9 Tips untuk Diet Jantung Sehat

Oleh

Makan makanan jantung sehat memberikan banyak manfaat, seperti kolesterol, kadar gula darah, tekanan darah, dan berat badan yang semuanya menjadi lebih baik.

Surprise: Makan dengan cara ini juga bisa terasa nikmat! Banyak diet yang memiliki terlalu banyak aturan tentang apa yang tak boleh Anda makan. Tapi, lebih baik fokus pada apa yang boleh Anda makan.

Simak beberapa tips dari kami.

Makan lebih banyak ikan

Ikan adalah sumber protein dan nutrisi lainnya yang bagus. Beberapa ikan, seperti salmon, tuna, dan mackerel juga memberikan Anda asam lemak omega-3, yang mungkin bisa mengurangi risiko Anda terkena serangan jantung dan stroke. The American Heart Association menyarankan Anda untuk menghidangkan ikan yang kaya akan omega-3.

Makan lebih banyak sayur, buah, kacang, dan whole grains

Makanan tumbuhan sangat berguna untuk melawan penyakit jantung. Anda mendapatkan nutrisi, serat, dan banyak variasi yang Anda bisa masak dalam banyak cara.

Hindari trans fat buatan

Lemak jenis ini meningkatkan level kolesterol ‘jahat’(LDL). Makanan yang mengandung trans fat termasuk makanan yang dipanggang, makanan ringan (seperti popcorn yang dimasak di microwave), pizza beku, makanan cepat saji, mentaga batang, creamer kopi, makanan berbahan adonan beku (seperti biskuit atau cinnamon roll), dan makanan beku siap saji. Meskipun labelnya mengatakan ‘mengandung 0 gram trans fat’ mereka masih mengandung sedikit lemat trans; jadi cobalah periksa daftar komposisi di dalam kemasan makanan dan lihat apakah ada bahan yang bernama “partially hydrogenated oils”. Itu adalah trans fat.

Batasi kadar lemak jenuh tidak lebih dari 7% sampai 10% kalori

Cek label makanan Anda untuk melihat berapa banyak lemak jenuh yang terdapat dalam satu porsi mentega, margarin, saus untuk salad, makanan yang digoreng, makanan ringan, makanan manis, dan kue-kue.

Ketika menggunakan lemak tambahan, pastikan selalu gunakan monounsaturated atau polyunsaturated fats

Contohnya, lemak yang terdapat pada minyak canola, minyak zaitun, dan minyak kacang). Kita tetap harus membatasi pengunaannya, meskipun jika itu adalah lemak yang ‘baik’, karena tetap saja tinggi kalori.

Makanlah berbagai macam makanan yang mengandung protein

Makanan yang berbahan dasar ikan, potongan daging tanpa lemak, daging unggas (tanpa kulit), olahan susu rendah lemak atau tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, dan tumbuhan polong.

Batasi kolesterol

Jangan mengonsumsi lebih dari 300 miligram kolesterol per hari untuk diet Anda.

Batasi penggunaan garam

Ini akan membantu Anda mengontrol tekanan darah. Kebanyakan orang mengonsumsi sodium dan garam berlebih, dan kebanyakan berasal dari makanan kemasan.

Nikmati semua suapannya

Jika Anda menikmati apa yang Anda makan, termasuk makanan sehat, akan lebih mudah untuk mengulanginya lagi hingga menjadi kebiasaan.

Share now :

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca