backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

5

Tanya Dokter
Simpan

7 Obat Sakit Dada Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 17/07/2023

7 Obat Sakit Dada Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

Saat bagian dada terasa sakit, kebanyakan orang berusaha segera menanganinya. Salah satu cara yang umumnya dilakukan yakni dengan menggunakan obat sakit dada alami. Lantas, apa saja pilihan obat alami yang efektif dan aman? Simak pembahasannya di bawah ini.

Ragam obat alami untuk meredakan sakit dada

Pada umumnya, nyeri dada disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke jantung. Kondisi ini dikenal dengan nama angina pectoris atau angin duduk.

Angina dapat ditandai dengan perasaan sesak, dada seperti ditekan, serta napas terasa berat.

Selain gangguan jantung, nyeri dada juga dapat diakibatkan oleh masalah pencernaan, seperti gastroesophageal reflux disease (GERD), maupun masalah otot, seperti fibromyalgia.

Obat alami nyeri dada berikut ini hanya disarankan untuk menangani kondisi yang disebabkan oleh gangguan pencernaan serta masalah otot dan tulang dada. 

Peringatan dan perhatian!

Jika sakit dada yang Anda alami lebih mirip dengan gejala serangan jantung, segera hubungi nomor telepon darurat 112 atau pergi ke UGD rumah sakit atau klinik terdekat. 

1. Cuka apel

manfaat cuka apel

Sebagian orang menganggap nyeri dada disebabkan oleh tidak cukupnya asam di dalam lambung.

Nah, Anda bisa meminum satu sendok makan cuka apel dengan segelas air hangat sebagai obat sakit dada alami di rumah.

Cuka apel bisa membantu meningkatkan jumlah asam. Senyawa asam asetat dalam cuka apel bisa mendorong produksi asam dan meredakan gejalanya.

Meski dapat menimbulkan rasa mulas setelah diminum, larutan cuka apel telah terbukti dapat mengurangi nyeri dada akibat asam lambung naik, heartburn, atau GERD.

2. Kompres es

Nyeri dada terkadang disebabkan oleh ketegangan otot dan tulang dada. Kondisi ini bisa terjadi akibat olahraga angkat beban atau mengangkat benda berat.

Selain itu, penyebab nyeri dada tengah lainnya adalah kostokondritis, yakni peradangan pada tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk dan tulang dada.

Kompres es bisa menjadi obat alami sakit dada bagian tengah. Anda hanya perlu membungkus es dalam handuk bersih, lalu tempelkan pada bagian dada yang sakit.

Mengompres dada dengan es selama 15 menit dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan peradangan. Hal ini akan membuat rasa sakit pada dada berkurang.

3. Mengonsumsi kacang almond

Mengonsumsi kacang almond diyakini dapat membantu meredakan sakit dada akibat masalah lambung. Kandungan dalam kacang ini dipercaya dapat meringankan gejala GERD.

Manfaat ini diduga berasal salah satu kandungan kacang almond, yakni zat alkali, yang bisa meringankan dan menetralkan asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Dikutip dari Johns Hopkins Medicine, makanan alkali yang bersifat basa (pH lebih tinggi) dapat membantu mengimbangi asam lambung yang kuat.

4. Minum air hangat

Minum air hangat bisa menjadi obat alami sakit dada sebelah kiri akibat perut kembung dan bergas.

Minuman hangat dapat membantu memecah makanan dalam lambung dengan lebih cepat. Dengan demikian, rasa sakit dan nyeri pada dada Anda dapat berkurang.

Studi yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health (2019) juga menyebutkan bahwa air hangat bisa menjadi vasodilator alami.

Hal ini menyebabkan pembuluh darah melebar sehingga sirkulasi darah makin lancar. Alhasil, minum air hangat membantu mengendurkan otot dan mengurangi rasa sakit.

5. Mengonsumsi larutan baking soda

Baking soda untuk asam lambung

Rekomendasi obat sakit dada alami lainnya adalah baking soda atau natrium bikarbonat. Obat alami ini bersifat basa sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung.

Untuk mengonsumsi obat ini, cukup campurkan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air hangat. Kemudian, aduk sampai rata dan segera minum selagi hangat.

Meski ampuh meredakan heartburn dan refluks asam lambung, perlu dicatat bahwa konsumsi natrium bikarbonat dalam jangka panjang mungkin berefek negatif bagi kesehatan jantung.

6. Jahe

Jahe adalah salah satu pilihan obat sakit dada sebelah kiri secara alami. Rempah ini membantu meredakan nyeri dada yang diakibatkan oleh masalah pencernaan.

Senyawa dalam jahe dipercaya mampu meredakan iritasi pada saluran cerna. Senyawa ini juga dapat mengurangi kontraksi dan melindungi lambung Anda.

Untuk mengonsumsinya, Anda dapat membuat teh jahe dengan mencampurkan potongan jahe ke dalam air, lalu rebus selama 5–10 menit.

7. Susu kunyit

Susu kunyit juga dikenal sebagai golden milk dan turmeric latte. Minuman ini telah dikenal manfaatnya dalam pengobatan Ayurveda asal India untuk menyehatkan pencernaan.

Penelitian dalam World Journal of Gastroenterology (2013) menemukan kurkumin dalam kunyit bersifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu meredakan masalah pencernaan akibat peradangan.

Anda bisa membuat sendiri susu kunyit di rumah. Cukup campurkan satu sendok teh kunyit bubuk ke dalam secangkir susu hangat.

Perlu diingat, rekomendasi obat sakit dada alami di atas hanyalah untuk meredakan nyeri dada ringan akibat masalah pada pencernaan, otot dada, dan tulang di sekitar dada.

Apabila Anda mengalami nyeri dada yang parah atau tidak segera menghilang, segera periksakan diri kepada dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Kesimpulan

  • Beberapa pilihan obat sakit dada alami meliputi kompres es serta konsumsi air hangat, larutan baking soda, cuka apel, kacang almond, jahe, dan susu kunyit.
  • Obat alami hanya direkomendasikan untuk nyeri dada yang disebabkan oleh gangguan pencernaan atau masalah pada otot dan tulang dada.
  • Segera cari pertolongan medis darurat bila nyeri dada tidak segera hilang atau mirip dengan gejala serangan jantung.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 17/07/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan