backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Cara Ampuh Menghilangkan Lelah setelah Bekerja Seharian

Ditinjau oleh Windy Mayang A.Md.Ft · Fisioterapi · Body Soul Center Kemang


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 11/01/2024

    10 Cara Ampuh Menghilangkan Lelah setelah Bekerja Seharian

    Merasa lelah setelah pulang kerja adalah suatu hal yang wajar. Meski begitu, Anda mungkin sering kali mengabaikan kelelahan sehingga aktivitas pada hari berikutnya pun terganggung. Yuk, cari tahu bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkan lelah setelah bekerja!

    Dampak kelelahan untuk kesehatan fisik dan mental

    Kebiasaan selama bekerja bisa membuat postur tubuh berubah. Contohnya, duduk terlalu lama berpotensi menyebabkan sakit pinggang dan membuat bahu Anda menjadi kaku.

    Otot-otot tubuh yang kaku akibat kurang gerak dapat membuat suplai darah ke otak berkurang. Hal inilah yang bisa membuat Anda dilanda kelelahan setelah bekerja.

    Gaya hidup kurang gerak atau sedenter yang berlangsung lama ini berdampak pada kesehatan fisik, seperti meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, hingga osteoporosis.

    Tidak hanya secara fisik, kelelahan dalam bekerja juga bisa memicu stres. Gangguan mental ini dapat menghambat Anda untuk kembali bekerja pada esok harinya.

    Ragam cara menghilangkan lelah setelah bekerja

    pijat oksitosin

    Kelelahan dalam bekerja biasanya ditandai dengan kurang fokus, sering pusing, serta insomnia.

    Jika Anda merasakan hal serupa, ada baiknya untuk menghilangkan rasa lelah setelah bekerja sesegera mungkin dengan beberapa cara sederhana di bawah ini.

    1. Berikan pijatan

    Pijatan mampu memberikan efek relaksasi. Efek ini timbul karena tubuh menghasilkan endorfin, yakni hormon yang dapat meredakan nyeri tubuh akibat lelah bekerja.

    Selain itu, memberikan pijatan pada bagian tubuh yang bermasalah, seperti leher, pundak, atau pinggang, bisa membantu melancarkan peredaran darah dan meredakan ketegangan otot.

    2. Berendam air hangat

    Anda dapat menghilangkan capek setelah bekerja seharian dengan cara berendam air hangat.

    Cobalah untuk menuangkan minyak esensial yang aromanya bisa membantu mengembalikan mood. Wewangian juga membantu meningkatkan suasana hati dan meredakan stres.

    Dengan mood yang lebih baik, tentu Anda akan merasa lebih bugar dengan pikiran yang kembali fokus untuk menyelesaikan pekerjaan pada esok harinya.

    3. Tinggalkan pekerjaan di tempat kerja

    Perlu diketahui bahwa stres akibat kerja bisa bertahan lama setelah Anda meninggalkan kantor.

    Cobalah untuk menerapkan batasan dan ciptakan suasana yang menenangkan setelah pulang kerja, seperti dengan mematikan laptop atau mematikan notifikasi ponsel Anda.

    Tahukah Anda?

    Para ahli menemukan bahwa melepaskan diri secara mental dari pekerjaan, misalnya dengan tidak memikirkan pekerjaan pada waktu luang, bisa membantu seseorang meningkatkan kepuasan hidup dan mengurangi ketegangan psikologis tanpa mengganggu performa kerja.

    4. Olahraga ringan

    cara membiasakan jalan kaki

    Salah satu cara menghilangkan lelah setelah bekerja adalah dengan berolahraga. Kegiatan ini bisa Anda selipkan dalam keseharian, misalnya dengan jalan cepat atau brisk walk saat pulang kerja.

    Sebuah studi dalam Scandinavian Journal of Work, Environment & Health (2017) menemukan bahwa olahraga rutin bisa membantu meningkatkan kesejahteraan pekerja.

    Diketahui bahwa pekerja yang rutin latihan selama enam minggu melaporkan tingkat kelelahan yang lebih rendah serta kualitas tidur dan fungsi kognitif yang lebih baik.

    5. Konsumsi camilan sehat

    Beberapa pekerja shift malam kerap kali terjebak dalam pola makan camilan tidak sehat. Padahal, hal ini bisa menimbulkan rasa lelah dalam bekerja.

    Tingkat energi tubuh ditentukan oleh apa yang Anda makan. Untuk itu, cobalah mengonsumsi camilan tinggi protein dan karbohidrat kompleks, seperti telur rebus dan roti gandum.

    6. Minum air putih yang cukup

    Bekerja di bawah terik matahari atau dalam ruangan ber-AC dapat membuat Anda mengalami dehidrasi. Kondisi ini tentu bisa membuat tubuh Anda terasa lemas.

    Minum air putih yang cukup dapat menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

    Hindari minum minuman kemasan yang tinggi gula. Apabila Anda tidak biasa minum air putih, mulailah dengan minum infused water dengan potongan buah yang menyegarkan.

    7. Usahakan terpapar sinar matahari

    Jika Anda sering merasa lelah setelah bekerja, cobalah untuk berjemur di bawah sinar matahari. Lakukan hal ini pada pagi atau sore hari, setidaknya selama 15–20 menit.

    Peneliti menduga paparan sinar matahari dapat mengaktifkan produksi serotonin. Hormon ini akan meningkatkan suasana hari dan membuat Anda menjadi lebih fokus.

    8. Terhubung dengan orang terkasih

    Interaksi dengan orang terkasih dapat menjadi salah satu cara menghilangkan lelah dan membangkitkan energi setelah bekerja seharian.

    Pasangan, keluarga, teman, dan bahkan hewan peliharaan dapat mendengarkan curahan hati serta memberikan Anda dukungan saat merasa lelah akibat pekerjaan.

    9. Lakukan meditasi dan relaksasi

    meditasi sebelum tidur

    Perawatan diri atau self care adalah bagian penting dalam menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda.

    Melakukan yoga, meditasi, atau teknik relaksasi lain bisa membantu Anda melepaskan stres. Hal ini bahkan juga bisa diperoleh dengan beribadah pada Sang Pencipta.

    Studi dalam Journal of Holistic Nursing (2023) menyebutkan perawatan berbasis mindfulness Islami mampu mengurangi lelah pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

    10. Tingkatkan kualitas tidur

    Tidur merupakan cara paling manjur untuk menghilangkan rasa capek setelah bekerja seharian. Pastikan Anda mencukupi waktu tidur setidaknya selama 7–8 jam setiap malam.

    Terapkan juga sleep hygiene dengan menetapkan jadwal tidur yang teratur, menciptakan ruangan tidur yang nyaman, dan menghindari paparan layar TV atau ponsel sebelum tidur.

    Tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, kelelahan dan stres akibat kerja tentu berpotensi mengganggu produktivitas Anda. 

    Apabila rasa lelah yang Anda alami berlangsung cukup lama dan tidak segera hilang setelah melakukan langkah-langkah di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

    Kesimpulan

    • Kelelahan setelah bekerja dapat berdampak negatif pada kesehatan dan produktivitas.
    • Ada beberapa cara sederhana untuk menghilangkan lelah setelah bekerja, misalnya berendam air hangat, berolahraga rutin, menerapkan pola makan sehat, tidur cukup, dan melakukan teknik relaksasi.
    • Apabila kelelahan berlangsung lama dan disertai gejala lain yang mengganggu, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan solusinya.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau oleh

    Windy Mayang A.Md.Ft

    Fisioterapi · Body Soul Center Kemang


    Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 11/01/2024

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan