Cara Cepat Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Bekerja

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Kelelahan setelah pulang bekerja merupakan hal yang tidak bisa dihindari, karenanya Anda perlu mencari cara menghilangkan rasa capek tersebut. Kerap kali kita mengabaikan rasa lelah karena berpikir hal ini akan hilang sendiri.

Namun, ternyata kelelahan tidak bisa dianggap sebagai hal sepele. Salah satu penyebab yang bisa berdampak panjang adalah “Lifestyle Injury”.

Hal ini terjadi karena postur tubuh yang tidak tepat ketika beraktivitas atau bekerja sehari-hari. Lalu postur yang salah ini secara tidak sadar berulang dan lama-kelamaan menimbulkan cedera.

Kelelahan juga disebabkan oleh keseharian kita yang jarang bergerak. Sehingga nantinya bisa berdampak pada kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Oleh karenanya, ketahuilah apa saja dampak kelelahan jika dibiarkan dan bagaimana cara menghilangkannya dengan cepat.

Penyebab dan dampak kelelahan untuk kesehatan fisik dan mental

Seiring berjalannya usia, postur tubuh mengalami perubahan biomekanik pada anatominya. Misalnya, duduk terlalu lama dapat menyebabkan sakit pinggang dan membuat bahu jadi kaku. Maka dari itu, tak jarang Anda sering merasakan pusing atau sakit pada bagian punggung setelah bekerja.

Dalam beberapa kasus tertentu, kelelahan yang dibiarkan begitu saja dapat berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik. Untuk dampak fisik, saat bekerja kerap kali postur tubuh tak begitu diperhatikan.

Tiga jenis postur tubuh yang tidak ideal di antaranya:

  • scoliosis (bentuk tulang belakang seperti huruf S)
  • kifosis (melengkung ke depan)
  • lordosis (membengkok ke belakang)

Kasus perubahan postur tubuh yang tidak ideal ini banyak dijumpai di kalangan orang dewasa, terutama di era digital ini. Teknologi dapat mengubah orang menjadi lebih pasif dan jarang beraktivitas fisik, sehingga postur tubuhnya menjadi tidak sehat. Misalnya, terlalu lama duduk memainkan gawai atau bekerja di depan layar komputer.

Biasanya jika jarang bergerak, akan menimbulkan gejala yang membuat tubuh tidak nyaman. Saat tubuh dilanda kelelahan, suplai darah ke otak lebih berkurang, karena otot-otot menjadi tidak rileks, tegang, dan kaku.

Ketika tubuh mengalami penurunan fungsi terhadap gerak, hal ini disebut spasme. Jika tak segera diatasi, ini bisa berakibat kronis, sehingga bisa menimbulkan saraf tulang belakang terjepit, dari leher sampai pinggang.

Sementara itu, secara mental, jika rasa lelah dibiarkan, bisa memicu stres yang mengakibatkan Anda tidak siap untuk kembali bekerja esok harinya.

Kelelahan setelah bekerja ini biasanya ditandai dengan kurang fokus, sering pusing, dan insomnia. Bila gejala ini tak ditangani segera, esok harinya Anda jadi sulit berkonsentrasi saat kembali mengejar deadline.

Bila Anda merasakan hal serupa, ada baiknya untuk menghilangkan kelelahan setelah bekerja sesegera mungkin.

Menghilangkan kelelahan setelah bekerja dengan relaksasi di kursi pijat

Setelah bekerja seharian, Anda bisa menghilangkan kelelahan dengan merasakan sensasi rileks duduk di atas kursi pijat. Cara ini sangat praktis dan cepat karena bisa menjadi selingan di tengah-tengah kesibukan.

Untuk Anda yang mengalami fase kelelahan akut, kursi pijat dapat membantu merelaksasi otot-otot yang kaku. 

Selain itu, kursi pijat mampu memperlancar peredaran darah, sehingga otot-otot dan fungsi sendi menjadi lebih sehat. Cara ini mampu memperlambat penurunan fungsi terhadap gerak di usia produktif untuk menyambut masa depan yang lebih sehat.

Menurut sebuah studi dari Ortopedia Traumatologia Rehabilitacja mengatakan, kursi pijat dapat secara efektif melepaskan ketegangan otot dan ketidaknyamanan pada tulang belakang. Para peneliti juga mengatakan bahwa terapi kursi pijat bisa mencegah kelelahan fisik dan mental. Ini sebagai alternatif untuk menghilangkan kelelahan setelah bekerja.

Pijatan dapat memberikan manfaat psikologis individu melalui relaksasi. Efek rileks ini timbul karena tubuh memproduksi endorfin, sehingga pijatan dapat memberikan kelegaan bagi individu yang mengalami masalah sakit punggung kronik dan sakit kepala. 

Pijatan juga membantu melancarkan sirkulasi dan peredaran darah di dalam tubuh, sehingga otot yang tegang selama seharian beraktivitas menjadi lebih rileks dan fleksibel.

Titik-titik akupuntur yang umumnya bermasalah antara lain tulang belakang, pinggang, pundak, leher, pinggul, paha, dan lengan.

Teknik yang biasanya digunakan dalam kursi pijat adalah teknik shiatsu. Dengan menggunakan teknologi, teknik membuat rileks tubuh dengan gerakan menekan (pressing), menepuk (patting), menggulung (rolling), memutar (rotating), dan menyapu (sweeping) otot.

Gerakan dari kursi pijat dapat secara spesifik dapat memberikan kenyamanan pada area akupuntur yang membutuhkan pelepasan ketegangan otot. 

Selain dengan kursi pijat, Anda juga bisa melemaskan otot berendam air hangat sebagai cara menghilangkan kelelahan setelah bekerja.

Menghilangkan kelelahan dengan berendam air hangat

Setelah seharian Anda mendatangi banyak meeting, mengerjakan berbagai deadline, ditambah dengan menghadapi kemacetan di jalan, maka merasa capek saat pulang kerja merupakan hal yang tidak bisa dipungkiri. Namun, hal ini tidak boleh dibiarkan.

Selain dengan relaksasi di kursi pijat, Anda bisa mencoba memanjakan fisik yang lelah dengan berendam air hangat.

Jangan lupa berendam air hangat yang dicampur dengan minyak esensial untuk mengembalikan mood dan menjaga keseimbangan hormon. Sensasi berendam air hangat juga dapat meningkatkan suasana hati dan meredakan stres serta rasa lelah.

Kedua hal ini bisa dilakukan secara mandiri baik sebelum maupun sesudah aktivitas. Dengan begitu, Anda bisa menghilangkan kelelahan setelah bekerja. Jadi, ketika kembali beraktivitas esok harinya, maka tubuh terasa lebih bugar dan pikiran jadi lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tubuh kita bisa dianalogikan sebagai kendaraan bermotor. Sebelum melakukan tugasnya, tubuh harus selalu dipanaskan, serta perlu dicek segala kondisi fisiknya. Sehingga saat kembali menjalankan rutinitas, tubuh sudah siap dengan kondisi yang prima.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Was this article helpful for you ?

Artikel dari ahli Windy Mayang A.Md.Ft

Cara Cepat Pulihkan Rasa Lelah Usai Pulang Bekerja

Menghilangkan kelelahan setelah bekerja dilakukan dengan terapi di kursi pijat dan berendam air hangat. Cara ini juga dapat melepaskan stres yang melanda.

Ditulis oleh: Windy Mayang A.Md.Ft
cara menghilangkan lelah setelah bekerja

Yang juga perlu Anda baca

Kaki Terasa Lemas Tiba-Tiba? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Apakah Anda pernah merasakan tiba-tiba kaki lemas? Cari tahu penyebabnya, apakah karena penyakit berbahaya atau hanya sekadar kelelahan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Otak dan Saraf 14 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Enzim SGOT dan SGPT

Salah satu tes yang dianjurkan untuk dilakukan ketika Anda sakit adalah pemeriksaan SGOT dan SGPT. Pemeriksan apa itu dan apa artinya kalau tinggi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 12 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Di mobil duduk, di kantor duduk, sampai rumah duduk lagi. Apa kira-kira efeknya pada kesehatan kita?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Terlalu Sering Minum Obat Pereda Nyeri, Bikin Obat Jadi Tak Mempan Lagi

Seberapa sering Anda minum obat pereda nyeri untuk menghilangkan rasa sakit Anda? Hati-hati jika terlalu sering, malah rasa sakit tidak hilang. Mengapa?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 12 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mengatasi sakit punggung

Saraf Kejepit, Apa Penyebab dan Bagaimana Gejalanya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
zat aditif adalah msg

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
obat mimisan alami

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
bercak putih di puting

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit