backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

Tersebar di Indonesia, Ini Daftar Rumah Sakit Pemerintah

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 26/10/2022

Tersebar di Indonesia, Ini Daftar Rumah Sakit Pemerintah

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah rumah sakit pemerintah. Ini berarti rumah sakit ini dimiliki dan didirikan oleh pemerintah, dalam hal ini adalah pemerintah pusat.

Nah, yang perlu Anda pahami, ada banyak rumah sakit milik pemerintah pusat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, baik itu yang umum maupun khusus.

Jika Anda sedang mencari rumah sakit pemerintah mana yang terdekat dari lokasi Anda, cek ulasan berikut untuk tahu jawabannya.

Daftar rumah sakit umum milik pemerintah pusat

Sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang (UU) No. 44 Tahun 2009, rumah sakit umum memberikan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit.

Inilah mengapa rumah sakit umum milik pemerintah sering menjadi rujukan untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan COVID-19.

Apa saja daftarnya? Berikut adalah daftar rumah sakit umum milik pemerintah yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia.

1. Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati

covid-19 rumah sakit penyebaran penyakit menular di rumah sakit

Sebagai salah satu pusat rujukan, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati menyediakan ragam layanan unggulan, seperti spine center, klinik tumbuh kembang, dan hemodialisa.

Untuk mendapatkan layanan tersebut, Anda bisa datang ke RSUP Fatmawati di Jl. RS. Fatmawati Raya No.4, Cilandak, Jakarta Selatan.

2. Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan

Berlokasi di Jl. Persahabatan Raya No. 1 Jakarta Timur, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan menjadi rumah sakit rujukan respirasi nasional.

Namun, sebagai rumah sakit umum, RSUP Persahabatan juga menawarkan layanan unggulan lainnya, termasuk urologi, bedah minimal invasif, kanker, dan rehabilitasi medik.

3. RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM)

Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo merupakan rumah sakit umum pemerintah di Jakarta yang menjadi pusat rujukan nasional.

Berbagai layanan unggulan yang ada di RSCM, di antaranya pelayanan jantung terpadu, sel punca (stem cell), transplantasi ginjal dan hati, hingga prosedur bedah gamma knife.

4. Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin (RSHS)

Berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin dimiliki oleh pemerintah dan ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan nasional sejak tahun 2014.

RSHS memiliki 395 dokter spesialis dan subspesialis dengan enam layanan unggulan, seperti jantung, onkologi, infeksi, bedah minimal invasif, kedokteran nuklir, dan transplantasi ginjal.

5. Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Soeradji Tirtonegoro

Berlokasi di Klaten, Jawa Tengah, Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Soeradji Tirtonegoro didirikan pada 20 Desember 1927 dan telah menjadi rumah sakit umum pusat kelas A sejak 2018.

RSUP Soeradji Tirtonegoro memiliki beberapa layanan unggulan, di antaranya pelayanan tulang belakang, pinggul dan lutut (hip and knee), geriatri, pediatrik, dan kanker.

6. Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi

Berada di Semarang, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi merupakan rumah sakit milik pemerintah yang menjadi rujukan di wilayah Jawa Tengah.

Dengan tipe A, rumah sakit ini menawarkan layanan medis yang lengkap, mulai dari rawat jalan, rawat inap, hingga pelayanan infertilitas, paliatif, dan check up kardiovaskular.

7. Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito

rumah sakit universitas

Sebagai salah satu pusat rujukan nasional. Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito memiliki layanan unggulan, seperti kanker, jantung, mata, cangkok ginjal, dan bayi tabung.

Rumah sakit kelas A pendidikan ini berlokasi di Jl. Kesehatan Sendowo No.1, Sendowo, Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta.

8. Rumah Sakit Umum Pusat Dr. M. Djamil

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M. Djamil beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan, Sawahan Timur, Kota Padang, Sumatera Barat.

Rumah sakit bertipe A ini fokus memberikan pelayanan kesehatan spesialis dan subspesialis kepada pasien dengan layanan unggulan jantung, obstetri neonatal, dan transplantasi organ ginjal.

9.  Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin (RSMH)

Dengan layanan unggulan onkologi terpadu dan jantung terpadu, RSUP Dr. Mohammad Hoesin ditetapkan sebagai salah satu rumah sakit rujukan nasional sejak 2014.

Rumah sakit pendidikan utama Universitas Sriwijaya ini berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman Km 3,5, Palembang, Sumatera Selatan.

10. Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah merupakan rumah sakit pemerintah di Denpasar dan menjadi rujukan untuk Bali, NTB, NTT, dan Timor Timur menurut SK Menkes tahun 1978.

Sebagai rumah sakit tipe A, RSUP Sanglah Denpasar memiliki tiga layanan unggulan, yaitu pelayanan jantung terpadu, kanker terpadu, serta kesehatan ibu dan anak.

11. Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Wahidin Sudirohusodo

Sejak tahun 1994, RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan, berkelas A, serta rujukan tertinggi di Kawasan Timur Indonesia.

Rumah sakit di Makassar ini memiliki layanan unggulan private care center, pusat jantung terpadu, infection center, mother and child center, gastroentero-hepatology center, dan brain center.

12. Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik

Didirikan sejak 1993, Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik (RSUP HAM) merupakan rumah sakit pemerintah yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara.

Rumah sakit ini memiliki layanan unggulan di bidang onkologi untuk pencegahan dan pengobatan penyakit kanker, termasuk radioterapi, kedokteran nuklir, dan kemoterapi.

13. RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou

Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. R. D. Kandou berlokasi di Jl. Raya Tanawangko No.56 Manado.

Ragam layanan unggulan yang dimiliki RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou, di antaranya transplantasi ginjal, bedah orthopedi, bedah vaskuler, NICU, endoscopic ultrasound, kanker, dan jantung.

Daftar rumah sakit khusus milik pemerintah pusat

rumah sakit ortopedi

Selain rumah sakit umum, pemerintah pusat juga memiliki daftar rumah sakit yang khusus menangani bidang, jenis penyakit, atau organ tertentu. Misalnya rumah sakit ortopedi.

Berikut adalah daftar rumah sakit khusus yang dimiliki pemerintah pusat dan berada di sejumlah wilayah Indonesia.

  1. Rumah Sakit Khusus Mata Cicendo.
  2. RS Paru Dr. H. A. Rotinsulu.
  3. RS Orthopedi Prof. Dr. R. Soeharso.
  4. Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo.
  5. RS Paru Dr. Ario Wirawan.
  6. RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang.
  7. Rumah Sakit Kanker Dharmais.
  8. RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita.
  9. RS Stroke Nasional.
  10. Rumah Sakit Ketergantungan Obat.
  11. RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso.
  12. RSK Pusat Otak Nasional.
  13. RS Kusta Dr. Rivai Abdullah.
  14. RS Jiwa Dr. Soeharto Heerjan.
  15. Rumah Sakit Paru Dr. M Goenawan Partowidigdo.
  16. RS Anak dan Bunda Harapan Kita.
  17. RS Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi.
  18. Rumah Sakit Kusta Dr. Sitanala.
  19. RS Kusta Dr. Tadjuddin Chalid, MPH.

Dari daftar-daftar rumah sakit di atas, pilihlah rumah sakit yang terdekat dari lokasi Anda atau yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mempermudah Anda, Anda juga bisa booking rumah sakit, klinik, dokter, atau layanan yang Anda butuhkan melalui platform Hello Sehat.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 26/10/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan