Tips Penting untuk Melindungi Mata Setelah Pasang Extension Bulu Mata

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2017 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Memiliki mata indah lengkap dengan bulu mata lebat adalah impian banyak wanita. Tapi kebanyakan wanita tidak memiliki cukup waktu — atau kesabaran — untuk memakai bulu mata palsu atau dua-tiga kali mengulas maskara demi mendapatkan bulu mata lentik menggoda. Jadi, tak mengherankan jika tren tanam bulu mata sintetis, alias extension bulu mata, seakan tak pernah padam.

Namun, pasang extension bulu mata bukannya bebas risiko. Perekat yang dipakai untuk menempelkan bulu mata sintetis dapat menyebabkan mata iritasi bahkan sampai infeksi, apabila Anda tidak merawat mata dengan baik. Berat dari bulu mata palsu juga dapat menyebabkan bulu mata asli Anda gampang rontok. Simak panduan berikut untuk merawat dan melindungi kesehatan mata setelah pasang bulu mata extension.

Tips melindungi kesehatan mata setelah tanam bulu mata extension

Pada dasarnya, Anda tetap harus selalu memelihara kebersihan dan kesehatan mata setiap saat, tidak cuma setelah tanam bulu mata baru. Lalu, hal apa saja yang harus dilakukan?

1. Kurangi menyentuh mata

Saat bulu mata extension terpasang mantap, biasanya ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan. Tujuannya adalah agar extension bulu mata palsu Anda tetap awet dan tahan lama. Salah satunya adalah jangan terlalu sering menyentuh area mata, menggosok, atau bahkan mengucek mata dengan keras.

Terlalu sering menyentuh mata akan membuat perekat extension bulu mata Anda cepat rapuh dan rontok. Akibatnya, Anda harus lebih sering bolak-balik untuk retouch penampilan. Di samping itu, menyentuh mata berisiko memindahkan bakteri yang ada di tangan ke area mata Anda. Infeksi bakteri dapat menyebabkan mata memerah dan bengkak (konjungtivitis). Saat infeksi bakteri menyerang area kulit sekitar kelopak mata, kondisi ini disebut dengan blefaritis.

2. Hati-hati saat cuci muka

Biasanya Anda disarankan agar tidak  mencuci muka pada beberapa jam pertama setelah tanam bulu mata extension. Tujuannya agar bulu mata palsu Anda merekat dengan baik dan tidak mudah rontok. Menurut American Academy of Ophthalmology, setidaknya dibutuhkan waktu enam jam sampai bulu mata palsu Anda merekat dengan baik. Selama waktu ini mungkin Anda tidak diperbolehkan dulu untuk cuci muka.

Saat Anda sudah bisa mencuci muka, hindari mencuci area sekitar mata untuk sementara waktu. Jangan tergoda untuk menggosok mata saat membersihkan wajah. Keringkan perlahan dengan menepuk-nempuk handuk di bagian yang basah di sekeliling mata.

3. Segera ke dokter bila terjadi iritasi

Zat dalam perekat extension bulu berpotensi menimbulkan reaksi alergi yang dapat mengiritasi mata.

Meskipun kasus reaksi alergi terhadap bulu mata extension termasuk jarang, Anda tetap harus berhati-hati terutama jika Anda memiliki alergi terhadap zat kimia atau bahan asing tertentu. Pastikan untuk menyampaikan kondisi yang Anda miliki pada terapis kecantikan yang akan menangani Anda.

Jika dalam beberapa hari setelah tanam bulu mata palsu Anda merasa tidak nyaman di sekitar mata dan muncul gejala alergi atau infeksi seperti rasa gatal, merah, atau bengkak, segera periksakan ke dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Manfaat Daun Mimba (Intaran), Tanaman Obat yang Serba Guna

Pohon mimba ternyata memiliki sejuta mnfaat, bukan hanya daun mimba saja lho. Yuk simak apa saya manfaat daun mimba dan bagian lainnya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Herbal A-Z 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Tahukah Anda kalau makanan yang mengandung bakteri asam laktat menyehatkan? Makanan apa saja itu? Mari simak jawabannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Penyebab Kumis dan Jenggot Tidak Tumbuh pada Sebagian Pria

Tak semua pria itu sama. Ada yang brewokan dan kumisan, tapi ada juga yang tidak tumbuh jenggot dan kumis di wajahnya. Apa penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Banyak orang menggunakan obat kumur sebagai pengganti obat sariawan. Apa saja kandungan dalam obat kumur? Benarkah bisa mengobati sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Penyakit Gusi dan Mulut, Gigi dan Mulut 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jenis tambal gigi

4 Jenis Tambalan Gigi dan Prosedur Pemasangannya di Dokter Gigi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Apa Fungsi Obat Methylprednisolone

Obat Penambah Tinggi Badan, Apakah Benar Bisa Membuat Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
luka gatal mau sembuh

Kenapa Biasanya Luka Terasa Gatal Kalau Mau Sembuh?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
luka di vagina

Cara Aman Mengobati Luka dan Lecet di Vagina

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit