Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Awas, Kebiasaan Tidur di Dekat HP Bisa Membawa 4 Bahaya Ini

Awas, Kebiasaan Tidur di Dekat HP Bisa Membawa 4 Bahaya Ini

Pada zaman yang serbacanggih ini, begitu banyak orang tidak bisa lepas dari ponsel atau gadget-nya. Bahkan, tak sedikit yang ketergantungan dengan HP sampai-sampai membawanya tidur. Namun, tahukah Anda bahwa tidur dekat HP memiliki bahaya bagi kesehatan?

Bahaya tidur dekat HP

Bermain HP sebelum tidur kini menjadi kebiasaan yang makin banyak dilakukan orang. Tidak jarang, kebiasaan ini juga membuat orang-orang tidur di dekat HP mereka.

Bagi beberapa orang, tidur dekat HP mungkin bisa membuat mereka lebih cepat bangun pagi karena terpasang alarm. Sayangnya, kebiasaan ini juga dapat menimbulkan masalah berikut.

1. Menyebabkan susah tidur

main hp sebelum tidur

Ponsel dan gadget lainnya memancarkan cahaya biru yang punya dampak bagi kesehatan.

Menurut penelitian dalam Journal of Psychiatric Research, radiasi cahaya biru bisa menghambat produksi hormon melatonin yang mengatur tidur dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh).

Hal ini terjadi karena cahaya biru memancarkan gelombang panjang yang mirip dengan cahaya pada siang hari.

Tubuh Anda pun menurunkan produksi melatonin karena keliru mengira bahwa situasi di sekitar masih siang hari. Akibatnya, Anda jadi susah tidur.

2. Menurunkan kualitas tidur

Sejumlah institusi di Swedia dan Amerika Serikat meneliti bahaya radiasi HP terhadap kualitas tidur.

Mereka menemukan bahwa orang yang banyak terpapar radiasi HP butuh waktu lebih lama untuk memasuki fase tidur yang lebih dalam.

Hal serupa ditemukan dalam sebuah penelitian di Arab Saudi pada 2020. Orang yang biasa bermain HP lebih dari 8 jam per hari, bermain HP sebelum tidur, dan tidur dekat HP ternyata cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk.

3. Meningkatkan risiko kebakaran

sleep texting

Selain memiliki bahaya bagi kesehatan, tidur dekat HP juga berpotensi menyebabkan kebakaran.

Sebagian dari Anda mungkin pernah membaca beritanya di media massa. Biasanya, hal ini terjadi ketika seseorang tidur dekat HP yang sedang diisi dayanya.

Ponsel yang sedang diisi daya baterainya lebih cepat panas. Bantal, selimut, dan kasur secara alamiah akan menyerap panas sehingga membuat suhu ponsel semakin tinggi.

Dalam tingkat yang berbahaya, kondisi ini bisa menyebabkan HP meledak.

4. Berpotensi meningkatkan risiko kanker

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), radiasi elektromagnetik dari HP berpotensi memiliki sifat karsinogenik (bisa meningkatkan risiko kanker) bagi manusia.

Pemakaian ponsel diduga berkaitan dengan risiko kanker glioma dan tumor otak.

Namun, belum ada studi yang bisa betul-betul memastikan bahwa radiasi HP memang menyebabkan kanker dan tumor otak.

WHO pun hingga kini masih menjalankan studi untuk mengetahui efek radiasi HP terhadap anak-anak dan remaja.

Menghindari bahaya tidur di dekat HP

tidur tengkurap saat hamil muda

Tidur di dekat ponsel mungkin tampak seperti kebiasaan sepele yang tidak berbahaya, padahal paparan cahaya, getaran, dan bunyi dari HP justru dapat menurunkan kualitas tidur Anda.

Jika kualitas tidur Anda terus menurun, lambat laun aktivitas harian Anda akan terkena imbasnya. Anda mungkin akan kesulitan berkonsentrasi, lebih mudah marah, tidak bisa fokus, atau mengalami hambatan lainnya.

Ini sebabnya Anda sangat dianjurkan untuk tidak memakai gadget secara berlebihan, apalagi sebelum tidur.

Jika Anda kesulitan menghilangkan kebiasaan ini, berikut beberapa langkah mudah yang bisa Anda coba.

1. Menyimpan HP di luar kamar

Jika Anda ingin menghindari bahaya radiasi HP, hindarilah HP itu sendiri.

Tinggalkan HP atau gadget Anda di meja kerja, ruang tengah, atau di mana pun selain kamar tidur. Dengan begitu, Anda tidak akan tergoda untuk bermain HP sebelum tidur.

2. Menggunakan jam beker

HP memang memiliki banyak fitur dan keunggulan. Akan tetapi, jam beker tradisional bisa membangunkan Anda pada pagi hari tanpa bahaya cahaya biru, radiasi, getaran berulang, atau gangguan lainnya yang berasal dari HP.

3. Matikan ponsel

Selama Anda tidur, matikan sambungan internet HP Anda dan ubahlah mode HP menjadi airplane.

Lebih baik lagi, matikan ponsel Anda supaya Anda tidak terbangun pada tengah malam akibat getaran atau suara notifikasi.

4. Terapkan langkah-langkah tidur sehat

Selain tidak tidur di dekat HP, langkah-langkah tidur sehat (sleep hygiene) juga dapat membantu menghindarkan Anda dari bahaya radiasi ponsel.

Utamakan untuk berhenti menggunakan alat elektronik apa pun setidaknya 30 menit sebelum tidur.

Entah hanya untuk iseng membuka media sosial, chatting, atau apa pun itu, kebiasaan tidur di dekat HP bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, mari jauhi kebiasaan ini dan terapkan langkah tidur yang sehat.


Ingin mendapatkan berat badan ideal?

Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


health-tool-icon

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cell Phones and Catching Quality Z’s | SiOWfa15: Science in Our World: Certainty and Controversy. (2015). Retrieved 4 February 2022, from https://sites.psu.edu/siowfa15/2015/09/07/cell-phones-and-catching-quality-zs/

Can Electronics Affect Quality Sleep? | Sleep Foundation. (2017). Retrieved 4 February 2022, from https://www.sleepfoundation.org/how-sleep-works/how-electronics-affect-sleep

Electromagnetic fields and public health: mobile phones. (2014). Retrieved 4 February 2022, from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/electromagnetic-fields-and-public-health-mobile-phones

Shechter, A., Kim, E., St-Onge, M., & Westwood, A. (2018). Blocking nocturnal blue light for insomnia: A randomized controlled trial. Journal Of Psychiatric Research, 96, 196-202. https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.2017.10.015

Rafique, N., Al-Asoom, L., Al Sunni, A., Saudagar, F., Almulhim, L., & Alkaltham, G. (2020). Effects of Mobile Use on Subjective Sleep Quality. Nature And Science Of Sleep, Volume 12, 357-364. https://doi.org/10.2147/nss.s253375

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui Jun 13
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro