home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Tidak Boleh Menggunakan Scrub Badan untuk Wajah

Kenapa Tidak Boleh Menggunakan Scrub Badan untuk Wajah

Meski sama-sama berfungsi mengangkat sel kulit mati, produk krim scrub untuk badan tidak boleh digunakan pada wajah. Mungkin Anda berpikir bahwa cara ini lebih ringkas; sekalian aja menggosok wajah sambil scrub badan. Ada baiknya Anda memisahkan penggunaan keduanya. Mengapa demikian?

Scrub badan sebaiknya tak dipakai untuk wajah

Bila Anda bertanya-tanya mengapa scrub badan sebaiknya tidak dipergunakan untuk wajah, jawabannya sama seperti sabun. Sabun mandi pun tak seharusnya digunakan untuk membersihkan wajah.

Kulit badan memiliki sifat yang berbeda dengan kulit wajah. Secara struktur fisik, kulit tubuh lebih tebal dan “tahan banting” ketimbang kulit wajah yang sensitif dan tipis.

Maka itu, krim scrub buat badan biasanya memiliki tekstur yang lebih kasar dan tebal dibandingkan scrub wajah. Bahan aktif yang terkandung dalam scrub badan juga biasanya memiliki konsenstrasi asam yang lebih kuat dibandingkan produk buat wajah.

Ketika scrub badan dipakai untuk mengangkat sel kulit mati wajah, hal ini bisa saja menyebabkan kulit teriritasi. Iritasi pada kulit wajah akibat pemakaian scrub tubuh dapat menimbulkan jerawat, dan bahkan luka gores.

Mengatasi kulit wajah yang iritasi akibat pakai scrub

Kulit wajah yang memerah, perih, dan terasa panas karena iritasi dapat segera diatasi dengan mengompres dingin. Anda bisa mengompres kulit dengan es batu yang dibalut waslap atau dengan gel aloe vera (gel lidah buaya).

Mengutip Healthline, menurut dr. Aanand Geria, seorang dermatologis dari Geria Dermatology, gel lidah buaya dapat cepat meredakan iritasi taraf ringan pada kulit. Geria menyarankan untuk langsung mengoleskan lidah buaya pada permukaan kulit yang teriritasi.

Selama kulit masih teriritasi, Anda perlu menyesuaikan rutinitas perawatan wajah. Anda perlu sementara mengurangi pemakaian sabun wajah berbusa, retinol, maupun eksfoliator yang berbahan kimia sampai kulit benar-benar sembut.

Geria juga merekomendasikan pemakaian serum vitamin C untuk mempercepat proses penyembuhan.

Pemilihan perawatan tepat untuk wajah

Agar tak lagi mengalami iritasi akibat penggunaan scrub, pilihlah scrub yang memang dikhususkan untuk wajah. Penggunaan scrub wajah yang tepat dapat mengangkat sel mati yang menumpuk.

Untuk scrub wajah, Anda butuh mengenali dulu seperti apa tipe kulit wajah Anda, misalnya kering, kombinasi (berminyak dan kering), berminyak, sensitif, ataupun normal. Eksofiliasi tergantung dari tipe kulit Anda.

Secara general, scrubbing dapat dilakukan dengan menggunakan sikat eksofiliasi khusus wajah untuk mengusir sel kullt mati. Jangan lupa untuk menggunakan facial cleanser.

Selain itu untuk scrub wajah, Anda juga bisa menggunakan waslap dengan tekstur yang lembut. Sebelumnya, basahi kulit, lalu mulailah menggosok secara lembut dengan gerakan melingkar. Setelahnya keringkan wajah Anda.

Cara lain mengangkat sel kulit wajah, Anda bisa menggunakan produk khusus kiimawi. Kandungan yang direkomendasikan sebagai eksofiliator kulit wajah di antaranya.

  • asam hidroksi alfa: glikolik, laktat, asam tartar
  • asam hidroksi beta: asam salisilat
  • retinoid salep
  • chemical peels: asam trikloroasetat, karbonat, atau fenol.

Anda bisa menggunakan cara dan rekomendasi di atas untuk melakukan scrub wajah. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter kulit mengetahui perawatan yang tepat, tergantung jenis kulit Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Acuan >> Here’s Why You Shouldn’t Use Your Body Scrub on Your Face. https://www.skincare.com/article/can-you-use-body-scrub-on-your-face. Diakses 7 November 2019.

Halt the Face Acids: Here’s How to Know If You’re Over-Exfoliating. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/over-exfoliating#when-to-restart-exfoliating. Diakses 7 November 2019.

Looking for an Easy-to-Make Body Scrub? Try these 5 DIY Recipes. https://www.healthline.com/health/skin/diy-body-scrub#benefits. Diakses 7 November 2019.

Exfoliation Tips to Help Acne-Prone Skin. https://www.verywellhealth.com/exfoliation-basics-15626. Diakses 7 November 2019.

How to Remove Dead Skin from Your Face. https://www.healthline.com/health/remove-dead-skin-from-face#skin-types. Diakses 7 November 2019.

Hekmatpou, Davood & Mehrabi, Fatemeh & Rahzani, Kobra & Aminian, Atefeh. (2018). The Effect of Aloe Vera Clinical Trials on Prevention and Healing of Skin Wound: A Systematic Review. Iranian Journal of Medical Sciences. 44. 10.30476/ijms.2019.40612. Diakses 7 November 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 13/12/2019
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x