home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

4 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Anda pasti pernah menangis, entah di kamar atau kamar mandi, saat Anda sedang sendiri. Menangis sangat wajar dilakukan oleh semua orang dari semua kalangan. Faktanya, menangis ternyata juga memberi manfaat bagi Anda. Penasaran? Yuk, cari tahu selengkapnya pada ulasan berikut ini!

Menangis itu hal yang wajar bagi wanita maupun pria

hidung berair saat menangis

Menangis mungkin lebih identik dengan bayi, anak perempuan, maupun wanita. Namun, ini tidak berarti bahwa anak laki-laki maupun pria tidak boleh menangis sama sekali.

Sayangnya, prinsip “anak laki-laki/pria itu tidak boleh cengeng” sudah sedari dulu tertanam dari orangtua pada anak laki-laki. Ketika anak mulai tumbuh dewasa, mereka sekuat mungkin menahan untuk tidak menangis ketika menghadapi berbagai masalah. Kenapa?

Alasannya, karena menangis dianggap sebagai sebuah kelemahan dan bertentangan dengan citra diri laki-laki/pria sebagai sosok yang kuat dan tangguh.

Meski terkesan lemah, ternyata menangis itu memberikan manfaat bagi kesehatan. Sebaliknya, pria yang menahan diri untuk tidak menangis pada situasi tertentu, lebih mungkin menarik diri secara emosional dari orang-orang yang mereka cinta. Mereka juga mencoba untuk melampiaskan perasaan mereka dengan alkohol dan obat-obatan.

Manfaat menangis yang mungkin belum Anda ketahui

setelah menangis

Menangis tidak selalu membuat Anda lemah, sebaliknya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti dilansir dari Penn Medicine:

1. Memperbaiki suasana hati

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda biasanya merasa jauh lebih baik setelah menangis? Saat menangis, sebenarnya Anda sedang melepaskan tubuh dari racun dan hormon yang tak terhitung jumlahnya dalam meningkatkan stres.

Hal ini pada gilirannya memangis memberikan manfaat dengan membuat suasana hati Anda jadi lebih baik. Anda bisa tidur lebih nyenyak, sistem kekebalan jadi lebih kuat, dan menghindari penambahan berat badan. Dengan menurunkan tingkat stres, menangis juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

2. Menjaga dan melindungi fungsi mata

Tubuh Anda membutuhkan air agar sel-sel tubuh dapat bekerja dengan baik dan terhidrasi. Nah, mata Anda juga demikian, juga membutuhkan air agar tetap terhidrasi.

Menangis adalah cara bagi tubuh Anda untuk menghidrasi kembali mata. Dengan begitu, kemampuan mata dalam memfokuskan objek jadi lebih tajam. Selain itu, manfaat dari menangis juga melindungi mata dari berbagai zat asing yang membahayakan. Sebut saja debu, kotoran, atau serbuk-serbuk kayu yang beterbangan.

Partikel kecil ini dapat masuk ke mata dan menyebabkan iritasi dan berpotensi menyebabkan berbagai masalah pada mata nantinya. Air mata juga mengandung lisozim, yakni bahan kimia antibakteri kuat yang membantu melawan infeksi.

3. Membantu membersihkan hidung

Saluran air mata Anda sebenarnya terhubung ke bagian dalam hidung kita. Itu artinya, ketika menangis, air mata tidak hanya membersihkan mata tapi juga saluran hidung Anda dari berbagai iritan (zat yang mengiritasi).

Oleh karena itulah, ketika menangis, hidung Anda akan berair dan mengeluarkan lendir, yang kemudian Anda bersihkan.

4. Memperkuat hubungan dengan orang lain

Menangis membuat Anda terlihat lemah, sehingga Anda berusah untuk menahannya dan menangis sendiri. Namun, pada situasi tertentu, Anda mungkin tidak bisa menahan tangisan di depan orang lain. Terutama pada orang-orang yang dekat dan Anda percaya.

Hal ini akan membuat orang lain dapat melihat perasaan dan emosi yang tidak dapat Anda gambarkan dengan kata-kata. Ini dapat menciptakan ikatan emosional yang lebih dalam antara keluarga, teman, dan orang-orang sekitar kita.

Tips agar tidak menangis berlebihan

mata sembab setelah menangis

Sudah tahu bukan, manfaat dari menangis? Ya, meskipun manfaatnya melimpah, bukan berarti pada setiap kesempatan Anda perlu menangis atau menangis berlebihan. Berikut ini ada beberapa tips supaya Anda tidak menangis berlebihan, yang dampaknya tidak baik untuk kesehatan.

  • Tanamkan pada diri bahwa menangis itu memang hal yang wajar dan Anda membutuhkannya pada situasi-situasi tertentu sebagai cara untuk mengekspresikan emosi.
  • Saat Anda ingin menangis, coba berikan ruang dan waktu sendiri untuk menangis. Pada beberapa kesempatan Anda mungkin menangis di hadapan orang lain, tidak apa-apa. Pada momen tersebut, Anda mungkin membutuhkan orang lain untuk menemani Anda saat menangis.
  • Hindari menangis sambil berteriak-teriak histeris, karena ini pada akhirnya bisa membuat tenggorokan Anda sakit.
  • Anda boleh menangis, tapi jangan sampai berlebihan sehingga Anda menangis terus-menerus. Terus menangis membuat mata Anda bengkak dan sakit, bahkan mengganggu aktivitas harian.

Jika Anda merasa terus-menerus menangis dan merasa sedih tanpa penyebab yang jelas, konsultasi ke psikolog atau dokter untuk mengetahui kondisi Anda lebih lanjut. Bisa jadi ini adalah pertanda dari gangguan mental, yakni depresi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Leo Newhouse, L. (2021, March 01). Is crying good for you? Retrieved April 20, 2021, from https://www.health.harvard.edu/blog/is-crying-good-for-you-2021030122020.

Why you should cry – 5 reasons to let it all out. (n.d.). Retrieved April 20, 2021, from https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2016/november/health-benefits-of-crying.

Team, F. (2020, October 14). Why we cry and what tears are made of. Retrieved April 20, 2021, from https://health.clevelandclinic.org/tears-why-we-cry-and-more-infographic/.

Depression (major depressive disorder). (2018, February 03). Retrieved April 20, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/depression/symptoms-causes/syc-20356007.

Foto Penulis
Ditulis oleh Aprinda Puji pada 4 minggu lalu
x