home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Hati-hati Botak, Rambut Pengidap Lupus Bisa Rontok Parah

Hati-hati Botak, Rambut Pengidap Lupus Bisa Rontok Parah

Kebanyakan orang memang sering menghiraukan rambut rontok mereka. Akan tetapi, sebagian dari mereka percaya bahwa rambut rontok terjadi akibat penyakit lupus. Nah, simak terlebih dahulu ulasan mengenai hubungan lupus dengan rambut rontok.

Mengapa rambut pengidap lupus bisa rontok?

Menurut Dr. April Chang-Miller, M.D, ahli reumatologi dari Amerika Serikat, penyakit lupus memang bisa menyebabkan rambut rontok hingga kebotakan (alopesia)

Walaupun tidak semua penderitanya mengalami kondisi ini, tentu saja kerontokan rambut mengkhawatirkan sebagian besar penyandang lupus. Terdapat berbagai faktor penyebab mengapa rambut rontok bisa diakibatkan oleh penyakit ini, seperti:

1. Peradangan

rambut rontok

Sebuah penelitian dari University of Genoa mengungkapkan bahwa terdapat dua jenis rambut yang sering rontok karena penyakit lupus, yaitu rambut rontok dengan jaringan parut (scar) dan tanpa jaringan parut. Ternyata, rambut rontok tanpa jaringan parut/ bekas luka dapat diakibatkan oleh peradangan dari penyakit lupus.

Jika peradangan menyebar dan berkembang di kulit kepala, rambut yang tidak memiliki bekas luka pun bisa mengalami kerontokan. Nah, kondisi ini tidak hanya terjadi pada rambut di kepala, melainkan juga pada alis mata, janggut, dan bulu mata.

Penipisan rambut ini belum tentu permanen. Rambut dapat menipis secara luas, tapi memiliki kecenderungan lebih menonjol di tepi depan garis rambut. Akibatnya rambut menjadi mudah rapuh dan patah.

Tidak perlu khawatir, rambut Anda akan kembali tumbuh selayaknya orang normal apabila penyakit lupus Anda telah diobati.

2. Lesi bekas luka

cara mencegah rambut rontok pada wanita

Pada beberapa kasus, rambut rontok juga disebabkan oleh penyakit lupus jenis discoid. Nah, jenis lupus yang satu ini memang menyerang jaringan kulit Anda, termasuk kulit kepala. Gangguan tersebut akhirnya menyebabkan ruam-ruam hingga rambut rontok.

Kabar buruknya adalah jika Anda mengalami rambut rontok akibat jenis lupus yang satu ini, peluang untuk rambut Anda kembali tumbuh seperti semula sangatlah kecil. Lesi yang terbentuk dan meninggalkan bekas luka pada kulit kepala dapat merusak folikel rambut, sehingga menyebabkan kerontokan permanen.

3. Obat-obatan

norit obat diare

Jika rambut rontok yang terjadi pada Anda diakibatkan oleh pengobatan penyakit lupus, tunggu saja sampai proses pemulihan selesai. Jangan tiba-tiba berhenti di tengah jalan tanpa diketahui oleh dokter Anda.

Tidak perlu cemas karena rambut Anda biasanya akan tumbuh kembali begitu pengobatan telah selesai.

Gejala rambut rontok akibat penyakit lupus

Sebenarnya, penyakit lupus tidak hanya menyerang kulit kepala Anda. Akan tetapi, seringkali rambut rontok menjadi gejala awal dari penyakit ini.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), kehilangan 100 helai rambut dalam sehari adalah hal yang wajar. Namun, jika hal tersebut berhubungan dengan lupus, tentu saja Anda harus waspada, terutama kerontokan rambut yang terjadi ketika menyisir rambut atau mandi.

Jika Anda mengalami kerontokan rambut yang parah, segera konsultasikan kepada dokter Anda. Seperti yang sudah dibahas tadi, rontoknya rambut bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengidap penyakit lupus.

Bagaimana cara menghadapi kerontokan rambut akibat penyakit lupus?

Tentu saja ini pilihan-pilihan di bawah ini bergantung pada diri Anda sendiri. Apakah ingin mengikutinya atau tidak. Menghadapi rambut rontok yang diakibatkan oleh penyakit lupus memang tidak mudah, namun bisa diatasi jika ada kesiapan dan kemauan dari diri Anda.

1. Melindungi diri dari sinar UV

Rambut rontok jenis apapun tentunya harus melindungi diri dari sinar UV. Sebagian besar penderita lupus biasanya sangat sensitif terhadap cahaya UV. Nah, untuk mengurangi efek samping yang ditimbulkan, berikut beberapa cara yang bisa Anda pakai.

  • Menggunakan sunblock SPF 50 atau lebih
  • Memakai topi ketika berada di luar ruangan
  • Mengurangi penggunaan penerangan buatan

2. Menjaga kesehatan rambut

pakai hairdryer

Selain melindungi diri dari sinar UV, menjaga kesehatan rambut adalah hal yang tidak kalah pentingnya untuk menghadapi kerontokan. Cobalah untuk mengganti shampoo Anda dengan shampoo bayi dan gunakan kondisioner tanpa bilas yang juga mengandung sunblock.

Hindari pula penggunaan pengering rambut, catokan, atau pengeriting rambut. Hal tersebut dapat membuat rambut Anda semakin rapuh dan sering rontok.

Jangan lupa untuk mengurangi pemakaian perawatan rambut berbahan alkohol karena bisa membuat kulit iritasi.

3. Pola makan yang lebih sehat

makanan mengandung biotin

Bagi para penderita penyakit lupus, tentu saja pola makan yang sehat sangat berguna untuk mengatasi berbagai efek samping yang ditimbulkan.

Mulailah memperbanyak konsumsi sayuran dan buah yang bisa memperlambat kerontokan rambut. Biasanya, dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi makanan dan suplemen mengandung vitamin C, D, zat besi, dan biotin.

Rambut rontok akibat penyakit lupus memang ada yang sifatnya temporer dan permanen. Walaupun begitu, usahakan untuk tetap mengonsumsi obat-obatan Anda untuk mempercepat proses pemulihan. Jika Anda masih ragu apakah mengidap penyakit lupus tetapi rambut rontok semakin parah, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Lupus and Hair Loss: What You Can Do https://www.healthline.com/health/lupus/hair-loss accessed May 14, 2019.

Hair Loss and Lupus https://www.lupus.org/resources/hair-loss-and-lupus accessed May 14, 2019.

Coping With Hair Loss https://www.lupusuk.org.uk/coping-with-hair-loss/ accessed May 14, 2019.

Lupus: Can It Cause Hair Loss https://www.self.com/story/lupus-hair-loss accessed May 14, 2019.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 18/05/2019
Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita