3 Kiat Mengontrol Amarah Anda

Oleh

Perasaan marah adalah emosi normal dan sehat. Tapi ketika kemarahan Anda berada di luar kendali, Anda mungkin akan mendapatkan masalah, dan malah bisa merusak hubungan, kesehatan, serta pikiran Anda. Meskipun mungkin sulit untuk bisa menjaga emosi Anda agar di bawah kontrol, namun ada beberapa cara sederhana yang dapat membantu Anda. Kami dapat membantu Anda memahami kemarahan Anda dan memberi Anda beberapa tips tentang mengatur emosi Anda.

Perasaan marah bukanlah emosi yang buruk

Marah bukanlah emosi yang buruk. Bila Anda telah dianiaya atau merasa dirugikan, perasaan marah adalah sehat dan normal. Apa yang Anda lakukan dengan kemarahan Anda itulah yang menyebabkan masalah, bukan rasa marah itu sendiri, karena Anda mungkin menyakiti diri Anda atau orang lain ketika Anda marah.

Jika Anda memiliki temperamen buruk, Anda dapat belajar untuk mengekspresikan emosi Anda tanpa menyakiti orang lain. Jika Anda bisa melakukan itu, Anda tidak hanya akan merasa lebih baik, tetapi orang lain mungkin lebih menyukai Anda. Selain itu, mengekspresikan kemarahan dengan tepat dapat membantu Anda membina hubungan yang lebih baik, mencapai tujuan Anda, dan membuat hidup Anda lebih sehat serta memuaskan. Semakin Anda berlatih mengendalikan kemarahan Anda, semakin mudah untuk menguasai seni mengontrol kemarahan.

Beberapa tips untuk mengontrol kemarahan Anda

Tenangkan amarah Anda

Jika jantung Anda berdetak lebih cepat dan napas Anda menjadi lebih cepat, atau jika Anda merasa tegang di bahu atau mengepalkan tangan Anda, Anda mengalami tanda-tanda kemarahan. Ini adalah saatnya Anda harus berlatih beberapa teknik untuk mengontrol kemarahan.

Anda dapat mengambil napas dalam-dalam untuk menenangkan ketegangan dalam tubuh Anda dan memperlambat detak jantung Anda. Berjalan-jalan di sekitar lingkungan dekat lokasi Anda berada juga dapat membantu. Cara lainnya adalah dengan perlahan-lahan menghitung sampai sepuluh, fokus pada penghitungan untuk membiarkan pikiran rasional Anda sejalan dengan perasaan Anda. Mulai menghitung lagi jika percobaan pertama tidak berhasil. Setelah tenang, pikiran Anda akan menjadi lebih jelas dan Anda akan dapat menilai situasi dengan lebih baik.

Hindari orang, tempat, dan situasi yang membuat Anda merasa marah

Identifikasilah kegiatan, waktu, orang, tempat, atau situasi yang memicu perasaan tersinggung atau marah pada diri Anda, dan buatlah rencana untuk menghindarinya. Jika Anda selalu mengalami pertengkaran dengan kelompok teman-teman tertentu, Anda harus menghindari pergi dengan mereka. Jika jam-jam kerja membuat Anda tertekan, cobalah pergi kerja pada waktu lebih awal. Pikirkan cara-cara untuk menghindari hal-hal dan situasi yang membuat darah Anda mendidih.

Berlatih kemampuan untuk rileks

Ketika amarah Anda meningkat, cobalah untuk melakukan relaksasi. Latihlah pernapasan, bayangkan situasi tenang, atau ulangi kata-kata yang menenangkan untuk mendamaikan diri. Anda mungkin bisa mencoba mengikuti kelas pengendali kemarahan untuk belajar bagaimana meredakan kemarahan Anda.

Ketika Anda tahu apa yang menyebabkan kemarahan Anda dan memiliki cara untuk mengendalikan amarah, hidup Anda akan jauh lebih mudah. Jika Anda terus merasa kewalahan, konsultasi dengan psikolog atau profesional kesehatan mental berlisensi lainnya untuk membantu.

BACA JUGA:

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca