Ini 8 Obat Herbal Nyeri Sendi untuk Meringankan Rasa Sakit

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Nyeri sendi dapat diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari yang berat. Nyatanya, nyeri sendi dapat terjadi di bagian manapun pada tubuh. Tidak hanya obat dari dokter, Anda juga bisa memanfaatkan obat herbal atau alami nyeri sendi agar rasa sakit mereda.

Pada orang lanjut usia, nyeri sendi biasa terjadi karena tubuh kita lambat memproduksi sel-sel baru. Ketika Anda bertambah usia, nyeri sendi semakin umum terjadi.

Banyak kondisi berbeda yang dapat menyebabkan nyeri sendi, termasuk osteoarthritis, rheumatoid arthritis, bursitis, asam uratkeseleo, dan cedera lainnya.

Orang yang lanjut usia biasanya enggan untuk mengonsumsi obat-obatan berbentuk pil, dan lebih memilih pengobatan alternatif secara alami.

Adakah obat herbal atau alami nyeri sendi yang bisa meredakan nyeri pada sendi? Simak beberapa pilihannya di bawah ini!

Obat herbal atau alami untuk nyeri sendi

Dikutip dari Medical News Today, obat alami seperti herbal dan suplemen mungkin tergolong aman. Tak hanya itu saja, obat herbal atau alami nyeri sendi merupakan pilihan pengobatan yang efektif dengan sedikit efek samping.

Namun, penelitiannya masih terbatas dan diperlukan konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

1. Gel lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan herbal yang paling umum digunakan dalam pengobatan alternatif.

Merupakan jenis tanaman sukulen yang populer karena manfaatnya bagi kesehatan. Dikenal karena rasanya yang sejuk untuk mengobati lecet kecil pada kulit.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Selain itu, obat herbal atau alami nyeri sendi ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dengan mencegah produksi enzim radang.

Anda mungkin memiliki gel lidah buaya di rumah yang tidak Anda sadari, atau bahkan tanamannya di pekarangan rumah.

Cara mengobatinya, bisa Anda lakukan dengan mengoleskan gel lidah buaya yang telah didinginkan, lalu diamkan selama beberapa menit hingga nyeri mereda.

2. Kayu putih

Seperti lidah buaya, daun kayu putih yang telah disuling menjadi minyak bisa digunakan sebagai obat herbal atau alami untuk nyeri sendi.

Daun pada tanaman kayu putih ini mengandung flavonoid serta tanin, yang mungkin dapat membantu dalam mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang dihasilkan akibat nyeri sendi.

Selain itu, daun kayu putih juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan juga anti-inflamasi. Cukup dengan mengaplikasikannya langsung pada area yang terasa sakit, menghirupnya, atau menambahkan pada air hangat lalu digunakan untuk mandi.

3. Jahe sebagai obat nyeri sendi

Coba tengok ke tempat bumbu masak-memasak di dapur Anda. Kadang Anda bisa menemukan jahe, bumbu masak yang bisa menjadi salah satu obat herbal nyeri sendi yang dapat meredakan rasa sakit pada bagian tubuh.

Senyawa yang terkandung dalam  jahe yang panas dan kuat memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat meredakan nyeri pada bagian tubuh tertentu.

Dalam pengobatan tradisional dan pengobatan China, jahe pun digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah ditambah dengan efek panas yang diklaim mampu menyembuhkan.

4. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling populer di dunia, dan bahkan telah digunakan untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Ada kemungkinan bahwa teh hijau dapat digunakan sebagai obat herbal atau alami nyeri sendi seperti peradangan rematik serta nyeri sendi yang terjadi di area tubuh Anda.

Obat nyeri sendi yang satu ini bisa Anda buat menjadi minuman hangat yang baik bagi kesehatan sendi dan tulang.

5. Bubuk kunyit

Obat herbal atau alami nyeri sendi yang satu ini biasa digunakan untuk membuat kari, yaitu bubuk kunyit.

Tidak seperti jenis tumbuhan lainnya, National Center for Complementary and Alternative Medicine telah menemukan bahwa kunyit dapat bekerja terbaik dalam memerangi nyeri sendi karena mempunyai sifat anti-inflamasi.

Studi laboratorium penelitian tersebut melakukan uji kunyit pada tikus, dan hasilnya  menemukan bahwa ramuan bubuk kunyit dapat memperlambat perkembangan nyeri pada sendi-sendi tulang.

Namun, perlu diperhatikan kembali jika tubuh tidak dapat menyerap kandungan curcumin yang ada pada kunyit dalam jumlah besar.

6. Air garam

Anda di rumah pastinya memiliki garam sebagai penyedap makanan sehari-hari. Namun, untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh sebaiknya Anda menggunakan garam Epsom untuk dijadikan obat herbal atau alami nyeri sendi.

Garam Epsom diklaim telah digunakan selama ratusan tahun sebagai obat penyembuhan dan pereda nyeri.

Hal ini dikarenakan terdapat kandungan magnesium yang mudah terserap ke dalam kulit sekaligus menambah kadar magnesium ke dalam tubuh Anda.

Apabila Anda ingin menggunakannya untuk berendam, taburkan garam Epsom ke dalam bak air hangat pada air dengan suhu 38°C.

7. Nanas

Tidak hanya menyegarkan tubuh setelah dimakan, Anda juga bisa menjadikan nanas sebagai obat herbal atau alami nyeri sendi.

Hal ini dikarenakan nanas mempunyai kandungan bromelain yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan, peradangan, dan meredakan nyeri sendi.

Lalu, kandungan dari bromelain ini pun merupakan enzim proteolitik untuk membantu memecah molekul protein kompleks serta memproduksi zat yang melawan rasa sakit.

8. Borage oil

Tanaman borago atau starflower mempunyai kandungan asam lemak omega-6 dalam jumlah besar yang bisa juga disebut sebagai gamma linolenic acid (GLA).

Saat terjadi metabolisme, GLA dapat berubah menjadi pemicu prostaglandin untuk membantu mengatur respons imun dalam tubuh.

Pada sebuah tinjauan di tahun 2011, terdapat bukti bahwa minyak biji blackcurrant, minyak evening primrose, serta minyak biji borage dapat dijadikan sebagai obat herbal atau alami nyeri sendi. Hal ini dikarenakan fungsinya untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi juga baik untuk penderita rheumatoid arthritis.

Berbagai pilihan obat alami nyeri sendi lainnya

Jika Anda ingin mengatasi rasa sakit yang terasa pada tubuh akibat nyeri sendi, ada cara lain yang bisa dilakukan. Tidak hanya dengan obat herbal nyeri sendi, Anda juga bisa mencoba cara lainnya seperti hal-hal di bawah ini:

  • Menggunakan obat penghilang rasa sakit topikal atau obat anti-inflamasi nonsteroid untuk mengurangi rasa sakit. Walaupun bukan obat termasuk obat herbal nyeri sendi, obat penghilang rasa sakit topikal juga diklaim mampu mengurangi pembengkakan serta peradangan.
  • Salah satu cara meminimalisir nyeri sendi yang bisa Anda lakukan adalah dengan tetap aktif secara fisik. Rutin melakukan olahraga ringan bisa dikategorikan sebagai obat alami nyeri sendi.
  • Lalu, jangan lupa pula untuk melakukan peregangan setelah duduk terlalu lama atau sebelum olahraga. Hal ini diperlukan untuk mempertahankan rentang gerak yang baik untuk persendian Anda.
  • Pertahankan dan jaga berat badan di kisaran normal untuk mengurangi stres juga tekanan pada sendi.
  • Obat alami nyeri sendi lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan terapi pijat, berendam air hangat, serta beristirahat dengan cukup.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 18, 2017 | Terakhir Diedit: Februari 6, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca