backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

9 Rumah Sakit di Semarang dengan Fasilitas Terbaik

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 26/12/2023

9 Rumah Sakit di Semarang dengan Fasilitas Terbaik

Rumah sakit memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan masyarakat di suatu daerah. Maka, tidak heran jika rumah sakit menjadi salah satu fasilitas dasar yang terus dikembangkan di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Semarang.

Sebagai salah satu tempat pusat aktivitas di Jawa Tengah, Semarang telah memiliki daftar rumah sakit dengan fasilitas cukup memadai. Mulai dari fasilitas rawat jalan, rawat inap, fasilitas bedah, laboratorium, dan masih banyak lagi.

9 daftar rumah sakit di Semarang dengan fasilitas terlengkap

Jika Anda tinggal atau sedang berada di Semarang, berikut adalah beberapa rekomendasi rumah sakit yang bisa Anda jadikan pilihan untuk berobat atau memastikan kondisi kesehatan.

1. RSUP Dr. Kariadi

rumah sakit di karawang

Berdiri sejak 9 September 1923, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi telah menjadi rumah sakit terlengkap sekaligus rumah sakit rujukan di Jawa Tengah.

Sebagai rumah sakit kelas A, RSUP Dr. Kariadi juga menjadi tempat pendidikan bagi dokter, dokter spesialis, dan subspesialis dari Fakultas Kedokteran UNDIP dan Institusi Pendidikan lainnya.

Selain menyediakan layanan rawat jalan, rawat inap, gawat darurat, medical check up, hingga infertilitas, RSUP Dr. Kariadi juga memberikan layanan Gardenia untuk kosmetik klinik.

Dibangun di tanah seluas 193.410 meter persegi, RSUP Dr. Kariadi memiliki kapasitas 1.108 tempat tidur dengan rincian:

  • 124 kamar VIP,
  • 193 kamar kelas 1,
  • 148 kamar kelas 2,
  • 472 kamar kelas 3,
  • 38 ruang intensif,
  • 9 ruang isolasi TB, dan
  • 124 ruang isolasi.

Alamat: Jalan Dr. Sutomo No. 16, Semarang, Jawa Tengah

Nomor telepon: 024-8413476

2. RSI Sultan Agung

Ditetapkan sebagai RS Syariah pertama di Indonesia pada 2017 lalu, Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung telah terdaftar sebagai rumah sakit tipe B.

Dengan luas gedung mencapai 33.683 meter persegi, RSI Sultan Agung telah dilengkapi dengan 4 kamar VVIP, 42 kamar VIP, 83 kamar kelas 1, 100 kamar kelas 2,  dan 115 kamar kelas 3.

Sementara untuk pelayanan rawat jalan, RSI Sultan Agung telah memiliki 17 klinik. Beberapa ddi antaranya adalah THT, saraf, penyakit dalam, kesuburan, hingga rehabilitasi medik.

Rumah Sakit yang juga tersedia di Banjarbaru ini memiliki unit hemodialisis, instalasi gawat darurat (IGD), instalasi bedah sentral, intensive care unit (ICU), perinatal resiko tinggi (PERISTI), dan kamar bersalin.

Alamat: Jalan Raya Kaligawe KM 4, Terboyo Kulon, Genuk, Semarang, Jawa Tengah

Nomor telepon: 024-6580019

3. RSUD Tugurejo

Dibangun di atas tanah seluas 37.361 meter persegi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugurejo memiliki gedung rawat jalan, kamar bedah, kamar bersalin, bangsal perawatan, IGD, kantor, auditorium, wisma, dan bagian penunjang.

Rumah sakit pemerintah di kota Semarang ini juga telah dilengkapi dengan layanan PPKPA untuk penanganan kekerasan pada perempuan dan anak serta trauma center.

Selain itu, RSUD Tugurejo juga menawarkan produk pelayanan unggulan seperti CO2 laser, beautytek, accent ultra, medical check up, ND YAG laser, dan peeling.

Alamat: Jalan Walisongo KM 8,5 No. 137, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah

Nomor telepon: 024-7605378

4. RSUD KRMT Wongsonegoro

Sebagai rumah sakit pendidikan utama tipe B, Rumah Sakit Daerah (RSUD) KRMT Wongsonegoro menyediakan fasilitas lengkap berkapasitas 538 tempat tidur dan 531 pegawai petugas kesehatan serta struktural.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, rumah sakit yang telah ada di Semarang sejak tahun 1990 ini juga telah memiliki aplikasi MY RSWN.

Aplikasi ini telah dilengkapi dengan fasilitas pendaftaran online, jadwal dokter, ketersediaan kamar tidur, layanan gawat darurat, riwayat perawatan, hingga pemberian kritik dan saran.

RSD KRMT Wongsonegoro telah dilengkapi layanan medis berupa poliklinik eksekutif, medical check up (MCU), perinatologi, hemodialisa, rawat jalan, rawat inap, dan IGD.

Rumah sakit ini juga telah dilengkapi fasilitas penunjang medis seperti pemulasaran jenazah, pelayanan gizi, rehabilitasi medik, radiologi, instalasi bedah sentral, dan laboratorium.

Alamat: Jalan Fatmawati No 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah

Nomor telepon: 024-6711500

5. RSJD Dr. Amino Gondohutomo

virus corona rumah sakit

Dalam bidang kesehatan mental, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Dr. Amino Gondohutomo siap membantu masyarakat Semarang dan sekitarnya.

Untuk perawatan pasien dengan masalah kejiwaan, RSJD Dr. Amino Gondohutomo menerapkan Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP).

Melalui metode perawatan tersebut, pasien bisa mendapat perawatan dengan berbagai jenis terapi, mulai dari terapi aktivitas kelompok, okupasi, musik, dan masih banyak lagi.

Selain memberi pelayanan diagnosis hingga perawatan pasien dengan gangguan kejiwaan, RSJD Dr. Amino Gondohutomo juga menawarkan pelayanan rawat inap non-jiwa, seperti penyakit dalam, bedah dan bedah mulut, anak, kandungan (OBGYN), perinatologi, dan saraf.

Alamat: Jalan Brigjen Sudiarto No. 347 Palebon, Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah

Nomor telepon: 024-6722565

6. RSKB Columbia Asia

Berhasil mendapatkan penghargaan sebagai rumah sakit dengan kelas A pada tahun 2018 lalu, Rumah Sakit Columbia Asia Semarang telah dilengkapi berbagai layanan fasilitas kesehatan.

Beberapa layanan yang tersedia mulai dari rawat inap, rawat jalan, hemodialisis, antenatal dan pascamelahirkan, IGD, dan masih banyak lagi.

Rumah sakit swasta yang juga ada di Medan dan Jakarta Timur ini juga dilengkapi dengan layanan Sports Clinic untuk perawatan karena kecelakaan saat olahraga.

Berdiri di atas lahan seluas 14.400 meter persegi, RSKB Columbia Asia memiliki 107 dokter, 119 tempat tidur, dan lebih dari 20 spesialisasi perawatan.

Pasien dapat melakukan pendaftaran perawatan online melalui website RS Columbia.

Alamat: Jalan Siliwangi No. 143, Kalibanteng Kulon, Semarang, Jawa Tengah

Nomor telepon: 024-7629999

7. Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang

Melayani warga Semarang sejak tahun 1927, Rumah Sakit St. Elisabeth saat ini telah memiliki aplikasi yang bisa diunduh pasien dan calon pasiennya untuk mempermudah akses layanan kesehatan.

Rumah sakit swasta di Semarang ini memiliki enam kelas perawatan, mulai dari kelas 3, kelas 2, kelas 1, VIP, Executive, Suites, hingga President Suites.

RS St. Elisabeth Semarang memiliki layanan unggulan berupa laktasi, unit stroke, dan rehabilitasi medik.

Di samping layanan rawat inap dan jalan, rumah sakit ini juga menawarkan layanan penunjang berupa instalasi bedah sentral dan CSSD, ICU, laboratorium, high nursing dependency, MCU, farmasi, dan radiologi.

RS St. Elisabeth Semarang juga menawarkan layanan homecare untuk pemeriksaan dan konsultasi dokter, tindakan keperawatan, tindakan kebidanan, fisioterapi, dan pemeriksaan laboratorium dari rumah.

Alamat: Jalan Kawi No 1, Tegalsari, Candisari, Semarang, Jawa Tengah

Nomor telepon: 024-8310076

8. SMC RS Telogorejo

Berdiri sejak tahun 1951 silam, Semarang Medical Center (SMC) RS Telogorejo saat ini telah memiliki 16 layanan spesialisasi, di antaranya bedah umum, terapi kanker, gigi, penyakit dalam, dan psikiatri.

Rumah sakit swasta di Semarang ini menawarkan heart center, neuro center, dan kesuburan sebagai layanan unggulannya.

Selain layanan IGD 24 jam, SMC RS Telogorejo juga memiliki layanan kesehatan berupa bedah minimal invasif, MCU, laboratorium, radiologi, rehabilitasi medik, dan kamar operasi.

Alamat: Jalan KH. Ahmad Dahlan, Karangkidul, Semarang, Jawa Tengah

Nomor telepon: 024-86466000

9. RS Nasional Diponegoro

tips menjaga kesehatan mental

Sebagai rumah sakit milik perguruan tinggi negeri, RS Nasional Diponegoro saat ini telah memiliki lebih dari 100 orang dokter yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis, hingga konsultan.

Untuk mempermudah proses pengobatan, RS Nasional Diponegoro telah menyediakan aplikasi bernama RSNDKu yang bisa digunakan sebagai pendaftaran online dan akses informasi terkait pelayanan rumah sakit.

Rumah sakit tipe C ini telah dilengkapi 19 klinik rawat jalan dengan kapasitas 100 tempat tidur.

Selain pelayanan rawat inap, RS Nasional Diponegoro juga memiliki layanan rawat jalan, gawat darurat, laboratorium, ICU, apotek, radiologi, rehabilitasi medik, kateterisasi jantung, cuci darah, hingga ambulans 24 jam.

Alamat: Jalan Prof. Moeljono S Trastotenojo, Tembalang Semarang

Nomor telepon: 024-76928020

Selain daftar di atas, Semarang masih memiliki rumah sakit lain yang juga siap melayani pasiennya. Silakan sesuaikan rumah sakit yang Anda pilih dengan kebutuhan.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri · Tanggal diperbarui 26/12/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan