home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

8 Pilihan Obat Herbal untuk Atasi Gejala Sifilis

8 Pilihan Obat Herbal untuk Atasi Gejala Sifilis

Obat-obatan herbal sering kali digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk infeksi menular seksual seperti sifilis (sipilis). Meski antibiotik disebut sebagai obat sipilis yang paling efektif, tak sedikit orang yang menggunakan cara tradisional untuk mengobati penyakit ini. Berbagai penelitian pun telah dilakukan guna membeberkan khasiat herbal sebagai obat sipilis. Berikut ulasan lengkapnya.

Beragam obat sifilis (sipilis) herbal

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat, CDC, menyebutkan bahwa obat sipilis yang paling efektif adalah antibiotik.

CDC menyatakan bahwa tidak ada pengobatan rumahan atau obat-obatan bebas yang dapat membunuh bakteri penyebab sifilis.

Meski begitu, ada beberapa hasil penelitian yang menunjukkan penggunaan obat herbal sebagai cara mengobati sifilis (sipilis).

Namun, penelitian-penelitian tersebut biasanya dilakukan tanpa menguji seberapa efektif pengobatan alami tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan obat herbal sifilis (sipilis) ini.

Dikutip dari jurnal Phyto Keys, tanaman herbal yang disebut dapat membantu mengatasi penyakit sipilis di antaranya sebagai berikut:

obat herbal dan tradisional untuk patah tulang

1. Sekam

Sekam atau Achyranthes aspera adalah tumbuhan yang dapat ditemukan di berbagai negara di Asia, termasuk China, Taiwan, Kamboja, Laos, Myanmar, hingga Indonesia.

Tumbuhan herbal ini disebut dapat dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit, termasuk sifilis (sipilis). Bagian tumbuhan sekam yang dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional sipilis adalah akarnya.

Tumbuhan yang satu ini digunakan untuk mengobati luka yang ditimbulkan akibat sifilis.

Cara mengobati sifilis dengan tumbuhan ini yakni dimasak dengan minyak dan buah kecubung, kemudian dioleskan di bagian kulit yang mengalami luka.

2. Bunga mahkota

Bunga mahkota atau Calotropis gigantea ditemukan di berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia.

Bagian-bagian dalam tumbuhan ini, termasuk getah, kulit kayu, bunga, dan akar, dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kulit kayunya bisa digunakan sebagai pengobatan untuk neurodermatitis dan sifilis (raja singa). Cara mengobati sifilis yang satu ini sudah banyak dilakukan di Cina.

Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguji seberapa efektif tanaman herbal ini sebagai obat tradisional sifilis (sipilis).

3. Sarsaparilla

Sarsaparilla atau Ichnocarpus frutescens mungkin Anda kenal sebagai minuman bersoda yang menyegarkan.

Menariknya, ternyata sarsaparilla bisa jadi tanaman yang kaya manfaat, salah satunya untuk obat sifilis (raja singa).

Tanaman herbal ini dapat ditemukan di berbagai negara di Asia, termasuk Cina, Kamboja, Sri Lanka, hingga Indonesia.

Bagian herbal sarsaparilla yang digunakan sebagai obat untuk membantu mengatasi sipilis adalah akar. Bagian ini juga dapat dimanfaatkan untuk luka di kulit lainnya, seperti koreng, gigitan hewan, dan cacar.

4. Kopsia merah muda

Kopsia merah muda atau Kopsia fruticosa merupakan tumbuhan yang dapat ditemukan di berbagai negara di Asia Tenggara. Spesies ini digunakan untuk obat herbal dalam mengatasi luka dan sipilis.

Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati sifilis adalah akar. Namun, belum ada penelitian yang menunjukkan khasiat medis khusus dari tumbuhan tersebut.

5. Bunga terompet kuning

Bunga terompet kuning atau bahasa latinnya Tecoma stans merupakan tumbuhan cantik yang diduga punya manfaat sebagai anti-sifilis dan penangkal racun.

Bagian yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal sipilis adalah kulit kayu pohonnya.

6. Annie’s lace

Tanaman Annie’s lace atau Cyperus scariosus merupakan salah satu tanaman yang juga disebut dapat dijadikan obat tradisional untuk atasi sipilis.

Annie’s lace dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional sipilis jika direbus bersama dengan tanaman palasa atau ploso (Butea monosperma).

7. Milkhedge

Tumbuhan dengan nama latin Euphorbia antiquorum ini dapat ditemukan di Asia Tenggara, terutama di India.

Untuk mendapatkan manfaat dari tanaman herbal ini Anda dapat mengiris batangnya, dikeringkan, dan dijadikan bubuk.

Sementara itu, getahnya dapat dioleskan di permukaan kulit dan kulit akarnya dapat digunakan sebagai obat pencahar untuk mengatasi sembelit.

Jika dipergunakan sebagai obat tradisional sipilis, Anda dapat mengambil bagian empulurnya, yaitu jaringan yang letaknya di bagian terdalam batang.

8. Plum hitam

Tanaman yang dapat ditemukan di berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia ini dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal sipilis.

Penggunaan obat ini sudah dilakukan di Cina, Filipina, hingga Indonesia. Anda bisa menggunakan bagian akar dari tumbuhan plum hitam untuk dijadikan obat tradisional sifilis (sipilis).

Sebelum mencoba, penting untuk dipahami bahwa berbagai herbal yang telah disebutkan di atas mungkin dapat membantu Anda mengatasi gejala sipilis, seperti luka di area genital Anda.

Namun, sebaiknya tetap diskusikan hal ini dengan dokter agar Anda dapat mengambil keputusan dengan tepat dan sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Das, D., Sinha, N., Chattopadhyay, J., Das, M., & Samanta, P. (2013). The use of Medicinal Plants for the treatment of Gonorrhoea and Syphilis in South West Bengal of India. International Journal Of Phytomedicine, 5(1), 14-17. Retrieved from https://www.arjournals.org/index.php/ijpm/article/view/670

The Most Important Herbs Used in the Treatment of Sexually Transmitted Infections in Traditional Medicine | Sudan Journal of Medical Sciences (SJMS) . (2021). Retrieved 19 January 2021, from https://knepublishing.com/index.php/SJMS/article/view/4691/9300

Medicinal plants used for the treatment of sexually transmitted infections by lay people in northern Maputaland, Kwazulu-Natal Province, South Africa. . (2012). Retrieved 19 January 2021, from https://www.cabi.org/ISC/abstract/20123059332

CDC – Syphilis Treatment. (2021). Retrieved 19 January 2021, from https://www.cdc.gov/std/syphilis/treatment.htm

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Fajarina Nurin Diperbarui 02/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.