backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Rumah Sakit Terbesar dan Terbaik di Indonesia

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 22/04/2024

10 Rumah Sakit Terbesar dan Terbaik di Indonesia

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan kesehatan Anda, terdapat sejumlah rumah sakit terbesar dan terbaik di Indonesia yang bisa Anda pertimbngkan.

Dari Jakarta hingga kota-kota besar lainnya, rumah sakit ini menawarkan fasilitas modern, tenaga medis berkualitas, dan teknologi medis terkini untuk memenuhi berbagai kebutuhan pasien. 

Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa rumah sakit pilihan teratas yang dapat menjadi referensi bagi Anda dalam mencari perawatan kesehatan yang terbaik di Indonesia.

Daftar rumah sakit terbaik dan terbesar di Indonesia 

Rumah sakit terbaik di Indonesia umumnya memiliki pelayanan medis, dokter spesialis, fasilitas, dan teknologi yang lebih unggul dan lengkap bila dibandingkan dengan rumah sakit lainnya.

Beberapa rumah sakit ini juga disebut telah beroperasi sesuai dengan standar perawatan kesehatan yang unggul dan bermutu tinggi, bahkan bisa sesuai dengan taraf internasional. 

Berikut adalah daftar rumah sakit terbaik dan terbesar di Indonesia yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan Anda bila membutuhkan perawatan medis tertentu. 

1. Siloam Hospitals Group

rumah sakit mewah di jakarta

Siloam Hospital Group adalah salah satu jaringan rumah sakit swasta terbesar dan disebut telah menjadi benchmark (nilai standar) pada pelayanan kesehatan berkualitas di Indonesia. 

Rumah sakit milik Lippo Group ini memiliki 2.700 dokter umum dan dokter spesialis serta 10.000 perawat dan staf pendukung yang tersebar di berbagai cabang rumah sakit Siloam. 

Siloam Hospital Group menawarkan berbagai Pusat Layanan Unggulan (Center of Excellence), seperti Breast Cancer Care Alliance (BCCA), Gynecology Oncology Clinic, Cancer Information Center (CIC), dan Gastro Colonoscopy Care (GCC). 

Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan medis masyarakat, Siloam Hospitals Group telah memiliki lebih dari 41 cabang rumah sakit dan 25 klinik yang tersebar di Indonesia. Berikut beberapa di antaranya. 

  • Siloam Hospitals Surabaya dan Siloam Hospitals Yogyakarta di pulau Jawa
  • Siloam Hospitals Kebon Jeruk di Jakarta
  • Siloam Hospitals Denpasar dan Siloam Hospitals Kupang di Bali dan Nusa Tenggara
  • Siloam Hospitals Medan di Sumatra
  • Siloam Hospitals Ambon di Sulawesi
  • Siloam Hospitals Balikpapan di Kalimantan

Tahukah Anda?

Rumah Sakit Siloam Hospitals di cabang Lippo Village, Kebon Jeruk, dan Denpasar merupakan beberapa rumah sakit di Indonesia yang sudah terakreditasi dari JCI (Joint Commision International). 

2. Rumah Sakit Mitra Keluarga Group

Rumah Sakit Mitra Keluarga Group adalah salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia yang telah beroperasi sejak 1989. 

Sebagai penerima Akreditasi Paripurna oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Mitra Keluarga membentuk tim medis profesional yang memberikan pelayanan kesehatan yang terjamin. 

Rumah Sakit Mitra Keluarga Group juga dilengkapi dengan fasilitas unggulan (Centre of Excellence) untuk menunjang diagnosis dan perawatan kesehatan dengan inovasi medis yang mutakhir. 

Hingga saat ini, Rumah Sakit Mitra Keluarga Group telah memiliki 22 cabang yang tersebar di beberapa kota besar di Jabodetabek, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, seperti berikut ini.

  • Mitra Keluarga Bekasi di Bekasi
  • Mitra Keluarga Cibubur di Bekasi
  • Mitra Keluarga Deltamas di Cikarang
  • Mitra Keluarga Gading Serpong di Tangerang
  • Mitra Keluarga Slawi di Tegal
  • Mitra Keluarga Surabaya di Surabaya

3. Primaya Hospital 

Primaya Hospital juga merupakan salah satu rumah sakit terbesar dan terbaik di Indonesia. Rumah sakit ini telah terakreditasi secara nasional oleh KARS dan mendapatkan akreditasi internasional dari JCI sejak tahun 2014.

Primaya Hospital menyediakan empat layanan unggulan, yaitu pusat layanan ibu dan anak, jantung dan pembuluh darah, trauma/ortopedi, serta kanker.

Rumah sakit ini mampu memberikan layanan kesehatan menyeluruh untuk masyarakat Indonesia dan Warga Negara Asing (WNA), baik yang menggunakan metode pembayaran pribadi, jaminan, hingga BPJS Kesehatan

Didukung oleh lebih dari 3.800 tenaga medis profesional berpengalaman, hingga tahun 2023, Grup Primaya Hospital telah menghadirkan 16 rumah sakit yang tersebar di berbagai wilayah. Berikut di antaranya.

  • Primaya Evasari Hospital di Jakarta
  • Primaya Hospital Bekasi Barat di Bekasi
  • Primaya Hospital Betang Pambelum di Palangka Raya
  • Primaya Hospital Sukabumi di Sukabumi
  • Primaya Hospital Makassar di Makassar
  • Primaya Hospital Semarang di Semarang

4. Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta

rumah sakit salatiga

Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta atau yang kini bernama Rumah Sakit Dr. Oen Kandang Sapi Solo merupakan salah satu rumah sakit kelas B terbaik di Indonesia.

Rumah sakit yang telah beroperasi sejak Januari 1933 ini telah menerima Akreditasi Paripurna dari KARS.

Memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam, salah satu rumah sakit terbesar di Indonesia ini memiliki beberapa layanan unggulan, seperti bedah, kanker, serta kebidanan dan kandungan.  

Dengan total 259 ruang rawat inap, Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta memberikan pelayanan kesehatan di gedungnya yang beralamat di Jl. Brigjend Katamso No. 55, Tegalharjo, Kota Surakarta.

Selain lokasi tersebut, Yayasan Panti Kosala (penaung Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta) juga memiliki pelayanan kesehatan lainnya, yaitu Rumah Sakit Dr. Oen Solo Baru yang berlokasi di Perumahan Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah.

5. Bali International Medical Center (BIMC) Hospitals

BIMC Hospitals Group yang masih tergabung dalam Siloam Hospitals Group telah menawarkan layanan kesehatan terbaiknya sejak 1998. 

Rumah sakit ini berdiri untuk memberikan pelayanan kesehatan berkualitas dan berstandar internasional bagi penduduk dan wisatawan di Bali. 

Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pun telah memberikan status Akreditasi Paripurna bagi rumah sakit ini karena telah memenuhi standar pelayanan kesehatan. 

Tidak hanya itu, rumah sakit BIMC yang terletak di Nusa Dua menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang diakreditasi oleh Australian Council on Healthcare Standard International (ACHSI). 

Terdapat tiga cabang BIMC Hospitals yang terdapat di Bali, di antaranya berikut ini. 

  • Bali International Medical Center Hospital Nusa Dua
  • Bali International Medical Center Hospital Kuta
  • Bali International Medical Center Hospital Ubud

6. Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta

Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta yang berkomitmen untuk memberikan “Standar Pelayanan Kesehatan Tertinggi” ini merupakan bagian dari RS Bunda Group yang terkenal di spesialis kebidanan dan kandungan.

Dengan akreditasi EQuIP 6 dari Badan Akreditasi Internasional ACHS dan Akreditasi Tingkat Paripurna dari KARS, rumah sakit ini menawarkan berbagai pelayanan kesehatan spesialis dan subspeliasis.

RSU Bunda Jakarta memiliki berbagai layanan unggulan seperti GynROSE Clinic yang menyediakan layanan uroginekologi dari skrining awal, USG, perineometry, hysteroscopy, dan labiaplasty. 

Selain RSU Bunda Jakarta, RS Bunda Group juga telah memiliki rumah sakit lainnya yang dapat dikunjungi di berbagai daerah, seperti berikut ini.

  • RSIA Bunda Jakarta di Jakarta
  • RSU Bunda Margonda di Depok
  • RSIA Bunda Ciputat di Tangerang Selatan
  • RSU Bunda Padang di Padang, Sumatera Barat

Perlu Anda Ketahui

Mengutip Cleveland Clinic, labiaplasty adalah prosedur bedah yang dilakukan untuk mengecilkan atau memperbesar labia atau bibir vagina. Prosedur ini biasanya dilakukan pada wanita yang memiliki masalah dengan penampilan pada bibir vaginanya. 

7. Rumah Sakit Pondok Indah

Rumah Sakit Pondok Indah atau RSPI adalah rumah sakit terbesar dan yang menjanjikan pelayanan serta tenaga kesehatan terbaik di Indonesia untuk membantu proses kesembuhan pasien. 

Rumah sakit terkemuka di Jakarta ini pun melayani berbagai spesialisasi, seperti bedah, anak, penyakit dalam, obstetri dan ginekologi, serta bedah ortopedi. 

Rumah sakit yang telah memperoleh Akreditasi Paripurna dari KARS dan akreditasi internasional dari JCI ini menawarkan layanan kesehatan yang modern serta didukung teknologi medis terkini. 

RSPI juga terkenal soal pelayanan seputar kebidanan dan kandungan, khususnya menjadi salah satu rumah sakit dengan metode ERACS untuk persalinan. Saat ini RSPI memiliki tiga cabang, yaitu: 

  • RSPI – Pondok Indah di Jakarta Selatan,
  • RSPI – Puri Indah di Jakarta Barat, dan 
  • RSPI – Bintaro Jaya di Tangerang Selatan.

8. RS Kanker Dharmais

rumah sakit provinsi bangka belitung

RS Kanker Dharmais adalah rumah sakit terbesar di Indonesia tipe A yang berperan sebagai pusat kanker nasional dan beroperasi di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan 

Rumah sakit kanker ini juga telah menjadi rumah sakit rujukan seluruh Indonesia yang berperan sebagai fungsi pelayanan kesehatan kanker yang komprehensif, pusat pendidikan, informasi kanker nasional, serta pusat data dan riset kanker.

Tidak hanya itu, RS Kanker Dharmais memberikan layanan unggulan terkait penanganan kanker, seperti deteksi dini kanker, stem cell transplantation, hingga cancer wound care

Sebagai penerima Akreditasi Rumah Sakit Tingkat Paripurna oleh KARS, RS Kanker Dharmais memiliki lebih dari 300 ruang rawat inap yang memberikan pelayanan sesuai jenis kelas masing-masing.

9. Rumah Sakit Harapan Kita

Rumah sakit ini didirikan oleh Yayasan Harapan Kita pada 22 Desember 1979 dengan nama Rumah Sakit Anak dan Bersalin Harapan Kita atau RSAB Harapan Kita.

Berdasarkan SK Menteri Kesehatan tahun 2019, rumah sakit di Jakarta ini ditetapkan sebagai pusat kesehatan ibu dan anak.

RSAB Harapan Kita juga telah mengantongi akreditasi nasional KARS tingkat Paripurna yang diterimanya pada 2018.

Sebagai pusat kesehatan ibu dan anak, rumah sakit ini memiliki ragam layanan unggulan di bidang tersebut, seperti Birth Defects Integrated atau Pusat Deteksi Dini dan Tata Laksana Kelainan Bawaan Lahir hingga klinik bayi tabung. 

Selain RSAB Harapan Kita, Yayasan Harapan Kita juga memiliki Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) yang menjadi pusat rujukan nasional untuk persoalan penyakit jantung.

10. Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta merupakan salah satu pusat pelayanan kesehatan yang terbesar di Yogyakarta yang berdiri sejak 1929.

Instansi kesehatan yang berlokasi di Jl. Cik Di Tiro No. 30, Samirono, Terban, Kec. Gondokusman, Kota Yogyakarta, ini dikelola oleh Yayasan Panti Rapih milik Ordo Katolik Carolus Borromeus. 

Sebagai salah satu rumah sakit umum swasta terbesar di Yogyakarta, Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta menghadirkan ragam layanan kesehatan yang unggul pada bidang bedah urologi, bedah ortopedi, hingga kesehatan ibu dan anak.

Salah satu rumah sakit terbesar di Indonesia yang telah memperoleh akreditasi Paripurna dari KARS ini memiliki total 320 ruang rawat inap dengan 259 ruang rawat inap reguler dan 61 ruang intensif.

Itulah penjelasan dari 10 rumah sakit terbaik dan terbesar di Indonesia yang memberikan pelayanan kesehatan bermutu tinggi bagi masyarakat dan keluarga Indonesia. 

Sejumlah rumah sakit di atas dapat Anda dan keluarga jadikan referensi saat membutuhkan pelayanan kesehatan yang terjamin kualitasnya.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Putri Ica Widia Sari · Tanggal diperbarui 22/04/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan