home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Langkah-langkah Membersihkan Ponsel dari Bakteri dan Kuman

Langkah-langkah Membersihkan Ponsel dari Bakteri dan Kuman

Tahukah Anda bahwa HP alias handphone termasuk salah satu benda yang paling kotor? Hal ini tidak mengejutkan karena HP merupakan benda yang paling sering kita gunakan setiap hari. Meski mungkin terlihat bersih jika dilihat dengan mata telanjang, ternyata HP berpotensi menjadi sarana penyebaran kuman dan penyakit, lho! Oleh karena itu, setiap orang termasuk Anda harus memahami cara membersihkan HP dengan baik dan benar. Simak, yuk!

Pentingnya membersihkan HP dengan cara yang tepat

Anda mungkin sudah tahu bahwa mencuci tangan sangatlah penting untuk menghindari penularan penyakit.

Namun, tahukah Anda bahwa membersihkan HP sama pentingnya dengan kebiasaan cuci tangan?

Menurut sebuah studi dari Iranian Journal of Microbiology, HP yang Anda pegang sehari-hari berisiko membawa bakteri penyebab penyakit, seperti Acinetobacter dan Staphylococcus.

Walaupun begitu, jumlah kuman dalam handphone bukanlah masalah utama.

Penyebab yang jadi biang penyakit adalah perpindahan bakteri, baik dari satu benda ke ponsel Anda (dan sebaliknya) atau pinjam-meminjam ponsel.

Tanpa berbagi, setiap HP hanya membawa satu set kuman, dan kecil kemungkinannya untuk menularkan penyakit pada pemilik ponsel.

Namun, ponsel akan menjadi perantara bagi kuman dan bakteri berpindah tangan dan bermutasi dengan jenis bakteri lainnya saat pinjam-meminjam handphone terjadi.

Meletakkan ponsel Anda di tempat-tempat kotor juga rentan memicu perpindahan kuman dan bakteri ke ponsel, misalnya di kamar mandi.

Selain itu, risiko terjangkit penyakit akibat bakteri akan meningkat saat Anda terus menerus memegang gawai elektronik kesayangan Anda, dan menyentuh mulut atau hidung tanpa cuci tangan terlebih dahulu.

Cara membersihkan HP secara aman dan menyeluruh

Banyak orang yang ragu untuk membersihkan ponsel mereka dengan alasan tidak tahu cara yang benar serta takut merusak mesin dan sistem operasi di dalamnya.

Padahal, jika mengingat betapa banyaknya kuman yang hinggap di setiap sudut HP, seharusnya tidak ada lagi alasan untuk enggan membersihkannya.

Setiap pabrik pembuat ponsel mungkin memiliki aturan dan instruksi pembersihan yang berbeda-beda.

Namun, Anda bisa mengikuti cara umum membersihkan smartphone, mulai dari bagian layar hingga sela-sela tombolnya.

Pertama-tama, Anda harus mempersiapkan peralatan berikut.

  • Kain lap bersih tanpa serat, seperti lap kacamata (hindari tisu karena seratnya akan menggores layar ponsel Anda).
  • Cotton bud.
  • Air bersih siap minum (air keran mengandung bakteri dan residu bahan kimia, selain itu air keran akan meninggalkan lapisan di permukaan layar ponsel Anda).
  • Alkohol 70 persen.
  • Screen protector baru (jika ponsel Anda sebelumnya menggunakan screen protector).

Berikut adalah cara-cara membersihkan HP alias handphone Anda.

1. Matikan dan lepaskan seluruh aksesoris HP

Sebelum mulai bersih-bersih, matikan ponsel Anda dan lepas segala aksesoris pendukung, seperti casing tambahan.

Lepaskan pula screen protector yang menempel di layar Anda. Namun, berhati-hatilah saat melakukan hal ini.

Jika layar ponsel Anda memiliki retak, mengangkat lapisan screen protector akan memicu keretakan semakin menjalar.

Sementara bila layar ponsel sudah retak, sebaiknya jangan utak-atik screen protector Anda

2. Mulai bersihkan dari keyboard atau tombol lainnya

Anda bisa membersihkan HP dengan cara memulai dari keyboard. Jika Anda menggunakan ponsel layar sentuh, Anda bisa membersihkan tombol volume serta power.

Gunakan cotton bud yang dibasahi terlebih dahulu dengan alkohol. Jangan menggosok terlalu keras dan hindari sisa alkohol masuk ke dalam sela-sela ponsel.

3. Bersihkan badan HP

Seusai membersihkan keyboard dan tombol lainnya, bersihkan badan plastik ponsel Anda dengan cara menggunakan alkohol.

Ingat, hindari menggosok terlalu keras untuk menghindari lapisan cat HP ikut terkikis. Permukaan baterai ponsel aman untuk dibersihkan dengan alkohol.

Jika badan ponsel Anda terbuat dari material besi, cara membersihkan badannya adalah dengan cotton bud yang dicelup air bersih.

4. Jangan lewatkan bagian dalam HP

Saat bagian luar ponsel sudah bersih, gunakan cotton bud bersih dan kering untuk mengelap bagian dalam tempat baterai ponsel Anda.

Jika kotoran membandel, gunakan sedikit air untuk membantu mengangkatnya.

Keringkan area tersebut secepatnya setelah Anda bersihkan untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan jamur.

5. Bersihkan kamera belakang dan flash HP

Untuk membersihkan kamera belakang dan flash HP, gunakan cotton bud yang dicelup air bersih dan gosok dengan cara memutar.

Begitu lensa kering, segera keringkan dengan sisi lain dari cotton bud Anda agar air tidak mengering dan membekas di lensa.

6. Lap bagian layar HP

Cara selanjutnya adalah membersihkan layar smartphone Anda. Basahi sedikit kain lap kacamata, tetapi tidak perlu sampai basah menetes.

Usapkan lap tersebut di sepanjang layar dengan gerakan satu arah dari atas ke bawah. Gerakan ini akan menghindari kuman menyebar ke sisi lain ponsel Anda.

Jangan mengusap dengan gerakan memutar karena akan menggores layar ponsel Anda.

Diamkan ponsel Anda selama beberapa menit setelah langkah terakhir selesai, kemudian nyalakan kembali.

Yang harus diperhatikan saat membersihkan HP

Bagaimana, tidak sulit bukan? Cara membersihkan HP tidaklah sulit selama Anda memiliki motivasi yang kuat untuk senantiasa menjaga kebersihan diri.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini setiap kali bersih-bersih HP.

  • Bersihkan ponsel dengan hati-hati, terutama jika layar ponsel Anda retak. Menggosok terlalu keras akan memperparah keretakan.
  • Jika Anda melepas screen protector ponsel Anda, pasang kembali yang baru sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera di label produk.
  • Pastikan Anda tidak membersihkan ponsel kesayangan Anda dengan pembersih jendela, semprotan aerosol, pelarut, ammonia, pemutih, atau produk abrasif. Produk pembersih jenis ini akan menodai ponsel Anda dan mengikis lapisan pelindungnya.
  • Bahan kimia dalam larutan pembersih dan disinfektan rumah tangga lainnya terlalu keras untuk digunakan membersihkan ponsel, dan malah bisa membuat ponsel Anda rusak.
  • Segera bersihkan HP jika Anda sempat berdekatan dengan orang yang bersin atau batuk. Akan lebih baik jika Anda juga rutin mencuci tangan sesudah memegang HP.

Demikian cara-cara mudah yang bisa Anda ikuti untuk membersihkan HP dari penumpukan bakteri dan kuman.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Sanitize Your Phone and Other Devices – Federal Communications Commission. (2020). Retrieved April 8, 2021, from https://www.fcc.gov/consumers/guides/how-sanitize-your-phone-and-other-devices 

Cell Phone Cleaning – American Cleaning Institute. (n.d.). Retrieved April 8, 2021, from https://www.cleaninginstitute.org/cleaning-tips/work/cell-phone-cleaning 

Saltzman, M. (2020). How to Clean Your Smartphone or Tablet Device Screen – AARP. Retrieved April 8, 2021, from https://www.aarp.org/home-family/personal-technology/info-2020/clean-device-screen.html 

Cleaning Your Home – CDC. (2021). Retrieved April 8, 2021, from https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/disinfecting-your-home.html 

Disinfection and Sterilization – CDC. (2019). Retrieved April 8, 2021, from https://www.cdc.gov/infectioncontrol/guidelines/disinfection/index.html 

Morubagal, R. R., Shivappa, S. G., Mahale, R. P., & Neelambike, S. M. (2017). Study of bacterial flora associated with mobile phones of healthcare workers and non-healthcare workers. Iranian journal of microbiology, 9(3), 143–151.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Shylma Na'imah Diperbarui 4 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
x