5 Makanan yang Baik untuk Jantung

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16/03/2020
Bagikan sekarang

Tak ada yang lebih penting dari menjaga kesehatan jantung Anda. Olahraga teratur, hindari merokok, dan kontrol stress hanyalah beberapa hal yang direkomendasikan ahli kesehatan, bersama dengan makan makanan bernutrisi dan sehat untuk jantung.

Mulai dari mana? Masukkan lima makanan ini ke dalam menu makanan sehari-hari Anda untuk santapan yang lebih lezat dan kesehatan yang lebih baik.

Blueberry

Blueberry ada di peringkat teratas daftar makanan terkuat yang dapat melawan penyakit. Ini karena mereka mengandung anthocyanins, antioksidan yang membuat buah ini berwarna biru gelap. Buah lezat ini penuh dengan serat, vitamin C, dan tersedia sepanjang tahun.

Tingkatkan kesehatan jantung Anda dengan mengonsumsi blueberry secara rutin. Caranya:

  1. Taburi blueberry segar atau beku di atas sereal oatmeal Anda untuk menambahkan rasa, serat, dan antioksidan.
  2. Tambahkan blueberry kering, segar, atau beku pada pancake, waffle, atau muffin Anda saat sarapan.
  3. Jadikan camilan. Bisa juga dicampur dengan buah-buahan lain atau di dalam salad buah maupun makanan manis favorit Anda.

Salmon

Ikan air dingin ini adalah sumber terbaik bagi protein dan juga penuh dengan asam lemak omega-3 yang sehat untuk jantung. Anda disarankan memakan salmon dan makanan kaya omega-3 lainnya dua kali sehari untuk manfaat yang tak hanya baik bagi kesehatan jantung. Salmon disukai banyak orang karena mudah dimasak dan rasanya enak.

  1. Salmon mudah dimasak baik di panggangan, di oven, di microwave, maupun di atas kompor. Jika tak habis, sisanya bisa dicampur ke pasta, salad, atau dijadikan campuran untuk dioles ke sandwich atau biskuit.
  2. Salmon asap alias smoked salmon ada dua macam. Yang mentah biasanya digunakan di makanan pembuka, sementara yang kering terlihat lebih matang. Anda dapat menikmati yang manapun yang Anda suka, baik dimasak maupun tidak.
  3. Salmon matang dalam hitungan menit dan teksturnya yang lembut dengan cepat menyerap rasa dari bumbu yang digunakan. Contohnya, masukkan potongan salmon ke dalam sup jagung, atau bungkus salmon dengan rempah dan bawang di dalam aluminium foil dan panggang selama 12 menit untuk santapan yang lezat.

Protein kedelai

Protein yang tak mahal namun berkualitas tinggi ini mengandung serat, vitamin, dan mineral. Semua bahan ini sehat bagi jantung. Diet kaya protein kedelai juga dapat menurunkan trigliserida dan membantu mencegah penyakit jantung sekaligus membuat jantung Anda kuat dan sehat.

Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, manfaat makanan yang terbuat dari kedelai bisa didapat dari kandungan lemak tak jenuh, serat, vitamin, dan mineralnya.

  1. Bawalah selalu sekantung kacang kedelai untuk camilan sehari-hari.
  2. Edamame juga adalah snack yang disukai anak-anak. Coba rebus edamame dan sajikan hangat selagi masih di dalam kulitnya.
  3. Tahu, yang terbuat dari biji kedelai, dapat menyerap rasa bumbu dan makanan lainnya. Coba tumis tahu dengan paprika hijau dan merah, bawang putih, dan sejumput bubuk kari. Atau tambahkan tofu pada sup untuk mendapatkan protein tanpa lemak.

Ide resep: blender susu kedelai, pisang, dan es batu, untuk dijadikan smoothie lezat.

Oatmeal

Oatmeal adalah gandum utuh yang kaya vitamin, mineral, dan serat yang menurunkan kolesterol. Para produsen sereal oatmeal diperbolehkan mempromosikan manfaat kesehatan dari produk mereka karena ahli kesehatan setuju bahwa oats dapat mengurangi risiko sakit jantung.

Penelitian juga menunjukkan bahwa oats menurunkan kadar kolesterol, menjaganya tetap normal, dan dapat menurunkan risiko beberapa kanker.

  1. Satu mangku oatmeal hangat dapat membuat Anda kenyang selama berjam-jam karena kandungan seratnya. Tambahkan dengan buah (seperti blueberry atau stroberi) untuk lebih banyak serat, vitamin, dan mineral.
  2. Tambahkan oat jika Anda senang membuat kue. Gantilah sepertiga tepung dengan oats saat Anda membuat pancake, muffin, roti, cookies, atau kue, untuk menambah serat.
  3. Gunakan oats untuk menggantikan tepung roti saat Anda membuat gorengan, termasuk ayam goreng.

Bayam

Popeye tidak salah. Bayam memang sayuran super yang kayak akan phytochemicals, vitamin, dan mineral (terutama folat dan zat besi) yang dapat melawan penyakit, melindungi dari penyakit jantung, dan merawat mata Anda.

  1. Simpan selalu bayam di kulkas Anda untuk ditambahkan setiap kali Anda membuat pasta, sup,  tumisan, dan hidangan lain.
  2. Campurkan bayam dengan salad sayur lain, lalu tambahkan jeruk yang sudah dikupas, atau potongan stroberi, kacang-kacangan, dan keju parut, untuk salad yang lezat dan mengenyangkan.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

    Di antara silaturahmi dan makan di banyak rumah, dikelilingi sajian Lebaran penuh lemak dan kolesterol, kita bisa tetap menjalaninya dengan sehat, lho.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
    Hari Raya, Ramadan 21/05/2020

    Amankah Jika Penderita Penyakit Jantung Ikut Berpuasa?

    Untuk menjalankan perintah agama, Anda tentu ingin ikut puasa. Akan tetapi, apakah orang dengan penyakit jantung boleh puasa? Simak jawabannya di sini!

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Hari Raya, Ramadan 18/05/2020

    Pilihan Obat dan Prosedur Medis untuk Mengobati Sakit Jantung

    Penyakit jantung dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani segera. Simak obat sakit jantuang dan pengobatan penyakit jantung berikut ini.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji

    Menu Wajib Saat Puasa untuk Ibu Hamil

    Puasa bukan menjadi alasan untuk membatasi ibu memberikan gizi yang tepat untuk janin.

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Hari Raya, Ramadan 17/05/2020

    Direkomendasikan untuk Anda

    karbohidrat untuk diet

    7 Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020

    Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
    cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

    10 Cara Mudah Turun Berat Badan Tanpa Olahraga

    Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
    Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
    makan sayuran

    Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

    Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Aprinda Puji
    Dipublikasikan tanggal: 27/05/2020