home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Melakukan Perawatan di Rumah (Home Care)

Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Melakukan Perawatan di Rumah (Home Care)

Pernahkah Anda berpikir untuk menjalani perawatan di rumah, atau disebut dengan home care, saat sedang sakit? Atau berpikir memberikan perawatan tersebut untuk orang terdekat Anda? Mungkin sebagian dari Anda pernah terbesit hal tersebut, karena home care dapat memudahkan anggota keluarga untuk tetap merawat seseorang yang disayangi. Namun, apakah sebenarnya keuntungan dari perawatan di rumah? Apa yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan mengambil perawatan tersebut? Simak jawabannya di sini.

Kapan perawatan di rumah bisa menjadi pilihan yang tepat?

Perawatan di rumah atau home care adalah pelayanan kesehatan yang diberikan untuk seseorang atau keluarga di rumah sendiri yang bertujuan meningkatkan, mempertahankan atau memaksimalkan tingkat kemandirian pasien dan mengurangi akibat dari suatu penyakit.

Perawatan jenis ini dibutuhkan untuk pasien yang masih sehat sampai yang sakit, pasien dengan berbagai kondisi jenis penyakit dengan berbagai latar belakang keluarga yang melandasi keputusan jasa ini di lingkungan keluarga.

Perawatan di rumah dapat dilakukan dengan permintaan sendiri dari pihak pasien atau setelah perawatan di rumah sakit.

Beberapa hal yang biasanya menjadi dasar pertimbangan dalam menjalani perawatan ini adalah pertimbangan ekonomi, kenyamanan pasien, dan kemudahan akses bagi keluarga.

Home care memberikan pelayanan pada penyakit kronik yang memerlukan perawatan dalam waktu yang lama dan biaya yang mahal. Keluarga yang memutuskan untuk memilih atau melanjutkan perawatan di rumah biasanya didasari pada perhitungan ekonomi.

Selain itu, pertimbangan dalam memudahkan anggota keluarga lain untuk menjenguk dan bertemu pasien serta kenyamanan pasien karena dirawat di rumah akan memberikan rasa aman dan nyaman yang dapat membantu proses penyembuhan.

Jenis penyakit yang bisa mengambil pelayanan home care, mulai dari penyakit sederhana seperti demam tifoid, hingga penyakit yang berat seperti gangguan pernapasan kronik dengan ketergantungan pada alat respirator.

Home care dibutuhkan untuk pasien yang sedang sakit, sedang dalam proses penyembuhan seperti stroke, hingga pasien dalam fase kronis seperti memiliki kanker stadium lanjut. Kebanyakan pasien dengan penyakit tersebut memiliki angka kesembuhan yang rendah. Sehingga home care dapat membantu untuk memberikan rasa nyaman secara psikologis bagi pasien serta keluarga.

gangguan tidur pada kanker

Apa keuntungan menjalani perawatan di rumah (home care)?

1. Lebih nyaman bagi pasien

Home care memungkinkan pasien untuk pulih dalam kenyaman dan keamanan di rumahnya sendiri. Pasien menerima perawatan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan sesuai kesehatannya. Suasana di rumah membuat pasien lebih nyaman, sehingga akan memengaruhi kesehatannya juga.

Meski pilihan ini membuat keluarga lebih mudah memantau dan memilih perawatan apa yang bisa diberikan ke pasien, tapi keluarga juga harus bisa bertanggung jawab dalam menentukan mana layanan yang dibutuhkan pasien.

2. Kualitas perawatan

Keuntungan utama lain dari perawatan di rumah adalah kualitas pelayanan medis yang diterima pasien. Tentu, merawat pasien di rumah membuat tenaga medis yang bertugas fokus dan memberikan seluruh perhatiannya pada sang pasien.

Ketimbang di rumah sakit yang membuat pasien harus bergantian dan menunggu giliran dengan pasien-pasien lainnya jika akan diberikan suatu tindakan medis tertentu.

3. Partisipasi Keluarga

Bantuan dari teman dan keluarga adalah alasan lain mengapa beberapa orang memilih perawatan di rumah. Anggota keluarga dapat aktif terlibat dalam perawatan orang yang dicintai, dan merawat di lingkungan rumah sendiri membuat mereka lebih mudah bergantian menjaga sang pasien.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Home Health Care Advantages & Disadvantages https://www.livestrong.com/article/79680-home-health-care-advantages-/ diakses 30 Mei 2018.

Pelayanan Telemedisin Kota Makasar http://www.djpk.depkeu.go.id/wp-content/uploads/2017/04/05-TELEMEDICINE-DAN-HOME-CARE.pdf diakses 30 Mei 2018.

What Is Hospice Care? https://www.webmd.com/healthy-aging/hospice-care#1 diakses 28 Mei 2018.

10 Facts You Need to Know About Hospice https://www.aarp.org/caregiving/basics/info-2017/hospice-need-to-know.html diakses 28 Mei 2018.

Understanding Hospice http://hospicepartners.com/resources/understanding-hospice-before-its-needed/ diakses 28 Mei 2018.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Andisa Shabrina
Tanggal diperbarui 22/06/2018
x