home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Bahaya yang Bisa Timbul Jika Anda Tidur Dekat Ponsel

4 Bahaya yang Bisa Timbul Jika Anda Tidur Dekat Ponsel

Di zaman yang serba canggih saat ini, banyak orang yang hampir tidak bisa lepas dari ponsel atau gadget. Ketika bangun tidur sampai mau tidur lagi, pasti tangan dan mata tidak henti-hentinya menatap layar ponsel. Entah hanya untuk iseng-iseng update media sosial, mengirim pesan teks ke sana dan ke sini, ataupun mencari informasi di portal berita online – apapun alasannya, kini banyak orang yang sudah sangat ketergantungan dengan perangkat elektronik satu ini, sampai-sampai ponsel pun dibawa tidur. Namun, tahukah Anda bahwa tidur dekat ponsel itu berbahaya?

Bahaya akibat tidur dekat ponsel

1. Mengurangi kemampuan konsentrasi

Anda pernah ketiduran sambil memegang ponsel atau malah sengaja menaruhnya di bawah bantal? Hmmm.. Anda tidak sendirian, pasalnya sebanyak 63% dari pemilik tidur dekat ponsel dengan menaruh ponsel tepat di sampingnya. Hal ini dilakukan agar mempermudah menjangkau ponsel atau agar bunyi alarm terdengar jelas. Namun, tahukah Anda bahwa meletakkan ponsel di bawah bantal ataupun dekat dengan Anda ketika tidur berbahaya bagi kesehatan?

Menurut penelitian, ponsel jenis apapun mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu memengaruhi kualitas tidur Anda. Efek dari radiasi ponsel yang memengaruhi kualitas tidur ini menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot Anda tidak maksimal. Oleh karena itu, di pagi hari mungkin Anda akan merasa kurang konsentrasi, nyeri, dan fokus.

2. Ponsel di bawah bantal bisa menyebabkan kebakaran

Kasus ponsel terbakar atau meledak memang sudah banyak disebarkan pada media massa. Namun masih saja banyak orang yang ceroboh menaruh ponsel di bawah bantal, terlebih saat sedang dalam kondisi mengisi baterai dan dibiarkan semalaman.

Dalam beberapa kasus memang ada ponsel yang tidak sampai meledak. Tapi bagaimana pun, menaruh ponsel di bawah bantal sambil mengisi daya baterai sangat tidak disarankan. Pasalnya, secara logika ponsel dalam kondisi mengisi daya baterai akan cenderung cepat panas saat ditaruh di tempat yang tertutup seperti bantal, selimut, ataupun bahan tebal lainnya sehingga berisiko memicu kebakaran.

3. Membuat Anda sulit tidur

Ponsel, tablet, TV, dan gadget lainnya akan memancarkan cahaya biru. Sebuah penelitian menunjukan bahwa cahaya biru bisa menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi mengatur tidur, dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh). Hal ini terjadi karena cahaya biru memancarkan gelombang panjang seperti pada siang hari, sehingga membuat tubuh berpikir jika masih siang sepanjang waktu, padahal nyatanya sudah malam.

Ketika Anda ingin tidur, pastikan Anda sudah mematikan semua elektronik dua jam sebelum tidur. Lebih baik lagi, simpan ponsel dan laptop di ruangan lain saat Anda terlelap.

4. Gangguan sel otak

Menurut World Health Organization (WHO), radiasi ponsel bisa memengaruhi susunan saraf manusia hingga dapat menyebabkan kanker atau tumor, terutama pada anak-anak, yang kulit kepala dan tengkoraknya lebih tipis daripada orang dewasa, dan lebih rentan terhadap radiasi.

Seorang ilmuwan kesehatan lingkungan, Dr. Devra Davis, mengatakan bahwa paparan radiasi dari handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Sel-sel otak yang rusak membuat risiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit meningkat, karena otak adalah pusat pengendalian tubuh.

Jadi, apa yang harus saya lakukan untuk menghindari efek buruk dari ponsel?

Berikut ini kebiasaan sederhana dan mudah yang harus Anda lakukan untuk menghindari pengaruh buruk dari ponsel.

  • Usahakan menyimpan ponsel atau alat elektronik lainnya jauh dari area tidur sehingga pastikan Anda tidur jauh dari ponsel.
  • Selama Anda tidur, ubah mode ponsel menjadi airplane atau baiknya matikan ponsel.
  • Biasakan untuk tidak memainkan ponsel di atas jam 10 malam agar agar Anda bisa tidur lebih tenang.
  • Kurangi mengecek ponsel terlalu sering saat Anda berada sedang bekerja, rapat, atau melakukan hal penting lainnya agar Anda tetap fokus.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

3 Reasons Not to Sleep With Your Phone in the Bed – http://www.health.com/mind-body/3-reasons-not-to-sleep-with-your-phone-in-your-bed diakses pada 11 April 2017

Is Sleeping In Close Proximity To Your Smartphone Bad For Your Health? –http://www.huffingtonpost.com.au/2015/09/09/sleeping-with-smartphone_n_8108146.html diakses pada 11 April 2017

Is It Bad To Sleep Near a Cell Phone? – https://steptohealth.com/bad-sleep-near-cell-phone/ diakses pada 11 April 2017

Cell Phones and Cancer Risk – https://www.cancer.gov/about-cancer/causes-prevention/risk/radiation/cell-phones-fact-sheet diakses pada 12 April 2017

Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 03/06/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x