Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Cara Merawat Bulu Mata Agar Sehat, Bersih, dan Tak Rontok

    Cara Merawat Bulu Mata Agar Sehat, Bersih, dan Tak Rontok

    Mata adalah jendela jiwa, seperti kata pepatah. Namun, mata bukan satu-satunya hal yang memerlukan perawatan dan perlindungan. Berikut adalah tips untuk merawat bulu mata dengan benar.

    Apa penyebab bulu mata rontok?

    Saat merawat bulu mata, Anda harus melakukannya dengan lembut karena bulu-bulu di kelopak ini sangat rapuh dan mudah rusak. Jangan usap mata Anda secara berlebihan, jangan pula mencuil maskara Anda.

    Selain itu, saat membersihkan makeup mata atau maskara, daripada menggosok produk tersebut, cobalah meneteskan pembersih wajah ke kapas dan kemudian menekannya pada mata yang terpejam selama beberapa detik sebelum mengusap bersih makeup yang tersisa. Ini akan jauh lebih baik bagi bulu mata Anda.

    Apa yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulu mata?

    1. Jangan lupa dibersihkan rutin

    Ingatlah bahwa selayaknya bagian tubuh lainnya, bulu mata harus dibersihkan setiap hari sehingga dapat tumbuh normal dan sehat. Maka dari itu, bersihkan bulu di mata Anda setiap hari dengan pembersih wajah berbahan ringan, dan ingatlah untuk menghilangkan sisa makeup di area mata dengan produk pembersih make up.

    Selain itu, sangat penting untuk mengingat bahwa Anda tidak boleh berbagi makeup mata dengan orang lain untuk mencegah kontaminasi silang dan penularan infeksi.

    2. Hindari bulu mata palsu

    Bulu mata palsu nan lentik memang bisa membuat mata tampak lebih besar dan lebih dalam. Namun, produk kecantikan ini memiliki kekurangan yang harus Anda pertimbangkan. Contohnya, saat Anda melepasnya, jika dilakukan kurang hati-hati, malah banyak bulu mata asli yang bisa tercabut.

    Selain itu, lem yang digunakan untuk menempelkan bulu mata mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan alergi dan iritasi. Inilah mengapa Anda tidak boleh menggunakan bulu mata palsu setiap hari, yang berarti produk kecantikan ini hanya boleh digunakan di saat acara besar dan penting.

    3. Gunakan conditioner

    Layaknya rambut, bulu di mata Anda juga butuh conditioner agar tumbuh sehat. Anda dapat mengoleskan petroleum jelly secara tipis-tipis pada kelopak mata Anda saat akan tidur. Anda juga bisa menggunakan conditioner khusus bulu mata yang bisa Anda dapatkan di toko. Produk-produk yang ada biasanya bersifat melembabkan dan memperkuat bulu di mata Anda. Selain itu, conditioner juga dapat mencegah bulu mengalami patah sehingga bisa tumbuh lebih panjang.

    Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.


    Ingin mendapatkan berat badan ideal?

    Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Accessed December 17, 2016

    Eyelash envy: How you should be
    caring for your lashes http://www.sheknows.com/beauty-and-style/articles/988533/eyelash-envy-how-you-should-be-caring-for-your-lashes Accessed December 17,
    2016

    How To Take Care Of Your
    Eyelashes
    , Because You Really Should http://www.huffingtonpost.com/entry/eyelash-care-101_us_56c5fc49e4b0c3c55054055f Accessed December 17,
    2016

    http://www.webmd.com/beauty/features/eyelash-length-growth-extensions

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui Sep 19, 2017
    Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri