backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

11 Rumah Sakit ini Dimiliki oleh Universitas, Apa Saja?

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 26/10/2022

11 Rumah Sakit ini Dimiliki oleh Universitas, Apa Saja?

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah sering mendengar istilah rumah sakit umum dan rumah sakit khusus. Namun, di luar itu, ada pula yang disebut dengan rumah sakit pendidikan yang umumnya dimiliki oleh universitas.

Ini artinya, beberapa universitas memiliki rumah sakitnya sendiri yang bisa menjadi sarana pendidikan bagi mahasiswanya, tetapi juga bisa menjadi tempat berobat untuk masyarakat. Lantas, apa saja daftar rumah sakit tersebut? Berikut informasi lengkapnya.

Daftar rumah sakit milik universitas di Indonesia

Rumah sakit yang dimiliki perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, bisa menjadi pilihan bagi Anda yang akan berobat. Tak kalah dengan rumah sakit pada umumnya, rumah sakit ini juga memiliki fasilitas serta pelayanan kesehatan yang lengkap.

Bukan cuma itu, Permenkes Nomor 35 Tahun 2019 tentang Wahana Pendidikan Bidang Kesehatan juga menyebutkan bahwa rumah sakit pendidikan memiliki fungsi penelitian. Ini artinya, pelayanan kesehatan yang diberikan selalu mengikuti penemuan penelitian terbaru.

Hal ini tentu saja dapat membantu meningkatkan kualitas perawatan serta memberikan pengobatan terbaru dengan teknologi tercanggih. Lalu, apa saja rumah sakit yang dimiliki perguruan tinggi ini? Berikut adalah beberapa daftarnya.

1. Rumah Sakit Universitas Indonesia

pengobatan malaria

Berlokasi di Beji, Kota Depok, Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) menerapkan konsep satu atap (one stop services) untuk memudahkan masyarakat dalam menjangkau pelayanan kesehatan secara menyeluruh serta lebih cepat, baik, dan efisien.

Rumah sakit berkonsep hijau (Green Hospital Concept) ini menyediakan ragam layanan kesehatan, mulai dari poliklinik umum, dokter spesialis dan subspesialis, hingga berbagai klinik, seperti Klinik Nyeri serta Klinik Luka dan Stoma, dengan fasilitas medis yang lengkap.

2. Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS UNAIR)

Resmi beroperasi pada Juni 2011, RS UNAIR mengutamakan keselamatan pasien serta dengan penuh kepedulian memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama di Surabaya dan sekitarnya.

Pelayanan yang diberikan RS UNAIR di antaranya poliklinik (rawat jalan), kedokteran fisik dan rehabilitasi, medical check up, serta pelayanan unggul lainnya, termasuk Airlangga Aesthetic Center (AAC). Mulai 2014 pun, RS UNAIR dapat melayani pasien BPJS Kesehatan.

3. Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB)

RSUB memiliki motto “RSUB” yang berarti risk management, safety, unlimited quality, dan be the best serta “SIAP” dengan arti sigap, inovatif, aman, dan profesional dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur, RSUB menyediakan ragam pelayanan kesehatan dengan fasilitas yang memadai. Ini termasuk fasilitas rawat inap dengan jumlah kurang lebih 63 tempat tidur dalam beberapa pilihan kelas, mulai dari kelas III, II, I, hingga VIP.

4. Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang

Masih berlokasi di Malang, Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang (UMM Hospital) beroperasi secara resmi sejak 17 Agustus 2013.

Ini merupakan sarana penunjang pendidikan serta profit center yang dimiliki Universitas Muhammadiyah Malang.

Berdiri di atas tanah seluas 9 hektare, rumah sakit ini melayani pasien rawat jalan, rawat inap, layanan khusus COVID-19, hingga telekonsultasi (konsultsi online).

UMM Hospital juga memiliki vaccine center yang melayani ragam jenis vaksin, seperti meningitis dan COVID-19.

5. Rumah Sakit Universitas Udayana (RS Unud)

Mulai beroperasi pada tahun 2013, RS Unud membuka pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum, terutama yang berada di Bali dan sekitarnya, dengan menjadi penyedia layanan kesehatan tingkat pertama.

Namun, kemudian pada 29 September 2019, RS Unud diresmikan sebagai rumah sakit tipe C dengan empat layanan besar dan unggulan, di antaranya kebidanan dan kandungan (Obgyn), kesehatan anak, bedah, dan interna (penyakit dalam).

6. Rumah Sakit Universitas Andalas (RS Unand)

covid-19 rumah sakit penyebaran penyakit menular di rumah sakit

Sesuai namanya, RS Unand dikelola atau berada di bawah pengelolaan Universitas Andalas. Rumah sakit yang terletak di Padang ini memiliki layanan unggulan pada penyakit keganasan dan gastrointestinal.

Pelayanan kesehatan yang diberikan Rumah Sakit Unand dilengkapi dengan 200 tempat tidur serta fasilitas lainnya. Ini termasuk kamar operasi, UGD, ambulans, ICU, radiologi, farmasi, laboratorium, serta fasilitas radioterapi yang sangat modern.

7. RS Gigi dan Mulut FKG Universitas Prof. dr. Moestopo (Beragama)

Rumah Sakit Gigi dan Mulut FKG Universitas Prof. dr. Moestopo (Beragama), atau disingkat menjadi RSGM FKG UPDM (B), merupakan rumah sakit pendidikan yang berada di bawah Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo.

Diresmikan pada 2 September 2004, rumah sakit ini memberikan pelayanan kesehatan khusus gigi dan mulut, mulai dari dokter gigi umum hingga dokter gigi spesialistik, seperti ortodontik, prostodontik, dan kedokteran gigi anak.

8. Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU)

RS USU telah memenuhi Standar Akreditasi Rumah Sakit dengan dinyatakan lulus tingkat Paripurna oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Sebagai rumah sakit tipe C, RS USU memiliki pelayanan kesehatan yang cukup lengkap.

Ini termasuk rawat jalan dengan 28 klinik spesialis/sub spesialis, rawat inap, instalasi gawat darurat (IGD) dengan pelayanan 24 jam, perawatan intensif (ICU, ICCU, PICU, NICU), serta hemodialisa.

9. Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada (RS UGM)

Seperti tujuh daftar di atas, RS UGM merupakan rumah sakit perguruan tinggi yang ada di Indonesia. RS UGM ditetapkan sebagai rumah sakit tipe B sejak 11 Agustus 2014 dengan menghadirkan layanan yang cukup lengkap.

Pemberian layanan kesehatan ini juga didukung dengan ragam fasilitas unggulan yang berteknologi modern. Misalnya USG 4D, CT Scan 128 slice, EEG 40 channel with Brain Mapping, serta ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy).

10. Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (RS UNS)

Berlokasi di Sukoharjo, Jawa Tengah, RS UNS merupakan rumah sakit dengan tipe pelayanan A, B, dan C. Rumah sakit ini memiliki 200 kamar dengan kapasitas awal 60 pasien untuk rawat inap.

Rumah sakit ini pun memiliki hingga sekitar 10 poliklinik serta fasilitas penunjang lainnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu pelayanan yang menjadi unggulan, yaitu vaksin meningitis yang bisa didaftarkan secara online. 

11. Rumah Sakit Universitas Riau (RSUR)

Sebagai rumah sakit pendidikan, RSUR berkomitmen untuk menjadi rumah sakit yang berorientasi kepada pelanggan dan pusat penelitian akademisi. Ini terutama untuk para akademisi di Universitas Riau.

Dalam menjalankan komitmennya tersebut, RSUR menyediakan ragam pelayanan kesehatan oleh tim medis yang kompeten dan berpengalaman. Pelayanan ini di antaranya dalam bidang kesehatan anak, penyakit dalam, gigi, obgyn, saraf, jantung, paru, kulit, dan lainnya.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 26/10/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan