Akupuntur Stroke, Sejauh Mana Pengaruhnya untuk Penyembuhan Stroke?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/03/2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Akupuntur telah digunakan sejak sekitar ribuan tahun sebagai metode penyembuhan, tetapi baru belakangan ini dievaluasi untuk kondisi medis dengan standard yang digunakan pada pengobatan Barat. Salah satunya adalah peran akupuntur sebagai pengobatan stroke. Beberapa evaluasi mendapatkan hasil akupuntur stroke bisa melengkapi pengobatan stroke. Namun, benarkah pengobatan tusuk jarum untuk stroke ini efektif menyembuhkan?

Apa yang sebaiknya saya ketahui sebelum menjalani akupuntur?

Stroke dapat menyebabkan efek samping parah sehingga pengobatan dan terapi stroke umumnya memakan waktu yang lama. Belum lagi pemulihan kondisi penderita stroke selama pengobatan juga berlangsung lambat.

Tantangan dalam pemulihan stroke ini dapat membuat penderitan stroke mencari setiap pilihan pengobatan yang memungkinkan untuk memaksimalkan pemulihan saraf, termasuk melalui pengobatan alternatif.

Akupuntur adalah jenis pengobatan alternatif yang berasal dari Tiongkok. Pengobatan ini  menggunakan jarum khusus yang ditusuk pada kulit. Jarum tersebut ditusukan ke beberapa titik tubuh yang dapat mengeluarkan energi pemulihan untuk gangguan kesehatan dan penyakit yang menyerang tubuh.

Selama ini akupuntur populer digunakan untuk menyembuhkan gangguan tidur seperti insomnia dan infeksi pencernaan. Karena memberikan efek terapi yang besar, akupuntur juga kerap dijadikan pengobatan alternatif untuk mengurangi stres dan gangguan kecemasan.

Bagaimana akupuntur memulihkan stroke?

Akupuntur untuk stroke dipercaya bisa mengatasi masalah kesehatan yang muncul akibat stroke sehingga penderita bisa kembali menjalani hidup dengan normal. Pengobatan tusuk jarum untuk stroke ini biasanya dilakukan secara bertahap dalam beberapa sesi.

Pada penelitian yang dilakukan oleh American Physical Therapy Association, penderita stroke yang melakukan terapi akupuntur memperlihatkan peningkatan kondisi pada pergerakan pergelangan tangan dan bahu dibandingkan dengan yang tidak melakukan terapi.

Beberapa hasil riset yang menunjukkan manfaat dari akupuntur dalam pemulihan stroke lainnya  adalah:

1. Mengatasi masalah sulit menelan

Pasca stroke, sulit menelan bisa menjadi masalah dan bahkan bisa menyebabkan tersedak, yang mungkin bisa berbahaya. Sejauh ini, rehabilitasi dan terapi fisik untuk masalah otot dalam menelan yang disebabkan oleh stroke tidak sepenuhnya efektif.

Namun, sebuah penelitian dalam NCBI pernah dilakukan, melibatkan 120 penderita stroke dengan masalah menelan, dan kemudian membandingkan antara pasien yang menerima terapi menelan dan pasien yang menerima pelatihan menelan sekaligus tusuk jarum untuk stroke.

Grup yang melakukan terapi menelan dibarengi dengan akupuntur nilainya secara signifikan lebih baik daripada kelompok yang hanya menerima terapi tanpa tusuk jarum untuk stroke. Tidak ada efek samping tercatat pada kelompok yang melakukan terapi tusuk jarum.

Hal ini berarti jika Anda memiliki masalah menelan yang tidak sembuh setelah stroke, akupuntur stroke mungkin aman dan merupakan pilihan yang dapat membantu Anda.

2. Mengatasi kekakuan otot (spastisitas)

Spastisitas adalah jenis kekakuan otot yang terjadi pasca stroke. Beberapa penelitian telah mengevaluasi manfaat teknik tusuk jarum untuk stroke dalam pemulihan spastisitas akibat saraf yang rusak.

Hasil yang diterbitkan dalam jurnal edisi bulan Januari 2015 menunjukkan bahwa akupuntur stroke dibandingkan dengan pengobatan biasa atau akupuntur sham (akupuntur yang sengaja disuntikkan di tempat yang salah untuk tujuan penelitian) secara signifikan menurunkan spastisitas pasca stroke, terutama di pergelangan tangan, lutut dan siku.

3. Membantu penyembuhan pasca stroke

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 dalam Jurnal Pengobatan Akupuntur mengevaluasi efek akupuntur pada pemulihan stroke. Para penulis artikel menyimpulkan bahwa secara keseluruhan, akupuntur tampaknya memberi manfaat. Tetapi, karena tidak semua percobaan memiliki kualitas yang sama, mereka tidak yakin bahwa akupuntur bermanfaat untuk penderita stroke.

Sejauh ini, tidak ada bukti bahwa akupuntur membantu mencegah stroke atau membantu mengurangi area kerusakan akibat stroke iskemik pada otak.

Namun, percobaan berkualitas tinggi yang mengevaluasi manfaat akupuntur pada kemampuan menelan dan spastisitas pasca stroke terlihat menjanjikan.

Kekurangan dari penelitian akupuntur stroke

Meskipun beberapa penelitian memperlihatkan hasil mengenai manfaat akupuntur pada pemulihan stroke, namun hingga saat ini belum ada percobaan klinis yang menyatakan akupuntur benar-benar bisa menyembuhkan stroke.

Sebagian besar penilitian yang dilakukan tidak mencakup jumlah sampel yang besar sehingga sulit untuk mencapai kesimpulan tertentu.

Di samping itu, terdapat juga beberapa penelitian yang menunjukkan hasil yang berkebalikan dari penelitian yang mengungkap manfaat akupuntur untuk stroke. Seperti pada studi yang dilakukan American Heart Association.

Pada studi ini ditemukan tidak adanya perbedaan berarti dari penderita yang menjalani rehabilitasi melalui akupuntur dengan yang tidak melakukan akupuntur.

Dari hasil penelitian memang terdapat peningkatan pada pergerakan motorik bagian tubuh yang mengalami kelumpuhan atau hemiplegia, namun tidak seberapa besar. Hal tersebut malah bisa disebabakan dari efek plasebo dan kurangnya variasi pada hasil penelitian terdahulu.

Oleh sebab itu, hingga kini efektivitas dan manfaat pengobatan tusuk jarum untuk stroke belum bisa ditentukan secara pasti.

Jika Anda memilih untuk mencoba  pengobatan tusuk jarum untuk stroke ini, jangan sampai lupa untuk memberi tahu dokter Anda. Pastikan bahwa ahli akupuntur Anda bersertifikat dan berpengalaman.

Efek samping dari akupuntur stroke

Setelah melakukan akupuntur stroke, Anda bisa mengalami rasa nyeri, pegal, memar, atau bengkak pada bagian tubuh yang ditusuk dengan jarum. Selain itu, perdarahan pada bagian injeksi juga bisa terjadi.

Sebenarnya hal ini merupakan respon yang normal, namun Anda perlu segera menemui dokter apabila mengalami gangguan kesehatan yang tidak biasa, seperti pingsan, hematoma, hemiplegia, dan infeksi.

Pengobatan tusuk jarum untuk stroke ini memang memiliki efek samping yang relatif aman, namun efek samping akupuntur yang berbahaya bisa ditimbulkan apabila menggunakan jarum akupuntur yang tidak steril. Jarum akupuntur yang steril hanya boleh digunakan sekali saja.

Dalam laporan ilmiah yang dipublikasikan oleh WHO, diketahui bahwa pengobatan tusuk jarum stroke dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti pneumotoraks atau penyakit paru-paru, pingsan, kerusakan kardiaovaskular, dan pecahnya pembuluh darah.

Risiko berbahaya dari akupuntur stroke mungkin bisa diminimalisir dengan memilih ahli akupuntur medis yang telah berpengalaman dan memiliki lisensi untuk terapi pemulihan stroke.

Akupunktur stroke mungkin bukan pilihan pengobatan yang tepat bagi Anda yang dalam kondisi:

Oleh sebab itu, sebelum melakukan pengobatan tusuk jarum untuk stroke, sebaiknya konstultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda. Dokter membantu Anda memberikan penilaian apakah pengobatan alternatif ini tidak membahayakan kondisi kesehatan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    6 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

    Masalah pencernaan bisa sangat mengganggu dan menyusahkan. Berbagai pengobatan pun Anda coba. Nah, sudahkah Anda menggunakan minyak esensial?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Hidup Sehat, Tips Sehat 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit

    Konsumsi Makanan Tertentu Dapat Berpengaruh pada Jenis Stroke Berbeda

    Penelitian terbaru memaparkan bahwa makanan tertentu dapat berpengaruh terhadap risiko pada jenis stroke yang bebreda. Bagaimana penjelasannya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Stroke, Health Centers 17/05/2020 . Waktu baca 5 menit

    Diet Vegetarian Dapat Menurunkan Risiko Jenis Stroke Tertentu

    Diet vegan memang dikenal mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Kabar baiknya, diet vegetarian juga dapat menurunkan risiko stroke iskemik, lho.

    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Nutrisi, Hidup Sehat 06/04/2020 . Waktu baca 6 menit

    Cegah Serangan Stroke Lanjutan, Ini Pilihan Pengobatan Efektif untuk Stroke Ringan

    Serangan stroke ringan memang bisa sembuh dengan sendirinya, namun tetap memerlukan penanganan secara medis melalui pemberian obat stroke ringan.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Stroke, Health Centers 22/11/2019 . Waktu baca 9 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    menjaga kesehatan anak dengan penyakit jantung bawaan

    Panduan Menjaga Kesehatan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 01/07/2020 . Waktu baca 10 menit
    manfaat terapi akupuntur

    Manfaat Terapi Akupuntur untuk Gangguan Sistem Saraf Tepi

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . Waktu baca 4 menit
    dampak stroke pada anak

    Stroke pada Anak, Apakah Masih Bisa Sembuh?

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Dipublikasikan tanggal: 28/06/2020 . Waktu baca 4 menit
    apa itu kolesterol

    7 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 5 menit