Psst… Ternyata Hidung Manusia Masih Terus Tumbuh Sampai Tua!

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 April 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Memasuki usia remaja hingga menjadi dewasa, apakah semua bagian tubuh akan berhenti bertumbuh? Ternyata tidak! Di saat Anda hanya melihat perubahan tinggi dan bentuk badan di masa pertumbuhan, tidak banyak yang menyadari bahwa hidung juga ikut tumbuh seiring bertambahnya usia. Lantas, bagaimana cara hidung tumbuh? Seberapa cepat pertumbuhan hidung manusia? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Terbukti, hidung tetap tumbuh seperti bagian tubuh lainnya

Selain berperan penting dalam mempercantik wajah, hidung berfungsi untuk menjalankan fungsi-fungsi vital tubuh, yaitu bernapas, mencegah masuknya partikel asing yang menyebabkan infeksi, menentukan indra penciuman dan rasa, bahkan memengaruhi resonansi suara Anda. Karena hidung jarang diperhatikan, tak banyak yang menyadari bahwa bagian tubuh yang satu ini menyimpan keunikan tersendiri.

Tulang di seluruh tubuh umumnya akan berhenti tumbuh setelah Anda memasuki usia dewasa. Ini karena pengaruh sel-sel otot dan lemak yang berhenti membelah. Namun, tak disangka-sangka, tulang rawan atau kartilago (seperti di bagian telinga dan hidung) akan tetap tumbuh sampai Anda tutup usia.

Faktanya, hidung terus tumbuh seiring dengan pertambahan usia berkat adanya perubahan pada jaringan lunak, otot, dan kelenturan tulang rawan. Perubahan-perubahan inilah yang kemudian menyebabkan hidung tumbuh mengikuti struktur dasarnya.

Dilansir dari laman Verywell, sebuah penelitian yang diterbitkan pada Forensic Science International telah memerhatikan adanya perubahan di bagian hidung pada beberapa kelompok etnis yang berbeda, yaitu orang keturunan Tiongkok, India, Melayu, Eropa Tengah, dan Afrika-Amerika. Hasilnya, orang yang berusia lebih tua cenderung memiliki ukuran dan bentuk hidung yang lebih besar daripada orang berusia muda. Ini membuktikan bahwa ternyata hidung tumbuh mengikuti pertambahan usia seseorang.

bentuk hidung manusia

Lantas, bagaimana cara hidung tumbuh?

Menurut analisis para ahli dari Functional Anatomy Research Center (FARC), hidung tumbuh terus dipengaruhi oleh faktor usia. Ditemukan adanya peningkatan volume hidung, area, dan jarak linier pada hidung saat usia seseorang bertambah. Dengan kata lain, periset membuktikan bahwa hidung tumbuh semakin besar dari waktu ke waktu.

Selain itu, periset juga menemukan bahwa sudut di ujung hidung (bagian hidung yang menonjol di atas bibir bagian atas) cenderung menurun. Hal ini disebabkan karena adanya penurunan kolagen dan elastisitas pada kulit, terutama di ujung hidung, sebagai efek penuaan. Akibatnya, hidung tampak lebih panjang.

Mulai memasuki usia remaja dan berlanjut hingga dewasa, pertumbuhan jaringan lunak di bagian hidung cenderung lebih cepat terjadi pada remaja perempuan dibandingkan laki-laki. Bahkan, tinggi hidung dapat meningkat hingga 2 kali lipat saat Anda menginjak usia 20 tahun dibandingkan saat Anda dilahirkan.

Walaupun hidung perempuan tumbuh lebih cepat, pada dasarnya hidung laki-laki cenderung lebih besar ketimbang hidung perempuan. Pada perempuan, volume hidung dapat bertambah hingga 42 persen lebih besar pada di usia 18 sampai 30 tahun. Sementara pada laki-laki, hidung tumbuh membesar hingga mencapai 36 persen di usia yang sama.

Pertumbuhan hidung ternyata belum sampai di situ. Pertumbuhan hidung akan melambat saat Anda memasuki usia 30 tahun. Menariknya, volume hidung dapat meningkat lagi di usia 50-60 tahun. Pada pria, peningkatan volume ini dapat mencapai 29 persen, sedangkan pada wanita hanya 18 persen.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Pil KB berhubungan dengan hormon. Itu sebabnya, saat Anda memutuskan untuk berhenti minum pil KB akan muncul berbagai efek samping. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Seksual, Kontrasepsi 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Kenapa Beberapa Orang Cenderung Susah Mencium Bau?

Beberapa orang ada yang memiliki hidung kurang sensitif sehingga sulit mencium bau yang ada di sekitarnya. Kenapa bisa begitu, ya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Sebagai orangtua, Anda perlu tau bedanya anak yang aktif dan hiperaktif. Yuk, kenali tanda dan cara mengatasi anak hiperaktif!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan Anak, Parenting 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

apa itu lucid dream

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
Mengenal Misophonia

Misophonia, Alasan Mengapa Anda Benci Suara Tertentu

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
manfaat pisang

9 Manfaat Pisang yang Jadi Buah Favorit Banyak Orang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit