home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kepala Anda Terasa Bergetar? Mungkin Ini Penyebabnya

Kepala Anda Terasa Bergetar? Mungkin Ini Penyebabnya

Beberapa orang mungkin pernah merasakan tangan bergetar secara tidak normal. Pada kondisi ini, orang tersebut mungkin mengalami suatu kondisi medis yang disebut dengan tremor. Namun, bagaimana jika kepala yang bergetar? Apakah kepala bisa tremor? Untuk mengetahuinya, berikut penjelasan mengenai penyebab kepala bergetar dan cara mengatasinya.

Apa yang menyebabkan kepala bergetar?

Mengalami kepala yang bergetar tentu sangat tak nyaman. Anda mungkin merasakan kepala seperti mengangguk-angguk atau menoleh ke kanan dan kiri yang tak bisa Anda kendalikan.

Terkadang, gejala lain bisa muncul bersamaan dengan kondisi ini, seperti getaran di bagian tubuh lainnya. Adapun kondisi ini sering mengganggu kegiatan sehari-hari Anda, seperti makan, minum, atau bahkan bekerja.

Lalu, kenapa kepala bisa seperti bergetar? Kepala yang bergetar bisa terjadi karena berbagai penyebab. Penyebab yang paling umum adalah tremor esensial.

Tremor esensial adalah jenis tremor yang paling umum terjadi. Ini merupakan kelainan sistem saraf yang menyebabkan getar atau gemetar secara tidak sengaja dan berirama pada bagian tubuh tertentu, terutama tangan, badan, tungkai kaki, dan kepala.

Terkadang, suara Anda juga bisa ikut bergetar saat kondisi ini terjadi.

Mayo Clinic menyebut, tremor esensial bukanlah kondisi yang membahayakan. Meski demikian, kondisi ini dapat memburuk dari waktu ke waktu dan bisa menjadi parah pada beberapa orang.

Bahkan, kondisi ini juga bisa memengaruhi kehidupan Anda. Misalnya, kesulitan dalam mengerjakan kegiatan sehari-hari (menulis, berpakaian, atau makan), gampang marah dan stres, malu untuk bersosialisasi, serta terasa lelah.

ciri sakit kepala karena kolesterol tinggi

Adapun penyebab dari tremor esensial tidak diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini diyakini terjadi karena serebelum dan bagian otak lainnya tidak dapat berkomunikasi dengan baik.

Komunikasi yang buruk ini menyebabkan otak kehilangan kontrol terhadap otot, sehingga kepala atau bagian tubuh lainnya bisa bergetar tanpa kendali.

Meski penyebab munculnya kondisi tersebut tak diketahui, tetapi sekitar setengah dari kasus tremor esensial merupakan akibat dari mutasi genetik yang diturunkan dalam keluarga.

Adapun beberapa faktor dapat menyebabkan tremor esensial semakin parah, seperti stres, aktivitas fisik, minum minuman berkafein dan beralkohol, kelelahan, serta kurang tidur.

Penyebab kepala bergetar lainnya

Selain tremor esensial, ada beberapa kondisi medis lainnya yang bisa menyebabkan kepala bergetar. Berikut adalah beberapa penyebab lainnya.

1. Cervical dystonia

Cervical dystonia atau disebut juga dengan spasmodic torticollis adalah gangguan neurologis langka yang ditandai dengan kontraksi otot tak sengaja di leher. Kondisi ini menyebabkan gerakan serta postur leher dan kepala yang tidak normal.

Dalam beberapa kasus, kontraksi otot ini menimbulkan kejang atau getaran pada bagian kepala yang menyerupai tremor. Adapun kondisi tersebut menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada penderitanya.

Para ahli pun tidak begitu memahami mengapa kondisi ini terjadi. Namun, mutasi genetik diduga berperan dalam menyebabkan kepala bergetar akibat cervical dystonia. Terkadang, kondisi ini juga timbul akibat cedera kepala, leher, atau bahu.

2. Penyakit Parkinson

Tremor memang merupakan salah satu gejala yang umum terjadi pada penderita penyakit Parkinson. Biasanya, tremor Parkinson sering terjadi di tangan, tetapi kepala pada penderita penyakit ini pun seringkali bergetar.

Meski sama-sama tremor, tremor esensial dan tremor Parkinson umumnya berbeda. Pada penderita tremor esensial, tidak ada penyakit yang mendasarinya.

Kondisi tersebut bisa terjadi pada siapapun tanpa mengidap penyakit tertentu. Sementara tremor Parkinson merupakan salah satu gejala dari penyakit Parkinson.

Meski demikian, sama seperti tremor esensial, para ahli pun belum mengetahui secara pasti apa penyebab penyakit Parkinson. Namun, mutasi genetik dan faktor lingkungan, seperti paparan racun, disebut berperan dalam menyebabkan penyakit ini.

Selain kedua penyakit di atas, ada beberapa kondisi medis lainnya yang mungkin menyebabkan tremor, seperti multiple sclerosis, cedera kepala, dan stroke. Namun, kondisi tersebut sangat jarang menyebabkan kepala bergetar.

Apakah kondisi kepala bergetar bisa disembuhkan?

Seseorang yang mengalami getaran ringan pada kepala mungkin tidak memerlukan pengobatan. Namun jika getaran kepala sampai mengganggu kemampuan Anda sehari-hari, pengobatan dari dokter bisa menjadi cara untuk mengatasinya.

Adapun pilihan pengobatan yang perlu Anda jalani tergantung dari penyebab kepala bergetar yang Anda alami. Misalnya, penderita cervical dystonia mungkin perlu mendapat suntikan botulinum toxin (botox) untuk mengurangi getaran pada kepala.

Adapun berbagai obat dan pengobatan untuk penyakit Parkinson mungkin diperlukan untuk mengatasi kepala bergetar yang terjadi akibat penyakit ini. Sementara itu, berikut adalah beberapa cara pengobatan untuk mengatasi kepala bergetar akibat tremor esensial.

1. Minum obat-obatan

obat aterosklerosis

Minum obat secara teratur dapat mengurangi getar di kepala akibat tremor esensial. Misalnya, obat beta blocker (propranolol), obat antikejang (primidone, gabapentin, dan topiramate), obat penenang (clonazepam), atau suntik botox.

2. Prosedur bedah

Stimulasi otak dalam atau deep brain stimulation (DBS) merupakan pilihan perawatan bedah untuk orang-orang dengan tremor parah, termasuk untuk kepala bergetar. DBS adalah prosedur bedah untuk menanamkan perangkat stimulasi ke dalam otak yang menyebabkan tremor.

3. Focused ultrasound thalamotomy

Pada prosedur ini, dokter menggunakan ultrasound untuk menghancurkan jaringan otak di thalamus yang menyebabkan getaran kepala. Dokter pun menggunakan MRI untuk menargetkan area otak yang menjadi sasaran dan memastikan ultrasound menghasilkan jumlah panas yang tepat untuk menghancurkan jaringan.

Kapan sebaiknya ke dokter jika kepala terasa bergetar?

Sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter bila Anda merasakan kepala seperti bergetar, terutama jika terjadi secara terus menerus hingga menganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi, jika gejala lainnya juga muncul, seperti gerakan melambat, otot kaku, perubahan pada postur tubuh, atau bahkan sakit kepala.

Ini bisa menjadi tanda dari penyakit Parkinson, cervical dystonia, atau mungkin kondisi medis lainnya yang membutuhkan perawatan. Namun, yang pasti, dokter akan mencari tahu penyebab dari kondisi Anda dan memberikan penanganan yang tepat.

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan neurologis. Tes lainnya, seperti CT scan, MRI, rontgen sinar-X, atau tes darah mungkin juga akan dokter rekomendasikan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Cervical Dystonia – NORD (National Organization for Rare Disorders). NORD (National Organization for Rare Disorders). (2021). Retrieved 22 September 2021, from https://rarediseases.org/rare-diseases/cervical-dystonia/

Cervical dystonia – Symptoms and causes. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 22 September 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cervical-dystonia/symptoms-causes/syc-20354123

Essential tremor – Better Health Channel. Betterhealth.vic.gov.au. (2021). Retrieved 22 September 2021, from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/ConditionsAndTreatments/essential-tremor

Essential tremor – Symptoms and causes. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 22 September 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/essential-tremor/symptoms-causes/syc-20350534

Essential Tremor Disorder. (2021). Retrieved 22 September 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/essential-tremor-disorder

Parkinson’s disease – Symptoms and causes. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 22 September 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/parkinsons-disease/symptoms-causes/syc-20376055

Topics, H. (2021). Tremor | Essential Tremor | MedlinePlus. Medlineplus.gov. Retrieved 22 September 2021, from https://medlineplus.gov/tremor.html

Wrapping Your Mind Around Head Tremor – Essential Tremor. Essential Tremor. (2021). Retrieved 22 September 2021, from https://essentialtremor.org/wrapping-your-mind-around-head-tremor/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui baru saja
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x