belum ada penelitian langsung mengenai manfaat cincau baik yang hijau maupun hitam sebagai obat alami panas dalam.

Oleh sebab itu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mengetahui apakah cincau memang benar-benar efektif untuk meredakan panas dalam.

Obat alami untuk panas dalam

panas dalam

Dikarenakan belum ada penelitian khusus yang membuktikan salah satu manfaat cincau sebagai obat alami untuk panas dalam, sebaiknya cari alternatif lainnya. Selain tentunya dengan obat dari dokter, Anda juga bisa meredakan panas dalam dengan berbagai cara alami seperti:

Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu melegakan tenggorokan yang gatal akibat panas dalam. Pasalnya, garam mampu membantu mengeluarkan lendir dari jaringan yang bengkak dan meradang.

Anda cukup mencampurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan segelas air hangat. Kemudian, aduk hingga garam larut dalam air.

Setelah itu, berkumurlah dengan larutan garam selama beberapa detik. Anda bisa melakukannya 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Teh chamomile

Teh chamomile menjadi salah satu teh herbal yang dikenal bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Penelitian yang diterbitkan dalam Molecular Medicine Reports menunjukkan bukti bahwa teh chamomile membantu melumasi tenggorokan.

Teh yang satu ini juga memiliki sifat antiradang untuk mengurangi pembengkakan, antioksidan untuk memperbaiki sel rusak, dan antispasmodik untuk mengurangi batuk.

Minum banyak air

Manfaat cincau untuk panas dalam memang belum terbukti. Lain halnya dengan minum banyak air yang sudah terbukti efektif. Minum cukup air membantu memproduksi liur dan lendir dalam jumlah yang cukup untuk melumasi tenggorokan.

Untuk itu, minumlah air dalam jumlah cukup agar membuat tenggorokan terhidrasi dengan baik sehingga pembengkakan dan peradangan bisa berkurang. Dengan begitu, masalah di tenggorokan dapat teratasi dengan baik. Air putih, kuah sup, dan teh bisa menjadi alternatif cairan untuk membantu meredakan panas dalam.

Menghirup uap hangat

Menghirup uap hangat membantu mengurangi pembengkakan dan meringankan sakit tenggorokan. Anda hanya perlu menyediakan baskom berisi air panas kemudian hirup uapnya secara perlahan.

Agar uap yang dihasilkan bisa terhirup dengan maksimal, tutupi kepala Anda dengan handuk sambil wajah menghadap ke baskom. Tarik napas dalam-dalam kemudian embuskan secara perlahan. Ulangi cara ini hingga Anda merasa lebih baik.

Meski manfaat cincau untuk panas dalam belum bisa dibuktikan secara ilmiah, tentu tidak ada larangan memakannya. Anda tetap bisa kok mendapatkan manfaat lain dari cincau yang bagus untuk kesehatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Introducing the “Green Grass Jelly” Plant. https://www.nparks.gov.sg/mygreenspace/issue-14-vol-3-2012/gardening/introducing-the-green-grass-jelly-plant. Accessed on March 17th 2019

Cincau Hitam (Mesona palustris BL). http://darsatop.lecture.ub.ac.id/2015/06/cincau-hitam-mesona-palustris-bl/. Accessed on March 17th 2019

Black Grass Jelly (Mesona Palustris Bl) Effervescent Powder has Anti-Dyslipidemia in High Cholesterol Diet-Fed Rats and Antioxidant Activity. https://www.researchgate.net/publication/322425711_Black_Grass_Jelly_Mesona_Palustris_Bl_Effervescent_Powder_has_Anti-Dyslipidemia_in_High_Cholesterol_Diet-Fed_Rats_and_Antioxidant_Activity/fulltext/5a5a08220f7e9b5fb38628ac/322425711_Black_Grass_Jelly_Mesona_Palustris_Bl_Effervescent_Powder_has_Anti-Dyslipidemia_in_High_Cholesterol_Diet-Fed_Rats_and_Antioxidant_Activity.pdf?origin=publication_detail. Accessed on March 17th 2019

Chamomile: A herbal medicine of the past with a bright future (Review). https://www.spandidos-publications.com/mmr/3/6/895. Accessed on March 17th 2019

15 natural remedies for a sore throat. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318631.php. Accessed on March 17th 2019

Help for Sore Throats. https://www.healthline.com/health/cold-flu/help-sore-throats. Accessed on March 17th 2019

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 26/03/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x