home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kapan Boleh Kembali Berhubungan Seks Setelah Operasi Usus Buntu?

Kapan Boleh Kembali Berhubungan Seks Setelah Operasi Usus Buntu?

Usai menjalani operasi usus buntu dan diizinkan pulang oleh dokter, mungkin Anda akan penasaran, apakah bisa langsung melakukan hubungan seks setelahnya. Bila harus menunggu, kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seks setelah operasi usus buntu? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Apakah boleh berhubungan seks setelah operasi usus buntu?

Setelah menjalani operasi usus buntu (apendiktomi), tubuh Anda akan butuh waktu untuk kembali pulih seperti biasanya. Pemulihan pasca operasi ini biasanya berlangsung selama 2-3 hari di bangsal rawat inap, tergantung dengan kondisi masing-masing.

Kemudian, setelah 3 hari Anda mungkin saja diizinkan untuk pulang dan diminta untuk beristirahat di rumah. Tapi meski Anda sudah di rumah, bukan berarti Anda dapat melakukan hal apapun. Anda harus tetap beristirahat agar tubuh cepat pulih dan yang terpenting adalah bekas luka operasi cepat kering.

Pasien yang baru menjalani apendiktomi biasanya diizinkan untuk melakukan aktivitas kembali setelah 1 minggu berlalu. Tetapi selama waktu ini Anda biasanya tidak direkomendasikan untuk langsung berhubungan seks setelah operasi usus buntu. Sebab, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman, terutama di bagian perut bawah, jika melakukan hubungan seks setelah operasi usus buntu. Bekas luka operasi mungkin saja menimbulkan rasa nyeri yang tak tertahankan, apalagi baru beberapa hari setelah operasi berlangsung.

Selain itu, menahan diri untuk tidak langsung berhubungan seks setelah operasi usus buntu dapat mencegah Anda terkena infeksi di sekitar bekas luka. Bekas luka operasi harus selalu bersih dan steril, sehingga mencegah bakteri masuk ke dalamnya.

Lalu, kapan saya dapat melakukan seks setelah operasi usus buntu?

Sebaiknya bila Anda ingin berhubungan seks setelah operasi usus buntu, Anda harus memastikan bahwa kondisi Anda telah pulih kembali dan tak ada infeksi atau komplikasi lain yang terjadi.

Bekas luka operasi biasanya akan kering dan sudah dapat dicabut sekitar 2-3 minggu setelah operasi. Anda dapat menunggu hingga jahitan operasi Anda telah dibuka, sehingga Anda bisa melakukan hubungan seks dengan nyaman tanpa merasakan sakit akibat nyeri pada bekas luka.

Sementara otot dan jaringan di sekitar perut Anda butuh waktu yang lebih lama untuk kembali pulih. Namun, jika Anda tidak mengeluhkan apapun setelah jahitan operasi dicabut, maka kondisi Anda sudah cukup aman untuk berhubungan seks. Anda juga dapat bertanya pada dokter yang menangani Anda terkait kapan berhubungan seks boleh dilakukan.

Hal lain yang harus dihindari untuk dilakukan setelah operasi usus buntu

Tak hanya berhubungan seks setelah operasi usus buntu saja yang tidak dianjurkan, namun ada beberapa kegiatan yang sebaiknya Anda hindari seperti:

  • Olahraga dengan intensitas berat, seperti jogging, bersepeda, dan olahraga aerobik.
  • Mengangkat beban yang berat. Hindari kegiatan ini selama kurang lebih 2 minggu. Hal ini termasuk menghindari menggendong anak Anda.
  • Menyetir mobil ketika masih mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Verywell. (2017). When Can I Have Sex After Recovering From Surgery?. [online] Available at: https://www.verywell.com/when-can-i-have-sex-after-surgery-3156916  [Accessed 2 Aug. 2017].

Myhealth.alberta.ca. (2017). Appendectomy: What to Expect at Home . [online] Available at: https://myhealth.alberta.ca/Health/aftercareinformation/pages/conditions.aspx?hwid=ug3573  [Accessed 2 Aug. 2017].

Bennington-Castro (2017). What Is an Appendectomy?. [online] EverydayHealth.com. Available at: https://www.everydayhealth.com/appendicitis/guide/appendectomy/  [Accessed 2 Aug. 2017].

Hopkinsmedicine.org. (2017). Appendectomy 101. [online] Available at: http://www.hopkinsmedicine.org/healthlibrary/test_procedures/gastroenterology/appendectomy_92,P07686/  [Accessed 2 Aug. 2017].

Healthline. (2016). Appendectomy. [online] Available at: http://www.healthline.com/health/appendectomy#procedure5  [Accessed 2 Aug. 2017].

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M pada 22/08/2017
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x