8 Pilihan Obat Herbal untuk Atasi Gejala Sifilis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Obat-obatan herbal sering kali digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk infeksi menular seksual seperti sifilis (sipilis). Meski antibiotik disebut sebagai obat sipilis yang paling efektif, tak sedikit orang yang menggunakan cara tradisional untuk mengobati penyakit ini. Berbagai penelitian pun telah dilakukan guna membeberkan khasiat herbal sebagai obat sipilis. Berikut ulasan lengkapnya.

Beragam obat sifilis (sipilis) herbal

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat, CDC, menyebutkan bahwa obat sipilis yang paling efektif adalah antibiotik.

CDC menyatakan bahwa tidak ada pengobatan rumahan atau obat-obatan bebas yang dapat membunuh bakteri penyebab sifilis.

Meski begitu, ada beberapa hasil penelitian yang menunjukkan penggunaan obat herbal sebagai cara mengobati sifilis (sipilis).

Namun, penelitian-penelitian tersebut biasanya dilakukan tanpa menguji seberapa efektif pengobatan alami tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan obat herbal sifilis (sipilis) ini.

Dikutip dari jurnal Phyto Keys, tanaman herbal yang disebut dapat membantu mengatasi penyakit sipilis di antaranya sebagai berikut:

obat herbal dan tradisional untuk patah tulang

1. Sekam

Sekam atau Achyranthes aspera adalah tumbuhan yang dapat ditemukan di berbagai negara di Asia, termasuk China, Taiwan, Kamboja, Laos, Myanmar, hingga Indonesia.

Tumbuhan herbal ini disebut dapat dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit, termasuk sifilis (sipilis). Bagian tumbuhan sekam yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional sipilis adalah akarnya.

Tumbuhan ini digunakan untuk mengobati luka yang ditimbulkan akibat sifilis.

Cara mengobati sifilis dengan tumbuhan ini yakni dimasak dengan minyak dan buah kecubung, kemudian dioleskan di bagian kulit yang mengalami luka.

2. Bunga mahkota

Bunga mahkota atau Calotropis gigantea ditemukan di berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia.

Bagian-bagian dalam tumbuhan ini, termasuk getah, kulit kayu, bunga, dan akar, dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kulit kayunya bisa digunakan sebagai pengobatan untuk neurodermatitis dan sifilis (raja singa). Cara mengobati sifilis yang satu ini sudah banyak dilakukan di Cina.

Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguji seberapa efektif tanaman herbal ini sebagai obat tradisional sifilis (sipilis).

3. Sarsaparilla

Sarsaparilla atau Ichnocarpus frutescens mungkin Anda kenal sebagai minuman bersoda yang menyegarkan.

Menariknya, ternyata sarsaparilla bisa jadi tanaman yang kaya manfaat, salah satunya untuk obat sifilis (raja singa).

Tumbuhan ini dapat ditemukan di berbagai negara di Asia, termasuk Cina, Kamboja, Sri Lanka, hingga Indonesia.

Bagian herbal sarsaparilla yang digunakan sebagai obat untuk membantu mengatasi sipilis adalah akar. Bagian ini juga dapat dimanfaatkan untuk luka di kulit lainnya, seperti koreng, gigitan hewan, dan cacar.

4. Kopsia merah muda

Kopsia merah muda atau Kopsia fruticosa merupakan tumbuhan yang dapat ditemukan di berbagai negara di Asia Tenggara. Spesies ini digunakan untuk obat herbal dalam mengatasi luka dan sipilis.

Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati sifilis adalah akar. Namun, belum ada penelitian yang menunjukkan khasiat medis khusus dari tumbuhan tersebut.

5. Bunga terompet kuning

Bunga terompet kuning atau bahasa latinnya Tecoma stans merupakan tumbuhan cantik yang diduga punya manfaat sebagai anti-sifilis dan penangkal racun.

Bagian yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal sipilis adalah kulit kayu pohonnya.

6. Annie’s lace

Tanaman Annie’s lace atau Cyperus scariosus merupakan salah satu tanaman yang juga disebut dapat dijadikan obat tradisional untuk atasi sipilis.

Annie’s lace dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional sipilis jika direbus bersama dengan tanaman palasa atau ploso (Butea monosperma). 

7. Milkhedge

Tumbuhan dengan nama latin Euphorbia antiquorum ini dapat ditemukan di Asia Tenggara, terutama di India. Untuk mengambil manfaat dari tumbuhan ini, Anda dapat mengiris batangnya, dikeringkan, dan dijadikan bubuk.

Sementara itu, getahnya dapat dioleskan di permukaan kulit dan kulit akarnya dapat digunakan sebagai obat pencahar untuk mengatasi sembelit.

Jika dipergunakan sebagai obat tradisional sipilis, Anda dapat mengambil bagian empulurnya, yaitu jaringan yang letaknya di bagian terdalam batang.

8. Plum hitam

Tanaman yang dapat ditemukan di berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia ini dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal sipilis.

Penggunaan obat ini sudah dilakukan di Cina, Filipina, hingga Indonesia. Anda bisa menggunakan bagian akar dari tumbuhan plum hitam untuk dijadikan obat tradisional sifilis (sipilis).

Sebelum mencoba, penting untuk dipahami bahwa berbagai herbal yang telah disebutkan di atas mungkin dapat membantu Anda mengatasi gejala sipilis, seperti luka di area genital Anda.

Namun, sebaiknya tetap diskusikan hal ini dengan dokter agar Anda dapat mengambil keputusan dengan tepat dan sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyakit Menular Seksual (Penyakit Kelamin)

Penyakit kelamin (penyakit menular seksual) adalah infeksi yang didapatkan dari berhubungan seks dengan seseorang. Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Seksual 22 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

Sifilis (Raja Singa)

Sipilis, sifilis, atau raja singa, adalah penyakit kelamin yang bisa menyerang pria dan wanita. Cari tahu gejala, penyebab, dan pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Seksual, Sifilis 22 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

Bukan Hanya Satu, Ini Berbagai Gejala Sifilis yang Perlu Anda Perhatikan

Gejala sipilis (raja singa) sering kali tidak tampak jelas sehingga tanpa sadar Anda mungkin mengalaminya bertahun-tahun. Apa saja ciri yang mungkin muncul?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Seksual, Sifilis 9 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Selain Rasanya Unik, Ini 5 Khasiat Utama Sarsaparilla Bagi Kesehatan

Sarsaparilla dikenal sebagai minuman ringan yang mirip root beer. Ternyata, sarsaparilla adalah tanaman yang memiliki segudang manfaat penting.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 3 Januari 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

disunat

Disunat Atau Tidak, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
jerawat di vagina

9 Penyebab Munculnya Bisul dan Benjolan di Bibir Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 11 Februari 2021 . Waktu baca 8 menit
sipilis sifilis pada wanita

Tak Boleh Disepelekan, Para Wanita Perlu Mengenali Gejala Sifilis di Tiap Tahapan

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 8 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit
Obat sipilis

Agar Gejala Penyakit Sifilis Cepat Sembuh, Ini Obat yang Perlu Diminum

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit