Benarkah Eyelash Extension Bisa Bikin Bulu Mata Asli Rontok?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 14 Februari 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Eyelash extension alias extension bulu mata menjadi pilihan banyak wanita sebagai cara cepat mendapatkan bulu mata lebat nan lentik. Namun mitosnya, risiko eyelash extension bisa bikin bulu mata asli rontok. Benarkah demikian?

Bagaimana cara pasang extension bulu mata?

Pertama, Anda harus mengetahui dulu bagaimana proses pemasangan extension bulu mata. Awalnya, terapi akan menutup kedua mata Anda dengan plester halus, berguna untuk memaksa mata tetap tertutup selama pengerjaan berlangsung.

Setelahnya, bulu mata dibersihkan dan terapis siap untuk memasang bulu mata sambung satu persatu. Terapis akan menggunakan pinset panjang khusus bulu mata, lalu ujung bulu mata sintetik akan dicelupkan pada perekat atau lem khusus. Lalu, bulu mata sintetis akan ditempel pada bulu mata asli Anda.

Sembari memisahkan bulu mata lain, terapis akan menggunakan pinset dengan tangan lain agar bulu mata yang hendak dipasang tidak menempel dengan yang lainnya. Biasanya berkisar 50 hingga 70 persen bulu mata palsu dipasang, sesuai ketipisan dan ketebalan yang Anda inginkan. Setelah pemasangan selesai, plester mata akan dilepaskan. Bulumata akan diberi serum untuk penguat agar tidak cepat rontok.

Risiko eyelash extension bulu mata bikin bulu mata asli rontok?

Mitos terbesar yang sering berhembus saat pasang extension bulu mata adalah bisa membuat bulu mata asli jadi ikut rontok. Menurut beberapa ahli kecantikan, risiko eyelash extension ini tidak benar.

Pengerjaan bulu mata yang benar sesuai prosedur dengan bahan berkualitas dan dilakukan oleh terapis yang sudah bersertifikat memakai alat-alat pasang yang higienis, tidak akan membuat bulu mata asli rontok.

Pastikan tidak mengucek mata, menarik-narik bulu mata extension, atau menyentuh area mata dengan sengaja. Hal inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada akar bulu mata.

Tips sebelum dan sesudah pasang bulu mata

1. Periksa dulu rekam jejak terapis dan tempat pemasangan

Sebelum memutuskan tempat untuk mempercantik bulu mata Anda, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat pasang bulu mata itu. Perhatikan testimoninya, jenis, atau merek bulu mata yang akan dipakai. Cari tahu pula sertifikasi dan legalitas dari tempat usaha tersebut.

2. Amati proses pengerjaannya

Beda terapis, beda tempat, beda pula pengerjaannya. Amati bagaimana memasang bulu mata yang benar. Biasanya perhelai bulu mata sintetis akan dipasang ke satu helai bulu mata asli. Jika proses pengerjaan membuat 1 helai bulu mata sintetis lalu ditempel ke beberapa mulu mata asli sekaligus, hindari memasang di tempat seperti itu.

Pasalnya, bulu mata alami Anda harus tetap tumbuh, dan untuk tumbuh tidak boleh direkatkan oleh lem ke beberapa bulu mata lain sekaligus. Pengerjaan yang salah seperti ini bisa membuat bulu mata asli jadi rontok.

Pastikan juga bulu mata sintetik dan alat yang digunakan oleh terapis Anda semuanya steril.

3. Rawat dan jaga bulu mata

Extension bulu mata yang bagus biasanya hanya mengalami rontok 1 sampai 5 helai perminggu nya. Jika lebih banyak dari itu, maka Anda boleh ragu. Disarankan untuk membersikan bulu mata menggunakan sisir khusus bulu mata.

Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada debu atau sisa make up yang menempel pada bulu mata sintetik. Hindari juga mencabut atau memutar-mutar bulu mata. Selain merusak bulu mata asli, hal ini juga bisa membuat umur extension bulu mata tidak akan bertahan lama.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Anda mungkin cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan mual. Nah, ternyata masih ada khasiat lain dari kunyit yang mungkin belum Anda tahu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit

Wabah Kesepian, Fenomena Kekinian yang Menghantui Kesehatan Masyarakat

Rasa kesepian banyak dialami oleh masyarakat modern. Bahkan, kondisi psikologis ini bisa dianggap sebagai salah satu ancaman kesehatan yang serius.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Apakah Pakai Masker Wajah Setiap Hari Pasti Bikin Kulit Lebih Mulus?

Masker wajah dinilai menjanjikan untuk membuat kulit terasa lebih halus dan bersih. Namun, apa manfaatnya akan sama jika pakai masker wajah setiap hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 25 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Tahukah Anda bahwa mentega dan margarin tidaklah sama? Salah satunya ternyata berisiko bagi jantung, kolesterol, dan berat badan Anda. Yang mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengusir semut

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Seks setelah haid

Berhubungan Seks Sehari Setelah Haid, Apakah Bisa Hamil?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 2 menit
menguji keperawanan wanita

Bisakah Mengetahui Keperawanan Wanita Lewat Ciri Fisiknya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit