backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Berfasilitas Lengkap, Ini 7 Pilihan Rumah Sakit di Purwokerto

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 25/10/2023

    Berfasilitas Lengkap, Ini 7 Pilihan Rumah Sakit di Purwokerto

    Anda mencari daftar rumah sakit terbaik di Purwokerto? Bagi Anda yang baru tinggal di Purwokerto atau sedang berkunjung ke daerah ini, Anda mungkin bingung harus memilih rumah sakit mana untuk berobat. Untuk mempermudah Anda, berikut adalah rekomendasi rumah sakit terbaik yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan yang Anda alami. 

    Rekomendasi rumah sakit di Purwokerto 

    Ada banyak rumah sakit yang tersebar di Purwokerto, baik yang dimiliki pemerintah maupun swasta.

    Beberapa rumah sakit memiliki fasilitas dan layanan lengkap yang tentunya dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum menentukan berobat ke mana.

    Agar tidak bingung, berikut ini adalah beberapa rekomendasi rumah sakit (RS) di Purwokerto  beserta gambaran fasilitas dan penjelasannya. 

    1. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. Margono Soekarjo

    Rumah Sakit di Surabaya

    RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo merupakan rumah sakit tipe B milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

    RS yang berada di kota Purwokerto ini memberikan pelayanan kesehatan dengan jangkauan masyarakat di Wilayah Jawa Tengah bagian barat-selatan. 

    Rumah sakit pemerintah daerah ini memiliki layanan dan fasilitas medis yang lengkap, termasuk rawat jalan, rawat inap, hingga IGD 24 jam setiap harinya. 

    Rumah sakit ini memiliki 18 poliklinik dengan beberapa layanan unggulan, seperti bedah saraf, jantung, hingga maternal perinatal. 

    2. Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Universitas Jenderal Soedirman

    Mencari rumah sakit gigi dan mulut? RSGM Universitas Jenderal Soedirman mungkin bisa menjadi jawabannya. Ini merupakan salah satu rumah sakit universitas yang dibangun sejak 2011. 

    RSGMP Universitas Jenderal Soedirman terletak di kawasan Universitas Jenderal Soedirman, tepatnya di rumpun ilmu sains dan teknologi.

    Rumah sakit tipe B ini memiliki beberapa pelayanan kesehatan khusus gigi dan mulut, mulai dari dokter gigi umum hingga dokter gigi spesialistik, seperti gigi anak, prostodontik, dan ortodontik. 

    Tahukah Anda?

    RSGMP Universitas Jenderal Soedirman merupakan rumah sakit gigi dan mulut pendidikan pertama di kawasan Jawa Tengah. Sebagai rumah sakit pendidikan, RSGMP Universitas Jenderal Soedirman menjadi tempat pembelajaran bagi mahasiswa Jurusan Kedokteran Gigi.

    3. Rumah Sakit Hermina Purwokerto 

    RS swasta di Purwokerto satu ini berdiri sejak 2018 dengan kapasitas 110 tempat tidur, mulai dari super VIP hingga kelas 3.

    RS Hermina Purwokerto memiliki fasilitas medis lengkap yang didukung oleh dokter spesialis tepercaya. Fasilitas ini di antaranya instalasi farmasi, laboratorium, hingga radiologi yang beroperasi 24 jam. 

    Di bawah naungan Hermina Group, RS di Purwokerto ini juga menerima pelayanan umum, asuransi, hingga BPJS Kesehatan.

    Rumah sakit tipe C ini pun memiliki beberapa layanan, seperti obstetri dan ginekologi, pediatri, gigi spesialistik, klinik tumbuh kembang, perina, NICU, PICU, dan ICU. 

    4. Rumah Sakit Umum (RSU) Bunda Purwokerto 

    RSU Bunda Purwokerto mulai beroperasi sejak 1990 serta memiliki beberapa layanan unggulan, seperti endoskopi, colonoscopy, hingga USG 4 dimensi

    Berbagai pelayanan yang diberikan didukung oleh ragam dokter spesialis, termasuk dokter kandungan hingga dokter anak. 

    RS tipe D ini juga menyediakan layanan kesehatan untuk bayi dan anak-anak, termasuk vaksinasi dan perawatan medis lainnya. 

    5. Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto

    rumah sakit ortopedi

    Daftar RS di Purwokerto yang selanjutnya adalah RS Orthopaedi Purwokerto.

    Ini adalah satu-satunya rumah sakit swasta di Jawa Tengah, khususnya Purwokerto, yang berfokus pada penanganan kasus-kasus ortopedi, traumatologi, dan rehabilitasi. 

    Rumah sakit tipe C ini juga memiliki beberapa layanan lainnya, seperti home care (exercise therapy), ortotik prostetik (klinik dan bengkel ortotik prostetik), hingga fisioterapi.  

    Mengutip dari National Health Service UK, fisioterapi adalah perawatan yang kerap digunakan untuk membantu pasien mengembalikan fungsi dan gerak tubuh ketika mengalami cedera, penyakit, atau cacat. 

    6. Rumah Sakit Khusus Bedah Jatiwinangun

    RS di Purwokerto yang menerima pasien BPJS selanjutnya adalah Rumah Sakit Khusus Bedah Jatiwinangun.

    Sesuai dengan namanya, RS ini adalah rumah sakit khusus bedah terbaik yang ada di Purwokerto. 

    Meski merupakan rumah sakit bedah, rumah sakit tipe C ini juga memiliki beberapa layanan lainnya, seperti dokter umum, dokter gigi, hingga dokter kebidangan dan kandungan. 

    7. Rumah Sakit Umum Dadi Keluarga 

    Rumah sakit tipe C ini awalnya hanya memiliki pelayanan rawat jalan tanpa adanya pasien rawat inap.

    Namun, karena terus melakukan pengembangan fasilitas dan pelayanan spesialis, RS Umum Dadi Keluarga akhirnya membuka pelayanan rawat inap. 

    Rumah sakit swasta ini memiliki beberapa layanan unggulan, seperti radioterapi, kemoterapi, fisioterapi, dan hemodialisa. 

    Rumah Sakit Umum Dadi Keluarga juga memiliki lebih dari 20 poliklinik dengan dokter terbaik di bidangnya, termasuk poli ortopedi, saraf, jantung, THT, mata, dan penyakit dalam.  

    Itulah beberapa rumah sakit di Purwokerto milik swasta maupun pemerintah berfasilitas lengkap yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum mengunjunginya. 

    Anda juga bisa melihat daftar rumah sakit terdekat dari lokasi Anda di Hello Sehat dan booking langsung layanannya melalui platform ini. 

    Terlepas dari tipe rumah sakit tersebut, apakah RS tersebut termasuk tipe A, B, C, atau bahkan D, pilihlah rumah sakit yang terdekat dari lokasi dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

    Catatan

    Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Fakta medis diperiksa oleh

    Hello Sehat Medical Review Team


    Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 25/10/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan