Lutut Sakit Saat Ditekuk? Ini 4 Kondisi yang Bisa Jadi Pemicunya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . 3 menit baca
Bagikan sekarang

Lutut merupakan salah satu bagian tubuh yang berperan penting untuk membantu menopang badan ketika Anda berdiri dan berjalan. Sayangnya, ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan lutut Anda tiba-tiba terasa nyeri atau sakit saat ditekuk. Lantas, apa saja penyebab lutut sakit saat ditekuk? Cari tahu jawabannya di sini.

Berbagai penyebab lutut sakit saat ditekuk

Berikut ini beberapa kondisi paling umum yang bisa menyebabkan lutut sakit saat ditekuk:

1. Keseleo

Mengalami keseleo alias terkilir di bagian ligamen yang membantu mestabilkan lutut ternyata juga dapat menjadi penyebab kondisi ini. Ya, jika salah satu dari beberapa ligamen yang ada di lutut sobek atau terlalu tegang, maka Anda lebih mungkin untuk mengalami lutut sakit saat ditekuk atau bahkan hanya sekadar diluruskan.

Rasa sakit yang muncul bervariasi tergantung pada seberapa parah kerusakan yang terjadi pada ligamen.

 2. Nyeri pada tempurung lutut (patellofemoral pain syndrome)

Patellofemoral pain syndrome adalah sebuah kondisi ketika Anda merasakan nyeri di bagian patella, yaitu tulang kecil yang ada di lutut. Nyeri yang muncul biasanya terasa di sekitar lutut atau bagian belakang lutut.

Rasa nyeri yang muncul pun dapat bervariasi tergantung pada tingkat keparahannya. Namun biasanya akan terasa lebih menyakitkan apabila lutut Anda mengalami tekanan dalam waktu yang lama.

Contohnya, naik turun tangga, berlari, atau berdiri terlalu lama. Tak hanya itu, menekuk lutut dalam waktu lama pada saat duduk menonton film atau berada di dalam kereta api, juga dapat menyebabkan nyeri.

3. Bursitis

Bursitis adalah peradangan pada bursa, yaitu kantung berisi cairan pelumas yang berada di antara tulang dan jaringan lunak. Biasanya bursitis muncul pada bagian sendi-sendi yang sering digerakkan, misalnya bahu, siku, pinggul, lutut, dan kaki. Kondisi ini bisa menyebabkan lutut kaku dan terasa sakit saat ditekuk.

Anda lebih mungkin mengalami kondisi ini jika menekuk lutut dan berlutut terlalu lama. Tak hanya itu, mengalami benturan keras karena cedera atau kecelakan di bagian lutut juga dapat menyebabkan kondisi ini.

4. Robekan meniskus

Meniskus adalah lapisan tulang rawan pada lutut yang berfungsi untuk melindungi dan menstabilkan persendian lutut. Jadi, ketika Anda menggerakan sendi lutut, lapisan tulang rawan inilah yang membuat tulang paha dan tulang kering tidak saling bergesekan satu sama lain.

Sobekan meniskus biasanya disebabkan karena Anda tanpa sadar melakukan gerakan memutar pada sendi lutut ketika kaki dalam kondisi menapak dan sendi lutut dalam posisi ditekuk. Cedera pada lutut akibat olahraga atau kecelakaan juga dapat menyebabkan robekan meniskus.

Meniskus yang robek dapat menyebabkan bagian sisi luar atau sisi dalam lutut Anda terasa nyeri, kaku, dan sulit untuk digerakkan. Jika tidak diobati dengan tepat, nyeri dapat kambuh sewaktu-waktu.

5. Penyebab lainnya

Dalam kasus tertentu, kondisi ini juga bisa disebabkan karena kondisi medis yang lebih serius seperti osteoarthritis (pengapuran sendi) dan kanker tulang yang menyerang lutut.

Mengingat ada banyak kemungkinan yang bisa jadi penyebab lutut sakit saat ditekuk, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk menentukan diagnosis yang tepat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Jika Anda seharian tidak lepas dengan HP, wajar bila Anda kemudian merasakan sakit tangan dan jari. Bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Hidup Sehat, Tips Sehat 01/06/2020 . 5 menit baca

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Waktu kecil Anda mungkin sering diingatkan bahwa gerimis bikin sakit. Namun, benarkah lebih aman main hujan-hujanan daripada kena gerimis? Cek di sini, yuk!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 31/05/2020 . 5 menit baca

Sudah Osteoporosis, Masih Bisakah Minum Susu untuk Menguatkan Tulang?

Susu disebut sebagai minuman wajib untuk menjaga kesehatan tulang. Namun jika tulang sudah telanjur keropos, apakah susu masih efektif untuk menguatkannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Osteoporosis, Health Centers 12/01/2020 . 6 menit baca

Lutut Menghitam Setelah Liburan, Bisakah Cerah Kembali dengan Baking Soda?

Ada sejumlah bahan yang kerap digunakan untuk mencerahkan lutut usai berlibur, salah satunya baking soda. Lantas, apakah cara ini memang terbukti efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Perawatan Kulit, Hidup Sehat 07/01/2020 . 3 menit baca

Direkomendasikan untuk Anda

mimpi buruk saat demam

Mimpi Buruk Saat Demam Tinggi? Inilah Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . 5 menit baca
sindrom pura-pura sakit

Pura-pura Sakit? Bisa Jadi Anda Mengidap Sindrom Munchausen

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . 5 menit baca
terapi untuk psoriasis arthritis

Pilihan Terapi Alternatif untuk Bantu Meringankan Psoriasis Arthritis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . 4 menit baca
cedera olahraga

10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 11/06/2020 . 8 menit baca