backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

6 Cara Mengembalikan Warna Rambut Secara Alami Tanpa Mengecatnya

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 27/09/2023

6 Cara Mengembalikan Warna Rambut Secara Alami Tanpa Mengecatnya

Munculnya rambut putih disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari penuaan, stres, hingga bahan kimia dari produk perawatan rambut. Untuk cara mengembalikan warna rambut seperti semula, beberapa orang mungkin memilih yang lebih praktis, yaitu mewarnai rambut. Namun, ada cara lain untuk mengembalikan mewarnai rambut secara alami.

Cara mengembalikan rambut seperti semula

Sesekali Anda mungkin pernah menemukan uban atau rambut pecah berwarna kemerahan. Meski tak terlalu terlihat, kadang kita pun akan merasa terganggu.

Nah, beberapa cara alami berikut dapat membantu menjaga dan mengembalikan warna rambut seperti semula dan tetap berkilau.

1. Konsumsi makanan yang meningkatkan melanin

Salah satu cara untuk mengembalikan warna rambut adalah meningkatkan produksi melanin dalam tubuh.

Walaupun cara ini tidak 100% membuat rambut yang abu-abu atau kemerahan jadi hitam kembali, setidaknya warnanya bisa jadi lebih gelap.

Melanin rambut adalah pigmen (zat warna) kulit dan rambut yang dihasilkan dari sel-sel melanosit yang membuat warna kulit dan rambut jadi lebih gelap. 

Nah, Anda bisa meningkatkan produksi melanin ini lewat makanan, seperti antioksidan, vitamin A, B12, dan B16.

2. Kurangi paparan sinar matahari

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, warna rambut dapat berubah jadi lebih terang akibat paparan sinar matahari.

Sinar UVA dan UVB dari matahari diketahui merusak protein rambut, yakni keratin. Akibatnya, rambut jadi kering, rapuh, dan pecah-pecah.

Cara mengembalikan warna rambut asli dan memastikan rambut tidak semakin rusak, Anda perlu mengurangi paparan sinar matahari. Perhatikan beberapa tipsnya berikut ini.

  • Memilih untuk pergi ke luar di waktu pagi atau sore hari, saat matahari tidak menyengat.
  • Pakai topi atau payung saat keluar rumah di siang hari.
  • Gunakan kondisioner sesuai dengan jenis rambut Anda agar rambut lebih terlindungi dari paparan sinar matahari.

3. Konsumsi suplemen

kebutuhan vitamin harian

Langkah selanjutnya untuk membantu mengembalikan warna rambut indah seperti semula adalah dengan minum suplemen. Namun, konsultasikan lebih dulu dengan dokter untuk mendapatkan jenis suplemen yang tepat. 

Di bawah ini suplemen yang biasanya direkomendasikan dokter untuk menjaga warna rambut.

  • Suplemen PABA (Para-Amino Benzoic Acid). PABA merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang bisa mencegah rambut ubanan dan mengembalikan rambut ke warna aslinya.
  • Suplemen vitamin A, B6, dan B12. Pada beberapa kasus, seseorang mungkin direkomendasikan untuk minum suplemen ini karena tidak cukup jika bergantung pada makanan saja.
  • Biotin dan inositol. Kombinasi suplemen ini sering diresepkan untuk menjaga warna rambut tetap sehat.

4. Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala sebenarnya tidak secara langsung membuat rambut yang sudah memutih atau memudar kembali ke warna semula. Namun, pijatan dapat mempertahankan warna rambut alami dapat mencegahnya memudar.

Pasalnya, memijat kulit kepala dapat merangsang aliran darah ke kulit kepala yang membantu memaksimalkan pertumbuhan rambut.

Cara ini juga meredakan stres dan meningkatkan sensasi rileks yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Stres berlebihan dapat memengaruhi pertumbuhan rambut.

Pijatan kulit kepala dapat membantu mendistribusikan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala ke seluruh akar dan batang rambut. Ini dapat membantu menjaga kelembaban rambut dan meningkatkan kilau rambut.

Penting Anda ketahui

Mengembalikan warna rambut secara alami memang tidak bisa instan secepat Anda mengecatnya. Proses ini membutuhkan waktu yang lama sampai hasilnya benar-benar terlihat. Jadi, pastikan Anda konsisten dan memberi perhatian khusus pada kesehatan rambut Anda.

5. Merendam rambut dengan kopi

serum rambut yang bagus

Merendam rambut dengan kopi adalah salah satu cara mengembalikan rambut seperti semula yang dapat memberikan sedikit perubahan warna rambut, terutama jika Anda memiliki warna rambut gelap. 

Namun, ini bukan cara untuk mengembalikan warna rambut sepenuhnya, terutama jika rambut Anda telah berubah warna secara signifikan.

Kopi mengandung pigmen yang dapat memberikan tampilan warna lebih dalam atau nuansa cokelat ke rambut gelap. Prosesnya mungkin tidak permanen dan memerlukan perawatan yang berulang. 

6. Merendam rambut dengan teh hitam

Sama seperti kopi, teh hitam juga dapat digunakan sebagai pewarna alami sementara untuk rambut. Teh hitam mengandung kafein dan antioksidan yang menambahkan rona gelap pada rambut.

Kedua kandungan ini juga merangsang pertumbuhan rambut baru, membuat rambut berkilau, dan memperkuat akar rambut.

Nah, untuk menggunakannya, cukup rebus secangkir air dan 2 sendok makan teh hitam sampai mendidih. Kemudian, dinginkan dan rendam pada rambut basah.

Biarkan rambut mengering dengan sendirinya lalu ulangi secara teratur hingga rambut kembali gelap.

Perlu diketahui bahwa mengembalikan rambut seperti semula di atas menunjukkan hasil yang bervariasi tergantung warna rambut asli Anda. 

Apabila cara di atas tidak dapat mengembalikan warna rambut seperti semula, jangan ragu konsultasikan dengan dokter atau profesional perawat rambut.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Andreas Wilson Setiawan

General Practitioner · None


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 27/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan